Cara Membuka File XLSX di WhatsApp Menggunakan Aplikasi Tambahan

cara membuka file xlsx di whatsapp

Cara membuka file XLSX di WhatsApp tidaklah sulit. Bisa dibuka menggunakan aplikasi tambahan yang tersedia untuk iOS dan juga Android. Aplikasi tambahan tersebut dapat digunakan secara gratis.

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat digunakan untuk membuka file XLSX di WhatsApp. Tapi sebelum itu, alangkah baiknya jika mengetahui apa itu XLSX terlebih dahulu.

Apa Itu File XLSX?

XLSX merupakan sebuah perluasan yang disediakan oleh aplikasi Microsoft Excel. Excel sendiri adalah sebuah aplikasi pengolah angka yang biasanya digunakan untuk melakukan kalkulasi.

Jadi, dapat disimpulkan XLSX adalah format file Excel. Jika pengguna memiliki aplikasi Excel, atau yang mendukung format tersebut, maka secara otomatis smartphone dapat membuka jenis file tersebut.

Bagaimana Caranya Membuka File XLSX?

Cara membuka file XLSX di WhatsApp bisa dilakukan dengan mengunduh file yang telah diterima, lalu setelah itu buka file tersebut, kemudian pilih buka menggunakan aplikasi yang telah kita install.

Maka secara otomatis file akan terbuka di aplikasi tambahan yang telah kita install. Berikut adalah nama-nama aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file XLSX di WhatsApp:

1. WPS Office

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan dari Tiongkok ini tersedia untuk smartphone iOS dan Android. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis juga berbayar. Untuk versi gratis, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan.

Sebagai contoh, untuk menghilangkan watermark pada saat mengubah file Word menjadi PDF, pengguna harus upgrade ke versi pro secara berbayar.

Fitur-fitur WPS Office sendiri hampir sama dengan Microsoft Office. Bisa membuka dan membuat lembar kerja Word, Excel, PDF, Presentasi dan Excel.

WPS Office ini sangat populer dan sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna. Selain karena gratis, juga karena fiturnya lengkap, sehingga membuat orang mau menginstal aplikasi ini.

2. XLSX Viewer

XLSX Viewer merupakan aplikasi yang yang dapat digunakan untuk membaca maupun mengedit file Excel. Dengan aplikasi XLSX viewer, pengguna dapat membaca berbagai format file excel seperti CSV, XLS, XLSM maupun XLSX melalui.

XLSX Viewer adalah aplikasi gratis yang dapat melihat file Excel secara online dari Windows, Mac OS, Linux, Android, dan iOS. Aplikasi ini tidak akan mengambil banyak ruang di penyimpanan smartphone penggunanya, karena ukurannya hanya 43 MB saja.

Namun karena gratis, aplikasi ini memiliki banyak iklan yang mungkin cukup mengganggu. Jika pengguna tidak ingin melihat lebih banyak iklan, bisa upgrade ke versi pro secara berbayar.

3. Google Dokumen

Aplikasi untuk membuka file XLSX selanjutnya adalah Google Dokumen. Sesuai namanya, aplikasi ini adalah besutan dari perusahaan Google.

Aplikasi besutan Google ini tidak hanya dapat membuka dan membaca file XLSX, tapi juga dapat mengedit dan juga membuat file baru. Tak hanya memiliki fitur untuk file XLSX, tapi juga World, PDF, dan juga Power Point.

Google Dokumen tersedia untuk smartphone iOS dan Android. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan juga secara offline. Jadi pengguna bisa mengaksesnya tanpa perlu jaringan internet.

Itulah tiga aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka file XLSX. Sedangkan untuk cara membuka file XLSX di WhatsApp, pengguna hanya perlu memilih salah satu aplikasi di atas, lalu meng-installnya. Kemudian setelah itu, tap buka pada file XLSX yang ada di WhatsApp, maka secara otomatis file akan terbuka pada aplikasi yang telah di-install.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.