Teknologi

Penyebab Playstore Tidak Bisa Dibuka dan Solusinya

Bagi pengguna Android, ketersediaan Playstore sangatlah penting. Namun terkadang, aplikasi yang penting ini tidak bisa dibuka. Penyebab Playstore tidak bisa dibuka sangatlah beragam sesuai dengan kondisinya masing-masing.

Apabila sedang mengalami masalah ini dan ingin tahu apa penyebabnya, maka artikel ini akan memberikan jawaban. Akan dijelaskan lima penyebab Playstore tidak bisa difungsikan serta cara mengatasinya. Berikut daftarnya:

1. Jaringan Internet Tidak Stabil

Saat Playstore tidak bisa dibuka, maka jangan langsung berasumsi terlalu jauh. Bisa jadi penyebabnya adalah jaringan internetnya yang tidak stabil. Hal ini sangat mungkin terjadi dan bisa mengganggu penggunaan Playstore.

Untuk menyelesaikannya, segera nyalakan mode pesawat dan matikan lagi. Dengan proses ini, maka jaringan akan kembali kuat. Setelah itu, segera coba Playstore dan biasanya akan terbuka serta berfungsi seperti biasa.

Atau jika mode pesawat tidak bisa menguatkan jaringan, maka segera ganti jaringan internet ke provider lain atau dengan WiFi. Biasanya, sinyal jaringannya memang tidak stabil dan akhirnya membuat aplikasi online sulit dibuka.

2. Proses Pembaruan Terganggu

Kemudian untuk penyebab kedua, bisa jadi karena proses pembaruannya terganggu. Biasanya, aplikasi di Android akan disetel dalam mode pembaruan otomatis. Apabila saat pembaruan ini berlangsung ada gangguan, maka hasilnya tidak akan sempurna.

Hasil yang tidak sempurna ini justru akan membuat Playstore tidak muncul sesuai dengan susunan aslinya. Akhirnya, penggunanya tidak akan bisa memakainya meski jaringan internetnya sudah paling kuat.

Untuk menyelesaikan masalah ini, maka diperlukan proses pembaruan berulang. Segera lakukan proses pembaruan khusus untuk Playstore di bagian pengaturan. Jika sudah, maka Playstore bisa dibuka kembali.

3. Error pada Aplikasi

Penyebab Playstore tidak bisa dibuka selanjutnya adalah karena error pada aplikasi. Penyebab eror ini sendiri ada banyak. Bisa jadi karena bug, sampah, atau karena maintenance yang sedang dilakukan oleh pihak pusat.

Apabila terjadi error karena bug, maka pastikan untuk membersihkannya dengan aplikasi pembersihan. Hal ini juga berlaku jika ada banyak sampai dalam Playstore. Dengan proses ini, maka bisa dipastikan Playstore bisa dibuka kembali.

Namun apabila penyebab error adalah karena maintenance, maka pengguna hanya bisa menunggu sampai prosesnya selesai. Sering-sering lakukan pengecekan untuk mengetahui kondisi terbarunya. Jika maintenance selesai, maka Playstore bisa dibuka kembali.

4. Memori Ponsel Penuh

Permasalahan lain yang mungkin terjadi adalah karena memori perangkat penuh secara keseluruhan. Meski masalahnya ada di ponsel, namun hal ini bisa berpengaruh dalam penggunaan Playstore. Akhirnya, Playstore sulit untuk dibuka.

Jika sudah demikian, maka proses penghapusan data tidak penting harus segera dilakukan agar ponsel lebih ringan. Jangan sampai data ini memenuhi ponsel terus-menerus. Kemudian bersihkan juga cache dari ponsel secara menyeluruh.

5. Ponsel Sudah di-Root

Kemudian untuk penyebab terakhir bisa dikarenakan proses root di ponsel pada waktu sebelumnya. Jadi sebenarnya, proses rooting di ponsel akan memberikan kerugian. Baik dari sisi penggunaan sistemnya atau dari sisi perangkat kerasnya.

Setelah proses rooting, sistem dari ponsel bisa rusak dan akan berimbas pada aplikasi bawaannya. Salah satu aplikasi yang akan terdampak adalah Playstore. Jika hal ini penyebabnya, segera bawa ke tempat servis untuk menyelesaikan permasalahannya.

Daftar penyebab Playstore tidak bisa dibuka tersebut bisa dijadikan acuan untuk dipahami. Selain penyebabnya, sudah dipaparkan pula metode penyelesaiannya. Jadi pastikan untuk dipahami dengan baik agar masalah ini segera teratasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button