Teknologi

Cara Upload Produk di Shopee Lewat Hp yang Perlu Diperhatikan

Bagi pemula yang ingin berbisnis via shopee tenang saja, karena cukup dengan hp pun bisa dilakukan. Cara upload produk di shopee lewat hp sudah dapat diakses di internet dengan begitu mudahnya.

Bunyi suara notifikasi seperti beruntun di suatu pertemuan maupun tempat umum biasa, Bukan notifikasi chat melainkan semuanya sama, notifikasi dari aplikasi belanja shopee lah pengirim notif tersebut. Hal ini menandakan bahwa begitu banyaknya pengguna aplikasi tersebut. Perhatikan cara upload produk di shopee lewat hp berikut:

Cara Upload Foto Produk di Shopee Lewat HP

Ada beberapa step mudah yang dapat diikuti untuk mengupload foto produk di Shopee melalui HP. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa cara berikut:

1. Memiliki Akun Shopee

Bagi yang belum memiliki akun shopee, bisa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Ataupun jika sudah pernah punya, bisa silakan untuk login di perangkat handphone tersebut.

Selain sudah membuat/login akun. Penjual bisa memverifikasi akun terlebih dahulu, agar tidak terdapat hambatan di tengah jalan.

2. Tab Personal atau Icon Orang

Setelah pilih menu “Saya” lalu di pojok kiri sebelah atas pilih juga mulai jual untuk yang sebelumnya belum pernah upload produk shopee, dan atau yang sebelumnya sudah pernah upload bisa klik toko saya.

3. Klik Tambah Produk

Setelah masuk ke halaman penambahan produk, penjual dapat meng-upload sesuai kebutuhan. Informasi dasar ini wajib di isi, karena produk tidak bisa ditampilkan sebelum pengisian.

Untuk informasi dasar yang wajib diisi merupakan hal-hal sebagai berikut: nama produk, deskripsi produk, variasi, harga, stok, ongkos, dan kondisi barang. Di halaman ini juga sudah terdapat fitur jika penjual ingin mempromosikan produknya melalui twitter maupun facebook.

4. Klik Tampilkan untuk Upload Produk

Setelah mengisi semua informasi dasar, klik Tampilkan yang berada pada kotak di kiri bawah. Jika sudah selesai mengupload, produk tersebut sudah bisa ditemukan dan dilihat oleh seluruh pengguna aplikasi. Dan penjual dapat melihat produk-produk tersebut di halaman etalase tokonya.

Untuk tambahan, pastikan produk yang di upload benar-benar memiliki kualitas gambar dan informasi yang bermanfaat untuk calon pembeli. Hal ini karena, tingkat keamanan produk yang juga ditawarkan oleh toko lain.

Point Plus Sebelum Upload Produk Jualan di Shopee

Dalam dunia pemotretan, cahaya, ketajaman dan jelas tidaknya foto sangat mempengaruhi pandangan mata. Oleh karena itu sangat penting untuk diperhatikan. Apalagi jika foto tersebut menyangkut komersil maka juga memerlukan keterangan lain yang dapat mendeskripsikan produk tersebut.

1. Foto dan Video Produk

Ada beberapa cara untuk mengunggah foto dan video melalui aplikasi Shopee. Jumlah foto dan video yang dapat ditampilkan sampai 9 item yang sudah termasuk foto sampul. Adapun penjual yang terpilih, bisa upload hingga 12 item.

  • Melalui kamera secara langsung.
  • Mengambil dari yang sudah ada di galeri.
  • Bisa juga melalui instagram yang sudah terhubung dengan shopee.

Usahakan untuk menampilkan setidaknya terdapat 1 video untuk meyakinkan bahwa produk tersebut real picture. Dan manfaatkan untuk mengambil gambar dari berbagai sisi produk dengan variasi berbeda-beda jika memang terdapat variasi.

2. Nama produk

Bagian ini merupakan hal yang krusial, karena ini yang akan dibicarakan oleh calon pembeli. Pilihlah nama sesuai dengan barang. Usahakan untuk berbeda dengan yang lain, walaupun masih dalam satu produk. Nama yang unik dan nyentrik akan membuat calon pembeli penasaran dengan barang tersebut.

3. Deskripsi Produk

Halaman untuk ini memiliki space yang cukup luas daripada yang lain. Untuk itu, penjual bisa menaruh semua informasi ataupun edukasi singkat untuk calon pembeli. Bold tulisan yang sekiranya paling penting diantara yang lain.

4. Kategori

Kategori merupakan fitur yang mengelompokkan setiap produk agar mudah di temukan oleh pembeli dengan mudah. Oleh karena itu sangat harus di isi, supaya produk lebih mudah ditemukan. Calon pembeli cukup memfilter barang yang diinginkan, dan produk toko dapat secara langsung muncul karena sudah masuk di kategori.

5. Berat Produk

Bagian berat produk juga bisa ditambahkan untuk informasi yang lebih jelas. Dengan ini calon pembeli mengetahui seberapa berat barang tersebut. Selain itu, pembeli juga dapat mengetahui berapa ongkos yang perlu dikeluarkan.

6. Pre Order

Bagian ini optional, jika memang barang masih kosong atau waktu pengerjaan sebelum dikirim. Aktifkan jika memang perlu digunakan. Calon pembeli jadi bisa tahu, jika barang belum siap dikirim dan tidak ada komplain karena barang belum juga dikirimkan.

7. Ekspedisi

Disarankan untuk memilih ekspedisi yang bekerja sama dengan shopee dan masih terdapat program promo. Ongkir juga menjadi pertimbangan calon pembeli akan melakukan transaksi atau tidaknya. Ini juga dapat memberikan banyak opsi untuk pembeli memilih ekspedisi, yang tentunya memperbesar peluang untuk terjadinya transaksi.

Cukup sekian yang dapat dipaparkan bagaimana cara upload produk di shopee lewat hp, yang tentunya mudah di pahami beserta sedikit tips yang semoga bermanfaat dan dapat diperhatikan lebih detail untuk memaksimalkan penjualan produk.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button