Telat Bayar Shopee Pinjam 1 Bulan? Simak Denda dan Resikonya!

telat bayar shopee pinjam 1 bulan

Bagi pengguna yang sedang mengalami kasus telat bayar shopee pinjam 1 bulan dapat membaca beberapa informasi dibawah ini. Informasi dibawah ini akan memberikan gambaran sehingga para debitur yang telat bayar shopee pinjam tidak khawatir berlebihan.

Shopee pinjam ini sangat terpercaya serta aman untuk digunakan dan langsung dikelola oleh PT Lentera Dana Nusantara. Kemudian sudah diawasi oleh OJK, namun banyak pengguna yang telat bayar sampai jatuh tempo sehingga mendapatkan denda sebagai sanksi.

Denda Shopee Pinjam yang Telat 1 Bulan

Seperti yang telah diketahui bahwa shopee pinjam mempunyai batas waktu pembayaran, yakni melakukan pembayaran setiap tanggal 5 perbulannya. Apabila pengguna telah telat membayar maka setiap harinya akan dikenakan denda setiap harinya.

Apabila cicilan shopee pinjam semakin lama menunggak, maka semakin besar pula jumlah denda yang harus pengguna bayarkan. Lalu berapa jumlah denda yang harus ditanggung setiap harinya apabila pengguna telat bayar cicilan.

Denda telat bayar shopee ini sudah ditetapkan oleh pihak shopee yakni sebesar 5% dihitung dari total pinjaman. Artinya jika pengguna mempunyai pinjaman sebesar 2.000.000, maka setiap harinya pengguna akan dikenakan denda sebesar 100.000 rupiah.

Selain itu pengguna juga akan mendapatkan sanksi jika tidak melakukan pembayaran tagihan pinjaman melebihi satu bulan (30 hari). Sanksi tersebut berupa data pribadi milik pengguna, saudara serta kerabat akan disebar luaskan.

Risiko Telat Bayar Shopee Pinjam 1 Bulan

Apabila pengguna mempunyai masalah seperti ini yakni telat bayar pinjaman di Shopee dan sudah telat selama satu bulan. Maka pengguna akan mendapatkan beberapa risiko yang dijelaskan di bawah ini:

  • Pengajuan pinjaman dinonaktifkan > setiap debitur yang telat melakukan pembayaran, maka sementara waktu tidak dapat mengajukan pinjaman meskipun limit masih tersedia. Sebelum pinjaman tersebut sudah terlunasi.
  • Masuk blacklist SLIK OJK > konsekuensi yang didapatkan dari pihak debitur yaitu akan masuk pada daftar hitam, jika sudah begitu pihak debitur tidak dapat melakukan pinjam secara fintech serta perbankan.
  • Dikenai bunga dan denda keterlambatan > denda yang ditetapkan oleh shopee paling kecil yaitu senilai 2,45% per bulan. Kemudian masih dikenakan penanganan sebesar 3% per transaksi. Jika melakukan keterlambatan 5%.
  • Terus ditagih debt collector > debitur akan mendapatkan peringatan melalui SMS, telepon, WhatsApp bisa juga melalui email apabila sudah jatuh tempo. Apabila sudah jatuh tempo debt collector akan turun kelapangan untuk menagih secara langsung.

Cara menonaktifkan Shopee Pinjam

Dengan adanya denda yang sangat besar ketika pengguna telat melakukan pembayaran cicilan pinjaman di Shopee. Maka bukan suatu keheranan lagi, jika pada akhirnya banyak pengguna yang memutuskan untuk menonaktifkan pinjaman pada shopee.

Namun pengguna harus memenuhi beberapa syarat tertentu salah satunya yaitu sedang tidak memiliki tanggungan pinjaman di Shopee. Kemudian nomor yang digunakan masih aktif dan masih banyak lagi. Untuk lebih jelasnya, simak langkah berikut:

  • Pertama-tama buka aplikasi shopee, selanjutnya pengguna pastikan sudah melakukan login melalui akun yang akan pengguna nonaktifkan.
  • Selanjutnya tekan ikon profil yang terdapat dibagian atas layar sebelah kanan layar.
  • Selanjutnya tekan menu Pusat Bantuan Shopee lalu tekan tombol email.
  •  Kemudian pilihlah sebagai pembeli dan isilah formulir secara lengkap. Jika sudah selesai langsung saja tekan layanan SPayLater & SPinjam.
  •  Berikutnya masukkan username dari akun Shopee tersebut.
  • Apabila sudah selesai langsung saja pengguna ajukan proses menonaktifkan atau penghapusan dengan shopee pinjam.
  • Selanjutnya berikan keterangan sebab penonaktifan shopee pinjam tersebut melalui kolom deskripsi yang tersedia.
  •  Kemudian tekan tombol kirim.
  • Apabila sudah mendapatkan balasan dari pihak Shopee melalui email langsung saja pengguna lakukan konfirmasi.
  • Proses selanjutnya yaitu menunggu pihak shopee menonaktifkan layanan tersebut, biasanya membutuhkan waktu 7 hari kerja.
  •  Kemudian silahkan tunggu konfirmasi bahwa proses sudah berhasil.

Itulah beberapa informasi risiko saat telat bayar shopee pinjam 1 bulan dan berapa jumlah yang harus debitur tanggung. Saat melakukan pinjaman pastikan bahwa pengguna dapat membayarnya dengan peraturan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.