Teknologi

5 Emulator Android Paling Ringan dan Cepat, Teruji Anti Lag!

Selain iPhone, Android adalah salah satu sistem operasi pada HP banyak digunakan. Tidak heran hadirnya emulator android paling ringan dan cepat banyak diminati, karena Google selaku pengembang Android selalu ingin memberikan yang terbaik untuk penggunanya.

Namun, tidak banyak yang tahu bahwa sistem operasi ini tidak hanya bisa digunakan di HP saja, sistem operasi Android juga bisa digunakan pada PC asalkanĀ  menginstal emulator untuk Android terlebih dahulu pada PC yang dikehendaki.

Ada banyak pilihan emulator yang dapat diunduh untuk bisa menikmati sistem Android di PC. Pada artikel ini akan dibahas 5 emulator yang sudah teruji, beserta informasi kelebihan dan kekurangannya, diantaranya:

1. Windroye

Kelebihan: Windroye adalah sebuah emulator sistem operasi Android yang dikenal ringan dan mudah digunakan. Dibandingkan emulator lain yang membutuhkan spesifikasi PC tinggi, Windroye memakan lebih sedikit penyimpanan sehingga tidak akan membebani kinerja PC.

Kekurangan: Tampilan awal menggunakan bahasa China, pengguna harus mengubahnya ke bahasa lain secara manual. Emulator ini cukup populer di kalangan pengguna yang ingin menjalankan aplikasi Android di PC mereka dengan cepat dan tanpa banyak beban.

2. BlueStack

Kelebihan BlueStacks menyediakan halaman yang mudah saat digunakan, tampilannya rapi dan bersih, serta kompatibilitas yang baik dengan berbagai aplikasi dan game Android. Emulator ini juga mendukung banyak game berat seperti PUBG dan semisalnya yang bisa dijalankan di PC.

Kekurangan: Karena ukurannya yang cukup besar, emulator ini bisa memakan banyak sumber daya sistem pada PC, sehingga bisa membuat kinerjanya menjadi sedikit lebih lambat jika digunakan di PC dengan spesifikasi yang rendah.

3. Nox Player

Kelebihan Nox Player adalah emulator android paling ringan dan cepat untuk digunakan di PC secara gratis. Emulator ini banyak digunakan oleh para gamer android untuk memainkan game favorit mereka di PC dengan lancar tanpa hambatan.

Nox Player juga memiliki pengaturan yang sangat lengkap, seperti dapat melihat jumlah penggunaan CPU, FPS, dan RAM. Dengan pengaturan tersebut, pengguna bisa dengan mudah mengoptimalkan kinerja Nox Player pada perangkat yang digunakan.

Kekurangan Menyita banyak tempat penyimpanan di PC sehingga pada spesifikasi perangkat yang rendah rentan terjadi lag, crash dan masalah lainnya. Perlu settingan yang pas untuk mengoptimalkan kinerja pada emulator ini.

4. Memu

Kelebihan: Memu merupakan salah satu emulator android yang cukup ringan saat dipakai. Meskipun tergolong baru, namun kinerjanya tidak bisa dianggap remeh. Dalam pengujian skor benchmark, Memu mendapatkan skor fantastis untuk sebuah emulator android.

Selain itu, Memu menyediakan pilihan untuk menggunakan sistem operasi Android KitKat atau Android Lollipop pada PC yang hendak digunakan. Memu juga mendukung berbagai jenis kartu grafis, termasuk AMD, Intel HD, dan Nvidia.

Kekurangan: Meskipun MEmu lebih ringan dibandingkan emulator lain, tetap saja emulator ini membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi untuk berjalan dengan optimal.

Jadi, jika PC atau laptop tidak memiliki spesifikasi mumpuni, maka penggunaan MEmu tidak akan berjalan lancar.

5. Droid4x

Kelebihan Emulator ini memiliki ukuran yang kecil sehingga bisa dengan mudah di install pada perangkat dengan spesifikasi terbatas. Pengguna juga bisa bermain game Asphalt 9 atau Legends dan menggunakan smartphone sebagai kontroler dengan menggunakan fitur accelerometer.

Selain itu, pengguna juga diizinkan untuk mengkustomisasi keyboard sebagai kontroler sehingga memudahkan dalam memainkan game android di laptop atau PC. Fitur ini tentunya akan memudahkan pengguna dalam bermain game Android.

Kekurangan Seperti emulator lainnya, jika di install pada perangkat dengan spesifikasi rendah, Droid4x tidak akan berjalan dengan maksimal, kinerja yang lambat atau terbatas pada fitur tertentu. Namun hal ini tergantung pada spesifikasi PC yang digunakan.

Itulah 5 emulator android paling ringan dan cepat. Tapi, rekomendasi di atas tergantung dari tinggi atau rendahnya spesifikasi hardware yang dipakai untuk menginstall emulator tersebut. Jika perangkatnya mumpuni, semua akan berjalan dengan baik dan lancar.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button