Teknologi

Cara Mempercepat Koneksi Internet Smartfren 4G Agar Tidak Lemot

Pastinya semua ingin jaringan internet stabil dan tidak lemot. Memang perlu cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G supaya tidak lemot lagi. Apalagi Smartfren adalah provider yang sering digunakan karena jaringan cepat dan murah.

Agar terhindar dari koneksi internet yang jelek, pasti ada cara untuk mempercepat jaringan pada HP Andorid. Tapi kira-kira gimana caranya? Cara yang digunakan juga bukan cara yang ilegal. Simak lebih lanjut untuk melihat cara digunakan:

1. Mempercepat Koneksi Menggunakan Set APN Smartfren

APN berguna untuk memberikan alamat IP yang tepat dan bisa diidentifikasi oleh perangkat. Apabila pengguna salah menuliskan alamat perangkat, pasti internet tidak konek dengan baik. Maka dari itu, APN bawaan diatur default.

APN bawaan biasanya lemot, maka dianjurkan untuk ganti APN supaya jaringan lebih kuat. Jadi, pengguna harus menuliskan cara yang benar. Berikut ini langkah-langkah mengatur APN:

  • Pengguna harus masuk setting atau pengaturan, lalu pengguna memilih Mobile network Settings.
  • Memilih kartu pada SIM card 1, maka memilih slot 1.
  • Apabila telah masuk pengaturan, selanjutnya pilih APN (Nama Titik Akses).
  • Memilih Add Access Point dan masukkan ke APN.

2. Melakukan Restart HP atau Mode Pesawat

Mempercepat koneksi bisa menggunakan mode pesawat, cara mempercepat koneksi Internet Smartfren 4G yaitu aktifkan mode pesawat dan tunggulah beberapa detik. Setelah itu, mematikan mode pesawat lagi. Bisa juga melakukan restart pada jaringan internet.

Pengguna bisa melakukan restart menggunakan mode pesawat, jadi jaringan berganti IP dan mencari IP baru. Restart bisa dilakukan juga ketika HP mengalami error supaya mempercepat koneksi internet dan mengembalikan sistem jadi lebih normal.

3. Membersihkan File Sampah atau Cache

Selanjutnya cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G yaitu membersihkan file sampah atau cache. Hal ini karena file sampah yang menumpuk lama-lama akan menurunkan kecepatan koneksi jaringan, apabila terlalu banyak bisa membebani sistem.

File sampah membuat ruang penyimpanan Handphone lebih cepat penuh. Smartfren adalah provider jaringan komunikasi yang populer dengan tawaran yang murah meriah. Jadi, pengguna tidak perlu lagi khawatir dengan jaringan internet.

4. Melakukan Setting Jaringan APN hanya ke 4G

Pengguna bisa mensetting APN dengan mengatur jaringan pada smartfren hanya 4G. Hal ini bertujuan agar internet jadi lebih kuat dan stabil. Berikut ini cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G dengan jaringan 4G Only:

  • Membuka setelan Jaringan.
  • Lanjut dengan mencari jaringan seluler.
  • Masuk Mode Jaringan.
  • Pilih 4G Only.
  • Smartphone pengguna bisa menerima jaringan 4G.

5. Menggunakan Aplikasi dalam Memperkuat Sinyal

Untuk mempercepat koneksi internet dengan menggunakan aplikasi yang bisa memperkuat sinyal. Hal ini guna bisa menambah kecepatan koneksi jaringan, aplikasi tersebut hanya mengoptimalkan jaringan saja tidak bisa langsung mempercepat aplikasi jaringan sepenuhnya.

Pengguna bisa mencoba beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkuat sinyal yang bisa diunduh menggunakan Play store dan aplikasi ini bisa diunduh dengan gratis. Berikut aplikasi untuk memperkuat sinyal:

  • Network Signal Booster.
  • Connection Stabilizer Booster.
  • Internet Booster and Optimizer.

6. Menghapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Pengguna sebaiknya menghapus aplikasi yang memang tidak perlu dan tidak pernah digunakan. Hal itu karena aplikasi tersebut sedang berjalan di latar belakang. Apabila aplikasi tersebut begitu banyak tentu akan membuat sistem terganggu.

Jika sistem terganggu tentu dalam pengoperasian semakin lambat, hal ini akan mempengaruhi jaringan internet jadi semakin lambat. Apalagi bila data seluler diaktifkan tentu akan lebih baik menghapus aplikasi yang memang tidak perlu.

Demikian artikel mengenai cara mempercepat koneksi internet Smartfren 4G. Beberapa cara tersebut bisa dilakukan dengan tujuan memaksimalkan jaringan internet. Apalagi bila sudah mengalami permasalahan lemot dan jaringan lambat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button