Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa, Begini Solusinya!

nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa

Beberapa orang pernah mengalami masalah terkait nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu menyebabkan orang tersebut tidak dapat menggunakan kembali nomor smartfrennya.

Dari kejadian tersebut, biasanya pengguna akan langsung membuang kartu smartfren yang terblokir. Padahal, kartu berisi nomor smartfren yang terblokir ini masih bisa diselamatkan dan dapat kembali digunakan.

Sebelum membahas solusi untuk menyelamatkan kartu smartfren tersebut, ada baiknya untuk menelisik lebih dalam tentang berbagai jenis alasan mengapa kartu smartfren terblokir. Simak dalam penjelasan di bawah ini.

Berbagai Jenis Alasan Mengapa Nomor Smartfren Diblokir

Salah satu alasan utama mengapa nomor smartfren terblokir adalah karena tidak mengisi pulsa sampai jangka waktu tertentu. Namun, berikut ini ada juga beberapa alasan penyebab nomor dapat terblokir:

  • Melakukan proses registrasi dengan nomor yang memiliki identitas palsu atau fiktif.
  • Masa aktif kartu smartfren sudah habis.
  • Pengguna mengajukan pemblokiran kepada provider karena alasan tertentu.

Tempo Pemblokiran Oleh Pihak Provider

Kapankah pihak provider akan memblokir kartu smartfren yang tidak diisi pulsa? Sebelum menjawab pertanyaan ini, pengguna wajib mengetahui satu hal.

Proses pemblokiran oleh pihak provider, bisa dilakukan dalam tempo waktu tertentu. Akan tetapi, proses ini juga dapat dilakukan sesaat setelah notifikasi lamanya tidak mengisi pulsa dikirimkan (secara langsung tanpa menunggu tempo hari).

Namun, pengguna tidak perlu khawatir. Cara mengetahui kapan nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa, dapat dilihat dari masa tenggang kartu tersebut.

Masa tenggang kartu, baik itu smartfren atau yang lain, biasanya adalah 30 hari terhitung sejak hari terakhir mengisi pulsa. Jadi, masih ada waktu sekitar 1 bulan untuk mencegah proses blokir, sebelum pengguna mendapat teguran (notifikasi) dari pihak provider.

Solusi Mengatasi Nomor Smartfren Diblokir Karena Tidak Isi Pulsa

Setelah mengetahui beberapa alasan mengapa nomor smartfren sampai diblokir, berikut akan dijelaskan mengenai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Inilah beberapa cara mengatasi nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa:

1. Menyiapkan Dokumen Pengajuan pada Provider

Sebelum melakukan pengajuan kepada provider, ada baiknya untuk menyiapkan beberapa hal berikut. Salah satu yang penting adalah identitas diri seperti:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) atau SIM (Surat Izin Mengemudi) atau Kartu Pelajar.
  • KK (Kartu Keluarga).
  • Beberapa uang untuk jaga-jaga (ditakutkan bila nanti ada pendanaan/biaya).

2. Melakukan Pengajuan Agar Nomor Terblokir Dapat Diaktifkan Kembali

Apabila data-data di atas sudah disiapkan, maka pengguna dapat mengajukan proses pencabutan blokir kartu smartfren. Adapun langkah-langkahnya yaitu:

  • Datangi gerai smartfren terdekat dari lokasi pengguna.
  • Ambillah nomor antrian untuk mendatangi Customer Service.
  • Setelah mendapat nomor antrian, tunggu hingga nomor tersebut mendapat giliran.
  • Pada Customer Service, ceritakan kronologi pemblokiran dan ajukan permintaan untuk menarik kembali proses blokir.
  • Petugas Customer Service biasanya akan langsung memberikan pilihan kepada konsumennya, untuk melakukan migrasi (proses peralihan dari prabayar ke pasca bayar).
  • Tunggu hingga proses pelayanan selesai dan nomor yang terblokir dibuka kembali.
  • Ambil chip yang diberikan Customer Service. Chip tersebut berisi nomor kartu smartfren yang diblokir.

Selain via offline, proses pengajuan tersebut juga dapat dilakukan lewat online via telepon. Pengguna dapat menelepon ke nomor 888 atau (021)50100000.

Itulah solusi untuk mengatasi nomor smartfren diblokir karena tidak isi pulsa. Agar hal serupa tidak terjadi, selalu periksa masa aktif dan masa tenggang kartu smartfren yang digunakan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.