5 Cara Mengaktifkan GPS di iPhone, Pemula Wajib Tau!

cara mengaktifkan gps di iphone

Pengguna iPhone seringkali dibuat bingung dengan tampilan dan cara kerja ponsel iPhone. Tak jarang yang masih kebingungan bagaimana cara mengaktifkan GPS di iPhone. Pada dasarnya, ponsel iPhone memang berbeda dengan ponsel Android karena sistem operasinya.

Pengguna iPhone bisa mengaktifkan GPS di aplikasi tertentu sesuai keinginan masing-masing. Namun, bagi para pemula hal ini cukup sulit dilakukan. Terutama bagi yang lebih familiar dengan pengaturan hp Android. Berikut adalah 5 cara yang bisa dilakukan:

1. Buka Menu “Pengaturan” atau “Setting”

Sebagai pengguna baru iPhone, tentunya sangat penting untuk mengenali menu-menu apa saja yang ada pada tampilan beranda atau home screen hp iPhone. Umumnya, fitur-fitur dasar pada hp iPhone tidak begitu jauh berbeda dengan hp Android.

Untuk mengaktifkan GPS pada hp iPhone, pertama nyalakan ponsel iPhone seperti biasa. Kemudian pada layar beranda buka menu “Pengaturan” atau “Setting”. Biasanya menu ini berlogo seperti roda bergerigi yang berwarna abu-abu dengan selingan warna putih.

2. Pilih Bagian “Privasi” atau “Privacy”

Setelah masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting”, akan tersedia berbagai pilihan. Cara mengaktifkan GPS di iPhone selanjutnya adalah memilih tombol atau menu “Privacy” dalam setting Bahasa Inggris, jika dalam pengaturan Bahasa Indonesia adalah “Privasi”.

Menu “Privacy” atau “Privasi” ini terletak pada satu bagian yang sama dengan menu pengaturan umum atau general dan menu tampilan atau display. Namun, hanya perlu memilih menu “Privasi” atau “Privacy” saja tidak perlu menghiraukan menu-menu lainnya.

3. Pilih Menu Paling Atas, “Layanan Lokasi” atau “Location Services”

Setelah masuk ke menu “Privacy”, tersedia berbagai menu lain seperti layanan lokasi, kontak, kalender, pengingat dan lainnya. Namun, untuk mengaktifkan GPS pada ponsel iPhone, pengguna hanya perlu memilih tombol paling atas pada menu privasi yakni tombol “Layanan Lokasi” atau “Location Services”.

4. Aktifkan Tombol “Layanan Lokasi” atau “Location Services”

Setelah menekan tombol “Layanan Lokasi” atau “Location Services”, cara mengaktifkan GPS di iPhone selanjutnya adalah dengan mengaktifkan tombol “Layanan Lokasi” atau “Location Services” sampai berubah menjadi warna hijau. Cukup dipencet sampai berubah warna.

5. Atur Aktivasi Lokasi pada Aplikasi Tertentu

Setelah tombol “Layanan Lokasi” atau “Location Services” aktif dan berwarna hijau. Atur setting GPS pada tiap-tiap aplikasi yang diinginkan. Di bagian yang sama, tepatnya di bagian bawah dari tombol “Location Services”, akan terdapat daftar aplikasi.

Aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan izin akses jaringan GPS di ponsel iPhone. Atur setting GPS pada aplikasi sesuai keinginan. Berhati-hatilah dalam mengizinkan aplikasi tertentu mengakses lokasi ponsel. Terdapat 3 pilihan pengaturan akses GPS, antara lain:

  • “Never” atau “Jangan Pernah”, jika mengaktifkan tombol ini, maka aplikasi tersebut tidak akan pernah bisa mengakses lokasi pengguna kapanpun dan dimanapun baik saat menggunakan iPhone ataupun tidak.
  • “While Using The App” atau “Saat Aplikasi Digunakan”, jika tombol ini diaktifkan, maka aplikasi tersebut bisa mengakses lokasi pengguna hanya saat menggunakan atau membuka aplikasi tersebut.
  • “Always” atau “Selalu”, jika mengaktifkan tombol ini, maka aplikasi tersebut akan selalu bisa mengakses lokasi dimanapun dan kapanpun, baik saat menggunakan aplikasi maupun tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Itulah kelima cara mengaktifkan GPS di iPhone yang bisa diterapkan. Pilihlah dengan bijak sesuai keperluan dalam mengizinkan aplikasi untuk mengakses lokasi. Dari kelima tips tersebut, semestinya cukup jelas untuk dicoba.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.