Cara Record Zoom di Laptop dengan Mudah dan Dijamin Berhasil

cara record zoom di laptop

Zoom adalah aplikasi meeting online yang sangat mudah digunakan. Saat meeting, seringkali perlu untuk melakukan perekaman agar tidak ada informasi yang tertinggal. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara record zoom di laptop dengan mudah.

Merekam meeting yang sedang berlangsung di Zoom dapat dilakukan dengan cara yang mudah. File rekaman juga langsung tersimpan di laptop dan mudah diakses kembali. Berikut adalah beberapa cara untuk merekam Zoom di laptop dengan mudah:

1. Merekam Melalui Aplikasi Zoom

Pada aplikasi zoom, sudah terdapat fitur untuk merekam meeting yang sedang berlangsung. Namun, cara satu ini tidak selalu bisa dilakukan oleh partisipan yang ada. Dalam menggunakan fitur ini, perlu izin dari host yang memiliki akun Zoom terlebih dahulu.

Jika sudah memiliki izin dari host, tekan tombol record yang berada di sebelah tombol share screen berwarna hijau. Setelah itu, akan terdapat notifikasi bahwa meeting yang dilakukan sedang direkam. Apabila sudah selesai merekam, silahkan klik tombol stop di bagian kiri atas.

2. Menggunakan Aplikasi Perekam OBS Studio

OBS Studio adalah aplikasi yang sangat populer untuk merekam layar laptop. Aplikasi ini juga sering digunakan oleh para gamer yang melakukan streaming. Sebelum menggunakan aplikasi, silakan unduh dan install aplikasi terlebih dahulu di laptop atau komputer yang digunakan.

Dalam merekam layar, silahkan buka aplikasi OBS Studio dan klik tanda plus atau ‘+’. Setelah itu, pilih opsi ‘Display Capture’ dan tuliskan judul dari rekaman yang ingin dibuat. Selanjutnya, klik ‘Start Recording’ untuk memulai rekaman zoom dan ‘Stop’ untuk menyudahi.

3. Membuat Rekaman Melalui Aplikasi VLC Media Player

Cara record zoom di laptop berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi VLC Media Player. Aplikasi ini memang sudah tidak asing lagi karena sangat populer. VLC Media Player juga sangat mudah untuk digunakan oleh siapapun.

Apabila sudah membuka aplikasi silakan klik pilihan ‘Media’. Kemudian, klik ‘Open Capture Device’ dan pilih opsi ‘Desktop’. Selanjutnya, klik tanda panah yang terdapat di sebelah tombol ‘Play’ dan pilih ‘Convert’ untuk memilih folder penyimpanan rekaman. Terakhir, klik ‘Start’ untuk memulai merekam.

4. Menggunakan Aplikasi Screenpresso

Cara lain yang dapat dilakukan adalah melalui aplikasi Screenpresso. Aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam meeting Zoom dengan mudah dan ringkas. Silakan install aplikasi terlebih dahulu di laptop atau PC yang digunakan.

Apabila aplikasi sudah siap digunakan, pilih ‘Capture’ yang ada di bagian bawah aplikasi. Setelah itu, pilih opsi ‘Record Video’ untuk merekam meeting Zoom. Keterbatasan aplikasi ini adalah adanya watermark di rekaman yang dibuat.

5. Merekam Menggunakan Aplikasi Free Cam

Pilihan lain yang dapat dilakukan adalah dengan merekam menggunakan aplikasi yaitu Free Cam. Berbagai fiturnya juga mudah untuk digunakan bagi siapapun.

Jika aplikasi sudah dibuka, klik opsi ‘New Recording’. Setelah itu, pilih area dari layar laptop atau komputer yang ingin direkam. Layar dapat direkam seluruhnya atau sebagian saja. Selanjutnya, klik opsi ‘Start Recording’ dan layar laptop pun akan terekam. Pastikan sudah mengklik pilihan ‘Done’ jika rekaman sudah selesai dilakukan.

Demikianlah beberapa cara record zoom di laptop yang dapat dilakukan dengan mudah. Berbagai aplikasi yang disebutkan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum merekam, pastikan juga koneksi internet memadai agar rekaman berjalan dengan baik.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.