Teknologi

2 Cara Mengembalikan File Terhapus di Flashdisk dengan Mudah

Saat bekerja menggunakan flashdisk, sering terjadi file terhapus secara tidak sengaja sehingga membuat pengguna harus mengetahui cara mengembalikan file terhapus di flashdisk. Flashdisk memang sangat berguna dalam menyimpan file penting dan memindahkan data antar pengguna.

Namun, kerap terjadi file terhapus yang membuat pengguna panik. Nah, di bawah ini akan dibahas 2 cara yang dapat dilakukan saat terjadi file terhapus di flashdisk. Berikut adalah ulasan lengkapnya:

1. Menggunakan Command Prompt

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file terhapus dari flashdisk adalah dengan memanfaatkan aplikasi bawaan yang sudah terpasang di sistem operasi windows yaitu Command Prompt.

Command prompt merupakan aplikasi di sistem operasi windows yang memiliki beberapa fungsi diantaranya dapat mengembalikan data hilang. Beberapa langkah yang harus dilakukan menggunakan command prompt untuk mengembalikan file terhapus diulas sebagai berikut:

  • Sambungkan Flashdisk yang akan dipulihkan ke perangkat komputer atau laptop.
  • Buka Microsoft Store dan ketik dalam kolom pencarian Windows File Recovery. Install aplikasi tersebut pada perangkat yang anda gunakan.
  • Pada toolbar windows, pilih pencarian dan ketik CMD, setelah muncul klik kanan dan klik Run as Administrator. Windows akan menampilkan pilihan otorisasi, pilih yes dan command prompt akan terbuka.
  • Ketikkan pada command prompt winfr F: D:recovery /x (Ubah F menjadi lokasi drive flashdisk yang akan di recovery. Dan ubah D menjadi drive target tempat menyimpan hasil recovery) kemudian tekan enter.
  • Setelah muncul command dan pilihan continue (y/n) pilih y dan biarkan proses berjalan hingga menunjukkan 100%.
  • Jika proses recovery sudah selesai, file recovery dapat dilihat dengan memilih y kembali dan lokasi tempat file recovery disimpan akan terbuka. Pengguna bisa melihat file yang diinginkan berada di folder tersebut.
  • File yang di recovery akan berada pada folder sesuai dengan jenisnya.

File yang dipulihkan pada proses ini adalah semua file yang pernah terhapus dari flashdisk. Selain dapat digunakan pada flashdisk, cara ini dapat digunakan juga untuk external drive yang lain seperti harddisk dan microSD.

Cara ini dapat dilakukan pada perangkat komputer yang sudah menggunakan minimal windows 10.

2. Menggunakan Software Easeus

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengembalikan file terhapus adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yaitu Easeus Data Recovery Wizard.

Aplikasi ini dapat digunakan dengan mengunduh pada website terlebih dahulu. Setelah melakukan instalasi pada perangkat komputer, berikut cara mengembalikan file terhapus di flashdisk menggunakan aplikasi Easeus:

  • Sambungkan flashdisk pada perangkat komputer.
  • Buka aplikasi Easeus yang sudah terinstal di perangkat komputer, kemudian akan muncul beberapa lokasi drive pada perangkat komputer.
  • Arahkan kursor pada ikon drive lokasi flashdisk dan klik opsi scan pada ikon tersebut
  • Proses scanning akan terlihat pada pojok bawah aplikasi dan tunggu sampai proses selesai dilakukan.
  • Setelah proses scanning selesai, akan muncul folder yang terhapus dari flashdisk
  • Dari folder yang muncul, pilih file yang ingin dipulihkan dengan mencentang pada nama file tersebut.
  • Setelah itu klik opsi recovery dan pilih lokasi folder untuk menyimpan file yang dipulihkan, kemudian klik OK.
  • Tunggu hingga proses recovery selesai.

Itulah ulasan untuk cara mengembalikan file terhapus di flashdisk yang sudah dirangkum. Kedua cara tersebut dapat dicoba dan dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button