9 Kegunaan NFC di HP yang Jarang Diketahui

kegunaan nfc di hp

NFC (Near Field Communication) saat ini sudah dibekali pada hp Android. NFC memiliki banyak fungsi pada pengguna Android dan iPhone. Kegunaan NFC di Hp sangat bermanfaat bagi pengguna ponsel saat ini.

Fitur ini sudah ada sejak tahun 2021, sekarang pengguna bisa menggunakan Android dengan Fitur NFC dengan harga yang terjangkau di kalangan masyarakat. Berikut adalah beberapa kegunaan NFC pada hp:

1. Isi Ulang Uang Elektronik

Kegunaan NFC di Hp, terutama pada uang elektronik sudah menjadi alat pembayaran yang sering digunakan oleh masyarakat. Sekarang bahkan pemerintah menyarankan masyarakatnya untuk dapat memanfaatkan fitur NFC dalam pembayaran Jalan tol.

Dengan fitur ini banyak pengguna diuntungkan karena menghemat waktu dan antrian. Hal ini juga lebih mudah karena orang tidak perlu mengeluarkan dompet mereka dengan lambat, cukup menggunakan hp saja.

2. Alat Pembayaran Transaksi

NFC pada Hp juga masuk ke alat pembayaran. Untuk menggunakannya, pengguna perlu masuk terlebih dahulu pada pembayaran via NFC di hp Android. Pengguna dapat menandai sensor pada kasir menggunakan belakang ponsel Android.

Dengan membayar menggunakan fitur NFC akan lebih mudah karena tidak diperlukan uang kembalian sehingga memperlambat pembelian atau menghitung uang yang dibawa pengguna. Dengan begitu pengguna akan lebih aman dan nyaman tanpa khawatir dalam pembayaran.

3. Untuk Membagikan Foto dan Video

NFC bisa digunakan untuk mempermudah pembagian file seperti foto dan video menggunakan nirkabel. Membagi dengan adanya fitur NFC akan lebih cepat dan mudah sehingga tidak pusing menggunakan kabel saat berbagi.

4. NFC Untuk Mengakses WiFi Menggunakan WiFi Porter

Sudah banyak tempat wisata yang menggunakan WiFi Porter untuk memudahkan para pengunjung dalam mengakses informasi. Dengan adanya fitur NFC sangat memudahkan pengguna untuk memberikan akses tanpa penggunaan password hp.

5. Pindai Informasi dari Smart Porter

Smart Porter merupakan media kreatif yang biasanya digunakan oleh banyak Brand untuk memudahkan pengguna mengakses kebutuhan seperti hiburan dan keuntungan berbelanja. Pengguna dapat dengan mudah membeli tiket konser, diskon, dan membeli akses lainnya.

6. Koneksi Speaker Secara Bebas

NFC Kegunaan di Hp Sekarang juga banyak digunakan speaker tanpa kabel dan dihubungkan ke smartphone atau berbagai gadget menggunakan Bluetooth. Koneksi nirkabel di hp akan aman dan lebih stabil.

7. Fitur Untuk Membagi Kontak

Fitur NFC bisa digunakan untuk berbagi kontak antar pengguna yang mana bisa digunakan dengan mudah. Pengiriman kotak, email, pesan dan nama pengguna, yang akan langsung disimpan melalui fitur tersebut.

8. Android Beam Untuk Berbagi Data

Dengan Android Beam pengguna bisa berbagi data dalam jarak dekat, jika ada dua Android yang terhubung dengan NFC. Pengguna bisa dengan mudah berbagi data seperti foto dan video dengan cepat.

Sayangnya teknologi tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik dan secara resmi telah dihentikan oleh Google dan dengan cepat diikat oleh teknologi baru. Teknologi tersebut bisa mentransfer data lewat Bluetooth dan WiFi.

9. Memindahkan Data pada Komputer Menggunakan NFC

Beberapa produk laptop yang keluar saat ini biasanya sudah didukung dengan fitur NFC. Sehingga pengguna yang memiliki Android atau Smartphone dengan fitur tersebut dapat dengan mudah memindahkan banyak file ke dalamnya.

Berikut adalah beberapa kegunaan NFC di Hp Android dan iPhone. Saat ini fitur NFC sudah bisa ditemukan pada Hp dengan harga 2 juta saja. Melihat kegunaannya pengguna akan tertarik untuk memiliki fitur ini di ponselnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.