Teknologi

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Canva Agar Desain Lebih Menarik

Canva adalah aplikasi pembuat desain grafis yang populer dan mudah digunakan, serta memungkinkan penggunanya membuat berbagai macam jenis desain. Ternyata, cara membuat tulisan melengkung di Canva cukup mudah dilakukan untuk mendapat hasil desain yang menarik.

Tulisan melengkung biasanya dipergunakan dalam pembuatan logo, poster, dan sebagainya untuk menarik perhatian khalayak dan memberi ciri khas pada brand. Oleh karena itu, simak baik-baik penjelasan mengenai teks melengkung dan cara membuatnya di aplikasi Canva:

Apa yang Dimaksud dengan Teks Melengkung di Canva?

Teks melengkung merupakan salah satu elemen menarik dalam tipografi yang banyak digunakan dan memiliki banyak fungsi untuk berbagai jenis desain. Teks jenis ini seringkali dijumpai pada karya desain grafis seperti poster, logo, brosur, dan lain-lain.

Tulisan melengkung digunakan untuk menambah estetika, membuat visual lebih menarik dan menonjol, serta membuat elemen lainnya terintegrasi dengan baik. Tulisan melengkung juga mampu memberikan unsur elegan dan modern pada desain sehingga membuatnya tampak lebih memukau.

Di software editing lain, tulisan melengkung lumayan sulit untuk dibuat, namun kabar baiknya Canva menyediakan fitur tersebut di dalam aplikasinya. Oleh sebab itu, banyak desainer grafis pemula yang menggunakan aplikasi Canva untuk belajar menghasilkan desain.

Sayangnya, ada banyak template dan elemen yang hanya bisa diakses tanpa watermark jika pengguna telah menjadi pengguna premium. Namun, pengguna juga dapat menikmati Canva gratis dengan mengeksplor fitur-fitur gratis yang tak kalah bagus dibandingkan premium.

Inilah Cara Membuat Teks Melengkung di Aplikasi Canva

Aplikasi Canva memiliki banyak fitur untuk mengedit tampilan teks, mulai dari bayangan, glitch, neon, dan masih banyak lagi. Canva juga menyediakan banyak pilihan font atau gaya tulisan, mulai dari kategori kaligrafi, mono, hingga sans serif.

Pada dasarnya, Canva telah menyediakan menu khusus untuk mengatur tingkat kelengkungan tulisan di dalam desain yang tengah dikerjakan. Oleh karena itu, simak dan lakukan cara membuat tulisan melengkung di canva berikut agar desain semakin bagus:

  • Unduh aplikasi Canva yang tersedia gratis di Playstore, kemudian jalankan aplikasi. Pengguna juga dapat membuka website Canva lewat Google Chrome di laptop dengan kelengkapan fitur yang sama dengan yang tersedia di smartphone.
  • Buat projek baru untuk membuat desain, atau carilah template yang sesuai keinginan untuk nantinya dimodifikasi dalam pembuatan desain.
  • Jika pengguna memilih untuk tidak menggunakan template, atur ukuran kanvas sesuai dengan projek yang ingin dibuat, misalnya ukuran 1080px × 1080px untuk postingan Instagram.
  • Layar akan menampilkan template atau kanvas kosong yang telah diberi ukuran khusus sebelumnya. Setelah itu, mulailah membuat desain dengan menambahkan teks di menu Teks. Tulis teks yang ingin dilengkungkan.
  • Kemudian, pergi ke menu Efek. Menu ini akan menampilkan banyak variasi efek tulisan yang bisa dicoba, salah satunya Lengkungan atau Curve.
  • Klik efek tersebut, kemudian sesuaikan tingkat kelengkungan dengan menggeser bulatan ke kanan maupun ke kiri di garis intensitas, atau ketik angka sesuai keinginan di kolom yang ada.
  • Kerjakan hal yang sama kepada teks lainnya yang juga ingin dilengkungkan. Selesaikan desain dengan menambah elemen, mengganti warna tulisan, dan seterusnya, lalu simpan hasil desain ke galeri.

Itulah cara membuat tulisan melengkung di canva yang bisa diterapkan untuk berkreasi dalam projek desain. Dengan begitu, pengguna bisa membuat teks melengkung untuk berbagai kebutuhan, seperti desain undangan, logo, dan lainnya dengan hasil yang profesional.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button