Tutorial

Rahasia Rumus Lightroom Alam, Buat Foto Lebih Keren

Aplikasi editing foto bernama Lightroom ini punya segudang rumus tersembunyi, khususnya untuk foto tema alam. Rumus Lightroom alam ini akan membuat hasil editan menjadi lebih estetik dan menarik.

Gunung dan hutan sering dijadikan objek foto karena panorama yang menyejukkan dan membuat siapapun betah memandang. Terkadang hasil foto yang diambil kurang menggambarkan keadaan aslinya atau terlalu garing. Berikut rumus Lightroom untuk alam yang wajib dicoba:

1. Cahaya (Light)

Cahaya atau Light merupakan rumus Lightroom alam paling dasar dan juga sangat penting. Kesesuaian pencahayaan yang digunakan akan menentukan hasil foto yang telah diedit.

Kualitas foto yang baik tergantung penggunaan yang sesuai, tidak kurang atau lebih. Untuk itu atur pencahayaan di 0,00 lalu kontras -11, highlight -95, bayangan -30, rona putih 69, dan hitam -25.

Terkadang ada beberapa konsep foto yang terlihat bright atau dark. Untuk menampilkan konsep foto tersebut, aturlah pencahayaan dengan rumus-rumus yang sesuai yang bisa menampilkan foto yang lebih memukau.

2. Warna (Color)

Selanjutnya adalah bagian warna atau color yang juga sama penting dengan Light. Dengan warna ini tampilan foto akan lebih jelas dan warna yang tertangkap kamera lebih menyala.

Pada menu warna ini terdiri dari temperatur, corak, vibrance dan kejenuhan. Atur warna dengan rumus temperatur 16, corak 12, vibrance -9 dan kejenuhan 0.

Masing-masing menu memiliki fungsinya, misalnya pada temperatur berfungsi untuk mengatur suhu yang ditampilkan oleh foto tersebut. Menu warna (color) ini berada di samping menu Light, yang memiliki beragam warna yang bisa di mix.

3. Campuran Warna (Color Mix)

Bicara tentang menu editing warna pada Lightroom, berbagai fitur warna yang tersedia dapat di mix atau color mix. Masing-masing warna ini juga memiliki rumus Lightroom tersendiri agar hasilnya lebih maksimal.

Warna yang bisa di mix ada banyak, seperti merah, orange, kuning, hijau, Aqua, biru ungu, pink. Yang terpenting dari color mix ini, atur warna pada foto sesuai konsep yang diinginkan.

Pengguna aplikasi Lightroom ini bisa berkreasi sedemikian rupa dari color mix ini. Meski demikian pastikan selaras dengan foto yang diambil, jangan sampai terlihat tidak seimbang.

4. Efek (Effect)

Efek merupakan fitur editing untuk mengubah atau memberikan sentuhan unik pada foto. Menu efek pada aplikasi Lightroom berlogo persegi yang ada di daftar menu.

Efek atau Effect ini memiliki beragam pada menu Lightroom tersebut. Pada tema alam ini juga tetap menggunakan efek untuk membuat tampilan akan lebih terlihat. Berikut adalah rumus-rumus Lightroom khususnya pada bagian efek (Effect).

Tidak jauh berbeda dengan menu-menu sebelumnya, pada bagian Effect ini juga ada tekstur, kejenuhan, tapi ketambahan efek kebut, vignette, titik tengah dan masih banyak lagi. Ini bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan hasil foto.

5. Menu Detail

Tahap terakhir dari penggunaan rumus Lightroom untuk alam ini ada di menu detail. Menu detail ini digunakan untuk memperjelas foto atau menyempurnakan editan agar terlihat lebih bagus lagi.

Menu detail ini misalnya pengurangan warna dan kehalusan. Pengaplikasian menu detail dilakukan setelah rumus-rumus sebelumnya telah diterapkan.

Dengan kata lain, menu detail ini adalah finishing untuk semua rumus editing foto. Gunanya menu detail ini adalah mempercantik dan menghilangkan bagian-bagian yang belum dipoles.

Itulah beberapa rumus Lightroom alam yang wajib dicoba untuk dan tampilan foto yang menarik. Aplikasi editing foto Lightroom ini sudah terkenal karena keefektifannya membuahkan hasil foto yang bagus. Coba rumus-rumus Lightroom tersebut memaksimalkan hasil foto.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button