Cara Menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED Mudah

cara menggunakan hdmi dongle anycast ke tv

Jika memiliki TV LED, dan ditambah menggunakan perangkat maka TV LED user smartphone di rumah dapat terhubung ke internet. Untuk itu perlu tahu cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED yang sebenarnya mudah dilakukan.

Dongle Anycast merupakan perangkat tambahan yang mampu untuk memproyeksikan layar HP ke TV. Namun, untuk menghubungkannya, diperlukan port HDMI di TV. Cara menghubungkan Dongle Anycast ke TV LED menggunakan Smartphone ada di bawah sini.

Menghubungkan HDMI Dongle Anycast ke TV LED menggunakan Smartphone Android

Perlu diketahui bagi User smartphone, terdapat sedikit perbedaan dalam mengatur pengaturan antara Smartphone Android dengan iOs user di Dongle Anycast. Jadi ini merupakan cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED menggunakan Android.

Bagi User Android, ada baiknya untuk mengunduh aplikasi Miracast di Playstore. Karena tidak semua Smartphone Android mendukung dalam penggunaan multi layar atau smart view. Berikut cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED menggunakan Smartphone Android:

  • Siapkan HP Android, dongle Anycast dan TV LED.
  • Masukan perangkat Dongle Anycast ke port HDMI di TV.
  • Sambungkan daya ke Dongle Anycast, bisa menggunakan adaptor, kabel data atau powerbank dan nyalakan.
  • Di TV LED pilih mode HDMI 1 atau HDMI 2 sesuai sambungan Dongle Anycast ke port HDMI.
  • Pada layar TV pilih Miracast.
  • Di HP masuk ke aplikasi Miracast dan ilih connect lalu pilih interaksi multi layar atau smart view dan layar di Smartphone akan terproyeksikan di TV LED.

Perlu dipahami juga, karena Wi-Fi yang selalu menyala, hal tersebut dapat menyebabkan pemakaian baterai Smartphone yang boros.

Pemakaian baterai yang boros ini juga berlaku untuk pengguna Smartphone Android atau iOs. Jadi jangan lupa siapkan powerbank atau siapkan Smartphone dalam kondisi baterai penuh.

Menghubungkan HDMI Dongle Anycast ke TV LED menggunakan Smartphone iOs

Berbeda dengan menggunakan Android. Bagi user iOs, tidak memerlukan aplikasi tambahan untuk menghubungkan layar ke TV LED. Hal ini karena iOs sudah support dalam multi layar. Di iOs cukup dengan sambungan Wi-Fi dan  Dongle Anycast.

Sebelum menghubungkan Dongle Anycast ke TV, periksa terlebih dahulu tombol di Dongle Anycast dan tombol tersebut ada di Airplay, bukan Miracast. Langsung saja berikut cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED menggunakan iOs:

  • Siapkan Smartphone iOs, Dongle Anycast dan TV LED.
  • Masukan Dongle Anycast ke port HDMI di TV, pastikan tombol Anycast ada di sisi Airplay.
  • Sambungkan daya ke Dongle Anycast, bisa menggunakan adaptor, kabel data atau powerbank.
  • Di TV LED pilih mode HDMI 1 atau HDMI 2 sesuai sambungan Dongle Anycast ke HDMI.
  • Akan muncul SSID dan PSK yang berarti itu adalah nama dan password yang nanti akan dicocokan ke iOs.
  • Nyalakan Wifi di Smartphone iOs dan sambungkan pada perangkat Anycast.
  • Kemudian nyalakan Airplay lalu pilih SSID Airplay.
  • Dan layar Smartphone iOs akan terproyeksikan di TV LED.

Dari kedua cara di atas, dapat dilihat jika menyambungkan HDMI Dongle Anycast memerlukan koneksi Wifi dari Smartphone ke perangkat Dongle Anycast. Jadi selama terhubung, pastikan Wi-Fi user Smartphone selalu aktif.

Begitulah cara menggunakan HDMI Dongle Anycast ke TV LED. Sebenarnya tidak harus menggunakan TV LED, menggunakan TV tabung juga bisa menggunakan Dongle Anycast, namun memerlukan converter RCA ke HDMI.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.