Handphone

Cara Cek HP Support Wireless Charger, Pemula Wajib Tahu!

Wireless charger merupakan teknologi terbaru pada HP. Sayangnya, belum semua HP menggunakan teknologi ini. Untuk mengecek apakah HP sudah wireless charger atau belum, pengguna bisa menerapkan cara cek HP support wireless charger pada panduan tersedia.

Teknologi ini dinilai cukup efisien dalam penggunaannya sebab pengguna hanya perlu meletakkan handphone yang sudah didukung teknologi ini di atas wireless charger. Adapun cara cek hp support wireless charger yang bisa dilakukan oleh pengguna ponsel:

1. Cek Melalui Buku Panduan Bawaan Ponsel

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah HP pengguna support wireless charger atau belum adalah dengan mengecek dari merk dan tipe HP yang dimiliki melalui buku panduan yang terdapat di box HP.

Dari merk dan tipe HP ini, pengguna bisa mengecek apakah HP sudah menggunakan teknologi wireless charger atau belum. Di buku panduan tersebut, pengguna juga dapat menggali informasi terkait spesifikasi HP untuk dapat mengecek hal serupa.

2. Cek Daftar HP yang Sudah Support Wireless Charger Melalui Browser

Selain mengecek melalui buku panduan bawaan HP, pengguna juga bisa menerapkan metode lainnya, yaitu dengan cara mengecek daftar HP yang sudah support wireless charger melalui browser atau mesin pencari sebagai media untuk mendapatkan informasi tambahan.

Ada dua alur yang bisa dipraktikkan pada poin kedua ini. Alur pertama, yaitu pengguna bisa mengetik “Apakah HP ini (diisi dengan merk dan tipe HP) mendukung wireless charger?” melalui browser atau bisa mengikuti alur kedua.

Alur kedua ini pengguna cukup mencari melalui browser apa saja HP yang mendukung wireless charger. Jika merk dan tipe HP pengguna tidak muncul di pencarian tersebut. Bisa jadi, HP tersebut belum support wireless charger.

3. Cek Melalui Laman Resmi Merk HP

Cara terakhir yang dapat dicoba pengguna adalah dengan mengeceknya melalui laman resmi merk HP yang digunakan oleh masing-masing pengguna. Laman ini bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengecek apakah HP sudah support wireless charger atau belum.

Caranya, pengguna bisa langsung mengunjungi laman resmi merk HP kemudian cari dan baca informasi secara detail mengenai jenis HP yang dimiliki atau bisa juga dengan membaca FAQ (Frequently Ask Question) tentang HP tersebut.

4. Coba Lakukan Pengisian Daya

Cara keempat yang bisa pengguna coba adalah dengan melakukan pengisian daya pada ponsel yang dimiliki dengan menggunakan wireless charger. Cara ini dilakukan untuk mengetes apakah HP mendukung wireless charger atau tidak.

Cara mengeceknya, yaitu pengguna dapat mencoba langsung menempelkan smartphone ke wireless charger.  Apabila dicoba ternyata daya smartphone terisi berarti tandanya HP mu mendukung wireless charger. Apabila sebaliknya, tandanya HP mu tidak mendukung penggunaan wireless charger.

Demikian cara cek HP support wireless charger atau belum yang bisa dipraktikkan oleh pemakai. Pengguna bisa mengecek apakah HP yang dimiliki kompatibel menggunakan wireless charger atau belum dengan mengikuti cara-cara di atas.

Pengecekkan ini dilakukan sebab sangat disayangkan apabila pengguna sudah memiliki wireless charger tapi ternyata HP belum mendukung. Namun, bisa saja HP akan mendukung teknologi ini seiring waktu adanya versi update. Pengguna dapat mengeceknya secara berkala.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button