sosial media

Cara Menghapus Akun IG Permanen dengan Ponsel dan PC

Membuat akun ig baru memiliki cara yang mudah, namun bagaimana dengan cara menghapus akun ig permanen? Nyatanya, kebanyakan orang masih belum mengetahui cara menghapus akun ig miliknya dengan permanen.

Perlu diketahui, jika akan menghapus akun Instagram secara permanen membutuhkan Password dari akun tersebut untuk memulai proses penghapusan. Selain itu, dibutuhkan beberapa langkah lagi untuk melanjutkan proses penghapusan akun seperti berikut:

1. Menghapus Akun dengan Ponsel

Sebelum itu, hapus setiap unggahan atau postingan pada akun tersebut secara terpisah. Hal ini guna memastikan bahwa jejak digital dari akun ig tersebut sepenuhnya akan hilang. Jika sudah menghapus seluruh postingan, lakukan cara berikut:

  • Untuk menghapus akun melalui perangkat seluler, langkah pertama yang harus dilakukan yakni membuka aplikasi Instagram lebih dulu. Kemudian klik ikon di pojok kanan bawah layar atau foto profil akun.
  • Lalu pencet ikon 3 garis bertumpuk yang berada pada kanan atas layar dan klik ikon ‘gir’ atau menu ‘Pengaturan’ setelahnya. Setelah itu maka akan terdapat beberapa pilihan menu yang dimana salah satunya merupakan menu ‘Bantuan’.
  • Klik menu ‘Bantuan’ tersebut atau jika tidak ada, scroll saja ke arah bawah sampai menemukan menu ini. Seusai menekan menu tersebut, maka akan terdapat 3 menu lagi dan klik salah satunya yang bertuliskan ‘Pusat Bantuan’.
  • Akan muncul kembali menu baru, untuk kali ini pilih saja menu ‘Kelola Akun Anda’. Kemudian klik salah satu pilihan pada menu yang baru muncul, klik menu yang bertuliskan ‘Hapus Akun Kamu’.
  • Klik saja ‘Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?’ supaya memastikan bahwa akun Instagram yang sama tidak akan dibuka lagi. Namun jika ingin menonaktifkan untuk sementara, pilih menu ‘Bagaimana cara menonaktifkan sementara akun Instagram saya?’.
  • Tekan kalimat dengan font berwarna biru bertuliskan ‘Hapus Akun Anda’. Kemudian akan muncul penjelasan jika proses penghapusan akun akan memakan waktu setidaknya hingga 30 hari ke depan.
  • Isi alasan penghapusan, jika tidak berkeinginan untuk menyebutkannya pilih ‘Lainnya’ pada menu. Lalu, masukkan kata sandi dengan benar dan klik ‘Hapus Akun Saya Permanen’. Jika sudah, klik ‘OK’ dan akun sudah terhapus secara permanen.

2. Menghapus Akun dengan Komputer

Beralih pada cara menghapus akun ig permanen dengan komputer, terdapat beberapa perbedaan antara cara ini dengan cara sebelumnya. Jika pada ponsel membutuhkan aplikasi Instagram, di Komputer hanya perlu melalui website saja seperti berikut ini:

  • Buka salah satu peramban yang terdapat pada Komputer tersebut, kemudian kunjungi link berikut : https://help.instagram.com/ . Setelah itu, klik menu ‘Kelola Akun Anda’ dan pilih menu ‘Hapus Akun Anda’ pada halaman selanjutnya.
  • Klik ‘Bagaimana cara menghapus akun Instagram saya?’ kalau tidak ada keinginan untuk membuka akun di masa mendatang. Mirip seperti langkah sebelumnya, pilih saja ‘Bagaimana cara menonaktifkan sementara akun Instagram saya?’ untuk menonaktifkan akun sementara.
  • Pencet menu ‘Hapus Akun Anda’ dan isi alasan mengapa ingin menghapus akun tersebut. Mengingat ini merupakan hal privasi, pengguna berhak untuk tidak menyebutkan alasan penghapusan akunnya dengan memilih menu ‘Lainnya’.
  • Pilih menu ‘Hapus Akun Saya Permanen’ yang terdapat pada pojok kiri menu dengan latar belakang berwarna merah. Akan muncul pop-up untuk memverifikasi penghapusan akun, klik saja ‘OK’ untuk melanjutkan proses penghapusan.

Itu dia beberapa cara menghapus akun ig permanen tentunya perlu dilakukan dengan penuh kehati-hatian. Sebagai informasi tambahan, pastikan koneksi internet lancar selama proses penghapusan, agar akun ig bisa terhapus secara sempurna dan tanpa kendala.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button