Penyebab Baterai HP Lama Terisi Serta Solusi Mengatasinya

penyebab baterai hp lama terisi

Seseorang perlu mengetahui penyebab baterai HP lama terisi yang selama ini mungkin sering dialami. hal itu bertujuan agar orang tersebut bisa mencari solusi untuk mengatasinya. Dikarenakan jika dibiarkan terus menerus, maka kondisi baterai akan semakin parah.

Penyebab dari lamanya baterai diisi ketika di charge itu karena ada beberapa faktor. Dimana faktor tersebut bisa berasal dari penggunanya sendiri atau memang kualitas barangnya yang semakin menurun. Adapun beberapa penyebab dari masalah tersebut yaitu:

1. Kabel Charger yang Rusak atau Kualitas Rendah

Penyebab pertama dari lamanya mengisi baterai ponsel yaitu karena kabel charger yang rusak. Bahkan bisa juga dikarenakan kualitas dari charger baterai tersebut yang rendah sehingga mengakibatkan pengisian lama atau bisa jadi tidak terisi sama sekali.

Jika mengalami hal demikian maka sebagai pemilik ponsel wajib untuk mencari solusi untuk mengatasinya. Solusi yang dapat diambil dari masalah tersebut contohnya yaitu mengganti kabel charger dengan yang baru. Gunakan kabel charger yang memiliki kualitas yang baik.

2. Voltase Listrik Lemah

Penyebab baterai HP lama terisi yang kedua bisa juga dikarenakan voltase listrik lemah. Hal ini biasanya terjadi saat seseorang melakukan charger melalui kabel USB di komputer atau laptop yang sedang digunakan.

Cara mengatasi masalah yang disebabkan hal diatas, maka bisa dengan menchargernya menggunakan kabel bawaan dari ponsel itu sendiri. Selain itu usahakan mencharger HP langsung pada sumber listrik tanpa harus dihubungkan dengan perangkat lain.

3. Baterai Ponsel Rusak

Masalah HP yang lama terisi ketika di charge juga bisa disebabkan karena baterainya sudah rusak. Biasanya masalah ini dikarenakan terlalu lamanya mencharger baterai, telat mengisi atau bisa juga dikarenakan ponsel sering digunakan ketika di charger.

Jika sudah baterai mengalami kerusakan seperti itu, maka cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengganti yang baru. Ketika hendak mengganti, sebaik seseorang menyesuaikan baterai yang baru dengan yang lama agar dapat digunakan pada ponsel.

4. Adaptor Charger Rusak

Di Urutan keempat yang menyebabkan baterai ponsel lama terisi yaitu adaptor chargernya yang mengalami kerusakan. Jika sudah kepala charger rusak, maka kualitas dari alat tersebut pastinya akan menurun dan akan menghambat pengisian daya.

Oleh karenanya jika mengalami kerusakan pada adaptor charger, maka gantilah yang baru. Tidak perlu mengganti bagian charger ponsel. Seseorang hanya cukup mengganti bagian kepala atau adaptornya saja dan untuk kabelnya masih bisa pakai yang lama.

5. Menggunakan Ponsel Ketika Di Charge

Penyebab lain yaitu bisa jadi ketika melakukan pengisian daya baterai, seseorang sambil menggunakan ponselnya. Hal inilah yang menghambat pengisian cepat selesai, dikarenakan daya yang masuk akan dikeluarkan kembali karena ponsel dipakai.

Solusi untuk masalah ini yaitu jangan menggunakan ponsel ketika sedang di charger. Jika perlu mematikan ponsel sementara untuk mempercepat pengisian daya baterai. Selain itu juga untuk menjaga kualitas dari baterai itu sendiri agar kecepatannya tetap maksimal.

6. Ponsel Berusia Lama

Faktor terakhir yang menyebabkan daya lama terisi yaitu dikarenakan usai ponsel itu sendiri telah lama. Sehingga Chip atau IC pada ponsel akan mengalami penurunan kualitas kerjanya. Jika sudah kualitasnya menurun maka hal itu pastinya akan menghambat pengisian daya.

Masalah yang satu ini, sebenarnya solusinya tidak ada. Cara mengatasinya untuk langkah terakhir dengan mengganti ponsel yang baru. Hal itu dikarenakan seseorang haruslah mengganti mesin dari ponsel jika ingin mengganti IC atau Chip di dalamnya.

Demikianlah tadi beberapa penyebab baterai HP lama terisi dan juga pembahasan solusi penanganannya. Penjelasan mengenai penyebab lamanya pengisian daya ponsel di atas dikarenakan faktor barang itu sendiri dan juga dari tingkah manusianya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.