Teknologi

6 Penyebab HP Tiba Tiba Mati yang Harus Diketahui

Salah satu masalah yang mungkin tidak pernah diharapkan seseorang adalah HP sering mati mendadak bukan karena baterai habis. Kebanyakan orang tidak tahu apa penyebab HP tiba tiba mati dan mungkin bukan sekali ini terjadi.

Tentunya kondisi semacam ini tidak baik bisa terus dibiarkan karena dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah terhadap HP. Sebelum terjadi yang lebih buruk, sebaiknya ketahui penyebab HP mati dan tindakan selanjutnya dengan menyimak uraian berikut:

1. RAM Overload

Penggunaan berbagai aplikasi berat di HP secara terus-menerus dan hampir bersamaan bisa menjadi sebab terjadinya RAM overload. Bahkan  dengan kemungkinan terburuk, HP tidak hanya sering macet ketika menjalankan aplikasi, tetapi juga bisa mendadak mati.

Hal ini tidaklah baik untuk kelangsungan perangkat ponsel bila terus dipaksakan karena dapat memicu terjadinya kerusakan pada komponen internal. Untuk itu, sebelum memasang aplikasi perlu pahami kesesuaian dengan spesifikasi perangkat agar tidak melampaui kemampuan.

2. Overheat

Ada kalanya beberapa penggunaan aplikasi tertentu (contohnya game) dalam jangka waktu lama bisa memicu perangkat menjadi terasa panas. Hal ini menandakan adanya kerja keras yang sedang dilakukan pada komponen CPU untuk membuat aplikasi tetap berjalan.

Pada batas tertentu, ada kalanya sistem akan menganggap bahwa kenaikan suhu bisa berbahaya bagi komponen sehingga sengaja dibuat mati. Dengan matinya perangkat maka suhu komponen internal HP bisa kembali normal dan terhindar dari kerusakan.

3. Software Error

Ada pula penyebab HP tiba tiba mati yang bersumber dari pemasangan software tertentu yang membuat terjadinya error pada sistem. Bisa jadi karena software memang tidak kompatibel atau sudah waktunya dilakukan update menjadi versi baru.

Bisa lakukan uninstal terlebih dahulu bila mengetahui ada software yang menyebabkan HP sering error dan mati tiba-tiba. Pastikan instal software dari sumber terpercaya seperti App Store untuk menghindari adanya malware yang membahayakan perangkat.

4. Masalah IC Power

Hal yang menjadi penyebab HP tidak bisa menyala mungkin telah terjadi kerusakan pada komponen penting, khususnya IC Power. Biasanya sebelum HP mengalami mati total, mungkin sebelumnya sudah sering terjadi gejala HP tiba-tiba restart dengan sendirinya.

Kerusakan ini bisa dipicu penggunaan charger tidak tepat dan sumber listrik yang tidak stabil sehingga menimbulkan lonjakan listrik. Untuk mengatasinya, bisa upayakan membawa ke jasa servis untuk penggantian komponen IC Power atau klaim garansi.

5. File Cache Penuh

Diketahui bahwa setiap ponsel memiliki ruang penyimpanan untuk data pengguna (berupa foto/video/dokumen) dan data cache (file sampah aplikasi). Ketika data cache sudah menumpuk dan tidak pernah dibersihkan maka dapat memicu terjadinya HP eror.

Sebelum terjadi mungkin akan timbul gejala bahwa HP sering lemot ketika digunakan untuk membuka aplikasi padahal sinyal internet bagus. Jadi, segera bersihkan cache dengan aplikasi cleaner, terutama pada berbagai aplikasi yang dirasa paling sering diakses.

6. Kerusakan Komponen

Ada saja kemungkinan bahwa seseorang kurang berhati-hati ketika membawa HP sehingga menyebabkan terjatuh dengan keras atau bahkan terkena air. Kedua kondisi tersebut dapat menjadi sumber dari terjadinya kerusakan pada komponen internal akibat benturan dan korslet.

Pada beberapa tingkatan kerusakan mungkin ada yang masih memungkinkan adanya perbaikan dengan mengganti komponen yang rusak. Akan tetapi, bisa saja kemungkinan terburuk adalah sama sekali tidak bisa menyala karena dampak kerusakan terlampau parah.

Sekian tentang penyebab HP tiba tiba mati serta tindakan yang perlu diterapkan untuk menghindari terulang kembali. Kelak seseorang bisa belajar untuk lebih memahami kondisi HP, terutama terkait batas kemampuan agar tidak memaksakan kinerja perangkat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button