6 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Mendownload

cara memperbaiki play store yang tidak bisa mendownload

Pengguna ponsel Android memiliki akses untuk mengunduh berbagai aplikasi secara aman melalui Play Store. Namun ada kalanya terhambat dan tidak tahu cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa mendownload padahal biasanya tidak demikian.

Ada berbagai faktor yang menimbulkan kegagalan dalam proses download aplikasi, bisa bersumber dari ponsel atau koneksi. Untuk mengetahui kemungkinan kendala dan cara memperbaikinya, simak selengkapnya melalui penjelasan singkat berikut ini:

1. Menyisihkan Ruang Penyimpanan

Permasalahan yang mungkin sering dialami adalah kondisi ruang penyimpanan ponsel yang tidak mencukupi untuk pemasangan aplikasi baru. Dengan kata lain, aplikasi yang akan dipasang membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih dari sisa yang tersedia di ponsel.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hapus beberapa aplikasi yang dirasa sudah tidak terpakai apalagi yang memakan banyak ruang. Atau bisa pindahkan beberapa aplikasi yang memungkinkan untuk dialihkan ke ruang penyimpanan eksternal.

2. Memeriksa Pengaturan Unduhan

Ada beberapa ponsel yang biasanya memiliki pengaturan unduhan yang dibatasi, hal ini dilakukan untuk penghematan kuota. Bisa jadi pengguna lupa bahwa proses pengunduhan hanya diizinkan bila ponsel terhubung ke WiFi, sedang yang diaktifkan mobile data.

Untuk itu beri izin ponsel untuk mengunduh via mobile data atau bisa ganti koneksi ke WiFi yang tersedia di sekitar. Kelak, proses pengunduhan aplikasi di Play Store bisa kembali berjalan dan berhasil terpasang di perangkat.

3. Memeriksa Koneksi WiFi

Cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa mendownload selanjutnya, yakni dengan memeriksa koneksi internet. Kendala semacam ini mungkin pernah dialami hampir setiap orang karena masalah koneksi internet yang tidak stabil.

Terlebih jika sedang terhubung ke WiFi yang tersedia di tempat umum, mungkin saja koneksi sedang lambat karena banyak pengguna. Untuk mengatasinya bisa dengan mencari koneksi WiFi lain yang lebih sepi pengguna supaya proses unduh lancar.

4. Menerapkan Restart Ponsel

Sudah bukan hal yang aneh ketika ponsel mendadak mengalami eror ketika sedang melakukan suatu operasi, termasuk pengunduhan aplikasi. Padahal koneksi internet tidak ada masalah, ruang penyimpanan cukup, tetapi ponsel tidak bisa menjalankan perintah pengunduhan.

Kondisi eror pada sistem ponsel bisa dilakukan dengan menekan tombol untuk restart atau bisa dengan mematikan sesaat. Selanjutnya, nyalakan kembali ponsel dan coba untuk mengulangi proses download di Play Store seperti sebelumnya.

5. Mengecek Google Play Service

Beragam aplikasi Google yang terpasang di ponsel berkaitan dengan Google Play Service dan bisa jadi masalahnya dari sini. Bisa karena cache yang tersimpan sudah penuh sehingga menghambat proses pengunduhan dari Google Play Store.

Upaya yang sederhana untuk mengatasi hal ini adalah dengan mencoba memeriksa cache dari aplikasi Google Play Service. Lalu, cari opsi clear cache untuk mulai membersihkan cache dan menyisihkan ruang untuk mengunduh dengan lancar.

6. Membersihkan Cache Keseluruhan

Sebenarnya, setiap aplikasi di ponsel juga memiliki cache atau ruang penyimpanan sementara, walau jumlahnya mungkin tidak banyak. Namun tergantung pada jenis aplikasi, ada yang cukup besar, misalnya Instagram, TikTok, atau YouTube.

Untuk itu tidak ada salahnya mengecek cache dari masing-masing aplikasi yang dirasa paling sering digunakan sehari-hari. Hapus cache bisa dilakukan melalui App Manager, setelah tuntas bisa lanjutkan proses mengunduh dari Google Play Store.

Jadi, seperti itulah cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa mendownload disebabkan oleh berbagai hal yang mungkin tidak diketahui pengguna. Kelak proses pengunduhan bisa kembali lancar, tanpa perlu mencoba dari sumber lain yang kurang aman.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.