Teknologi

3 Cara Scan Barcode Google Maps Melalui atau Tanpa Aplikasi Tanpa Ribet

Cara scan barcode google maps patut untuk diketahui oleh banyak orang. Apa itu barcode? Bagi yang belum mengetahui dengan yang biasa disebut barcode atau kode batang ini, barcode merupakan suatu data optik yang sudah di desain menggunakan garis atau simbol yang bisa dibaca oleh mesin komputer.

Sekarang barcode ini juga sudah sering digunakan untuk menyimpan data informasi dalam bentuk apapun seperti data link baik link form, alamat dalam undangan, dan informasi lainnya.

Dimana barcode ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses segala informasi dengan hanya memindai kode tersebut melalui kamera. Cara yang bisa dilakukan ini ada banyak untuk mengakses barcode baik melalui aplikasi atau tanpa aplikasi.

Barcode sekarang ini sudah ada dalam beberapa bentuk seperti garis garis vertikal yang berjejer memanjang secara horizontal dan ada juga yang berbentuk kotak kotak acak yang membuat frame persegi.

Biasanya bentuk barcode yang digunakan untuk google maps ini adalah yang berbentuk QR code frame persegi. Berikut ini beberapa cara untuk memindai kode google maps:

1. Melalui Fitur Bawaan Smartphone

Smartphone jenis terbaru saat ini sudah pasti memberikan fitur bawaan yang bisa digunakan untuk memindai kode QR atau barcode. Bahkan dengan menggunakan kamera saja bisa langsung memindai kode barcode tersebut dan data dalam kode tersebut akan muncul secara otomatis.

Cara scan barcode google maps adalah dengan membuka kamera smartphone, lalu arahkan kamera ke kode QR atau barcode yang ada. Setelah itu akan muncul informasi, klik data informasi dari kode tersebut yang tidak lain adalah link dari alamat.

Akan muncul sebuah pilihan aplikasi yang bisa membuka alamat tersebut, klik aplikasi google maps dan tadaa alamat tersebut akan terlihat menggunakan aplikasi google maps tersebut.

2. Melalui Aplikasi QR Code Scanner

Aplikasi ini dapat diunduh di app store pada masing masing smartphone yang dimiliki. Aplikasi ini merupakan pemindai kode QR atau barcode yang cukup ringan dan tidak banyak menyita ruang penyimpanan.

Selain itu, aplikasi ini juga mudah digunakan untuk memindai kode batang tersebut termasuk barcode google maps. Cara memakainya pun cukup mudah, yaitu:

  • Jika belum memiliki aplikasi tersebut, silahkan unduh di app store lalu instal
  • Buka aplikasi QR Code Scanner, untuk smartphone yang baru saja menginstal aplikasi tersebut biasanya akan terdapat pop up untuk meminta perizinan, izinkan semua syarat tersebut.
  • Selanjutnya otomatis akan masuk ke halaman utama aplikasi yang langsung menampilkan kamera, arahkan kamera tersebut pada kode batang atau barcode alamat yang akan dipindai.
  • Secara otomatis tanpa memencet tombol apapun, alamat google maps akan langsung muncul, silahkan klik alamat atau klik buka browser untuk melihat alamat yang ingin diketahui atau dituju.

3. Melalui Website

Jika smartphone yang dimiliki masih belum terdapat fitur barcode scanner dan tidak ingin menginstall aplikasi ke android. Simak berikut caranya.

  • Buka alamat website https://webqr.com/.
  • Website ini bisa memindai barcode secara langsung melalui kamera yang disediakan dan bisa juga menggunakan foto yang sudah terdapat pada smartphone.
  • Jika ingin memindai kode secara langsung silahkan klik ikon video yang terdapat di sebelah kiri atas kotak kamera, lalu izinkan jika muncul pop up perizinan.
  • Arahkan kamera tersebut ke kode barcode, lalu klik link yang muncul pada halaman tersebut dan alamat google maps sudah bisa diakses.
  • Jika menggunakan file gambar, klik ikon kamera yang terletak di kanan atas kotak kamera.
  • Klik choose file dan pilih kode QR dari galeri masing-masing, pada kotak di bawahnya akan muncul link dari alamat lalu klik alamat tersebut untuk membukanya melalui google maps.

Itulah cara scan barcode google maps yang sekiranya mudah untuk dipraktekkan menggunakan beberapa cara. Semoga bermanfaat dan bisa menggunakan cara tersebut untuk memindai kode tanpa bingung lagi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button