Teknologi

Kenapa Penyimpanan Internal Cepat Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Ini Penyebabnya

Memori internal ponsel merupakan hal penting dalam penyimpanan dari ponsel itu sendiri. Terkadang tidak banyak aplikasi yang dipasang namun memori Internal penuh. Berikut ini alasan kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit dimiliki.

Biasanya jika tidak memiliki memori eksternal maka menyimpan di memori internal. Terlebih kapasitas yang diberikan oleh penyedia ponsel sendiri memori internal  banyak. Terkadang yang menjadi pertanyaan aplikasi yang dipasang sedikit tapi memori cepat penuh.

Sehingga perlu dicari tahu alasannya kenapa memori internal dari ponsel cepat penuh padahal tidak digunakan untuk menyimpan dokumen lain. Aplikasi yang dipasang juga tidak terlalu banyak berikut beberapa alasannya.

1. Ada Aplikasi yang Spacenya Besar

Alasan kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit bisa jadi ada aplikasi yang di pasang dan mengambil space banyak. Walaupun aplikasi yang dipasang sedikit namun jika saat mengunduh ternyata mengambil space banyak.

Terkadang hal ini tidak disadari, sehingga merasa aman-aman saja. Padahal ada beberapa aplikasi yang memang mengambil space penyimpanan internal banyak. Setelah mengunduh tentunya untuk menyimpan data juga butuh memori internal.

Misalnya saja aplikasi Whatsapp dan Instagram walaupun cuma memasang dua aplikasi tersebut ternyata dua aplikasi tersebut cukup besar. Terlebih Whatsapp jika melakukan backup pesan mengambil memori besar di penyimpanan.

2. Banyaknya File Cache

Tanpa disadari saat mengakses aplikasi tentunya ada cache yang tersimpan juga di memori internal. Hal inilah yang juga menjadi penyebab memori menjadi cepat penuh. Jika aplikasi sering melakukan pencadangan tentunya menghabiskan memori.

Maka perlu menghapus cache secara rutin agar memori internal tidak cepat habis saat digunakan. File cache misalnya saja jika tidak sering dihapus maka akan menumpuk dan semakin besar. File cache ini didapatkan jika sering akses aplikasi termasuk riwayat pencarian google.

3. Banyaknya Aplikasi Bawaan Dari Ponsel

Tentunya saat membeli ponsel dari pihak penyedia sendiri sudah menginstal beberapa aplikasi bawaan. Walau tentunya perlu menginstal sedikit aplikasi tentunya memori internal juga akan cepat habis.

Jika aplikasi bawaan yang ada ada sepuluh dan mengunduh dua aplikasi baru tetap saja menghabiskan memori internal. Maka perlu menghapus aplikasi yang tidak digunakan untuk menghemat memori.

Aplikasi yang sering menjadi bawaan adalah aplikasi google play store dan beberapa aplikasi bloatware bawaan ponsel. Jika tidak dimanfaatkan dan tidak berguna sebaiknya dihapus.

4. Banyaknya File Video dan Foto

Terkadang tanpa sadar sering mengabadikan momen saat bersama orang tercinta melalui video atau foto. Ternyata dua data ini cukup mengambil space memori paling banyak. Terlebih saat melakukan perekaman video yang banyak.

Kualitas foto dan video yang diambil pun semakin bagus maka memori yang dihabiskan juga banyak. Maka dari itu perlu untuk menghapus file yang dirasa sudah tidak diperlukan lagi. Dengan begitu memori internal akan luang.

5. Sisa Data dari Aplikasi Sebelumnya

Saat sudah tidak menggunakan aplikasi yang digunakan tentunya perlu menghapus aplikasi tersebut. Ternyata saat menghapus aplikasi tersebut ada beberapa data yang belum terhapus di manager file. Maka perlu menghapusnya.

Dengan menghapus memori tersebut maka memori internal akan memiliki space banyak. Terkadang saat menghapus aplikasi hanya uninstall aplikasi tanpa menghapus data di manager file. Jika tidak dihapus akan memakan memori internal.

Sehingga aplikasi yang dipasang sedikit menyebabkan memori penuh karena adanya data yang tidak penting yang tidak dihapus. Hal itulah yang menyebabkan memori internal cepat habis.

Itulah alasan kenapa penyimpanan internal cepat penuh padahal aplikasi sedikit sehingga perlu diperhatikan saat akan menginstal aplikasi. Perlu juga sering menghapus data yang tidak penting agar memori internal tetap banyak.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button