Cara Mengatasi Baterai HP yang Cepat Habis dengan 6 Langkah Mudah

cara mengatasi baterai hp yang cepat habis

Seperti yang telah diketahui bahwa Hp saat ini merupakan sebagai alat komunikasi yang sangat penting. Namun memiliki daya baterai yang sangat lemah akan sangat mengganggu aktifitas dan membuat ketidaknyamanan pengguna. Oleh karena itu banyak yang mencari cara mengatasi baterai hp yang cepat habis dengan benar. Berikut akan dibahas.

Memiliki daya baterai yang boros memang membuat sebagian orang frustasi. Baterai yang cepat habis akan menyulitkan karena akan berkurangnya komunikasi dengan seseorang jarak jauh dan berkepentingan lainnya. Selain itu juga kemana mana harus sedia charger jika sewaktu waktu baterai hp habis.

Bagi yang penasaran berikut ini cara yang tepat untuk mengatasi baterai hp yang cepat habis. Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Matikan Getaran Hp

Ketika merasa baterai hp cepat boros mungkin getaran hp menjadi salah satu penyebabnya. Jadi Solusi pertama yaitu dengan mematikan getaran Hp. Cara ini sangat ampuh untuk menghemat daya baterai dari pada fitur fitur lainnya.

Ketika tombol getar hp diaktifkan maka hal ini berdampak langsung dengan daya baterai. Oleh karena itu jangan biarkan getaran hp ini dihidupkan. Jika tetap menghidupkan getaran hp maka daya baterai hanya akan bertahan beberapa jam saja.

2. Hindari Wallpaper yang  Terang

Cara mengatasi baterai hp yang cepat habis kedua yaitu dengan menghindari wallpaper yang sangat terang. Namun sisi positif jika menerangkan wallpaper akan bagus untuk tampilan hp, tapi akan kurang bagus untuk daya baterai karena baterai akan boros dan cepat habis.

Jadi jika ingin baterai awet atau tahan lama cobalah untuk menggunakan  wallpaper dengan nuansa yang tidak terlalu terang atau gelap yang tidak memerlukan banyak energi dari hp. Rekomendasi warna wallpaper yang tidak menguras banyak daya yaitu dengan menggunakan wallpaper dengan warna hitam atau biru tua atau warna yang gelap gelap.

3. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Dengan mematikan fitur hp yang sudah tidak lagi digunakan maka daya baterai akan terasa bertahan lebih lama. Cara mengatasi hal ini adalah dengan mematikan semua fitur yang tidak sedang digunakan.

Sebagai contoh, jika Bluetooth atau WiFi tidak digunakan, sebaiknya dimatikan. Selain itu, mematikan lokasi atau GPS juga dapat membantu menghemat daya baterai yang seharusnya terkuras.

Langkah ini, dapat memperpanjang masa pakai baterai HP dan mengatasi masalah konsumsi daya yang berlebihan.

4. Meminimalisir Penggunaan Widget di Layar

Ada banyak penyebab mengapa baterai HP bisa cepat habis, salah satunya adalah penggunaan widget di layar yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk meminimalisir penggunaannya agar dapat menghemat daya baterai.

Bagi yang belum tahu, Widget merupakan aplikasi yang berukuran kecil yang mampu untuk menampilkan sebuah informasi yang berkaitan dengan notifikasi yang tertunda atau perkiraan cuaca. Meskipun dapat memberikan akses cepat ke informasi tertentu, namun penggunaan yang berlebihan dapat berdampak pada konsumsi daya baterai yang meningkat.

5. Hindari Penggunaan Power Bank

Power bank adalah perangkat penyimpan dan pemberi daya baterai yang dapat merusak baterai HP jika digunakan secara berlebihan. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari penggunaan power bank yang terlalu sering.

Untuk menjaga kesehatan dan daya tahan baterai, langkah terbaik adalah mengisi baterai HP sebelum mati total, kemudian cabut baterai setelah mengisi 99%. Selain itu, disarankan untuk tidak menggunakan HP saat sedang dalam proses pengisian daya.

Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, diharapkan dapat memperpanjang umur baterai dan meminimalkan risiko kerusakan yang mungkin disebabkan oleh penggunaan power bank yang tidak bijaksana.

6. Aktifkan Mode Hemat Daya

Cara terakhir ini dengan mengaktifkan mode hemat daya. Dengan mengaktifkan mode hemat daya akan sangat membantu dalam urusan baterai yang cepat habis. Pada saat mode daya baterai ini aktif maka beberapa fungsi yang terdapat pada hp akan mati secara otomatis dan mengurangi kecerahaan terhadap layar.

Selain itu jika menggunak mode ini, daya baterai akan aman dan terjaga secara otomatis, selanjutnya juga baterai akan tetap sehat. Dengan begitu baterai akan betah di gunakan dalam waktu lama tanpa bolak balik charger.

Demikianlah pembahasan yang berkaitan cara mengatasi baterai hp yang cepat habis dengan enam cara mudah. Namun jika ke enam cara diatas sudah dilakukan tetapi baterai tetap boros maka ada kesalahan di dalam baterai yang saat ini digunakan. Baiknya datanglah ke konter terdekat untuk mengganti baterai hp.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.