Cara Mengirim ShareIt Lewat Bluetooth Tanpa Aplikasi Tambahan

cara mengirim shareit lewat bluetooth tanpa aplikasi

ShareIt merupakan sebuah platform yang khusus dirancang untuk memiliki performa kerja yang lebih cepat. Cara mengirim ShareIt lewat Bluetooth tanpa aplikasi tambahan tentu ingin diketahui mengingat kegunaannya yang cukup penting.

Aplikasi pengirim file ini memungkinkan penggunanya untuk mengirim file ke perangkat lain hanya dengan hitungan menit saja. Kemampuan ini bahkan bisa untuk file dengan ukuran yang cukup besar sekali pun.

Cara Kerja Aplikasi ShareIt

Kecepatan dalam mengirim file membuat aplikasi bernama ShareIt ini sangat diminati para pengguna perangkat telepon pintar. ShareIt yang ukurannya hanya 39 MB ini dapat diunduh oleh pengguna Apple dan Android.

Sebuah aplikasi penuh manfaat tersebut telah tercatat diunduh lebih dari dua miliar pengguna. Bagi pengguna yang masih belum mengetahui cara kerjanya, simaklah penjabaran di bawah ini:

  • Pada dasarnya cara kerja ShareIt sama dengan Bluetooth, hanya saja basisnya adalah sebuah aplikasi pihak ketiga.
  • Pengguna yang ingin memakai aplikasi ini perlu memasangnya di perangkat terlebih dahulu.
  • Selain pengirim, penerima file juga harus sudah memasang ShareIt di perangkatnya, jika tidak maka data tidak dapat terkirim.
  • Sama penggunaannya dengan Bluetooth, perangkat yang akan menggunakan aplikasi ini perlu  mengaktifkan Bluetoothnya.

Jika salah satu perangkat yang akan memakai ShareIt belum mengunduh aplikasi tentu pengiriman file tidak bisa dilakukan. Jadi sebelum memutuskan mengirim file melalui ShareIt, keduanya harus memastikan jika aplikasi telah dipasang.

Kabar baiknya yaitu jika salah satu telah memiliki aplikasi ini pada perangkat, perangkat penerima tidak harus mendownload untuk memiliki ShareIt. Caranya yaitu dengan mengirimkan ShareIt ke perangkat yang satunya tersebut, jadi tidak perlu buang-buang kuota.

Cara Mengirim ShareIt Tanpa Aplikasi Tambahan

Sekarang ini semua perangkat tentu memiliki layanan Bluetooth di sistemnya, fitur inilah yang bisa dipakai untuk kirim ShareIt. Para penggunanya pun tidak perlu untuk menginstal platform atau aplikasi tambahan apapun.

1. Mengirimkan ShareIt Hanya dengan Bluetooth Saja

Cara mengirim ShareIt lewat Bluetooth tanpa aplikasi telah disinggung sedikit pada bahasan di atas. Hal ini bisa dilakukan yaitu dengan memanfaatkan ShareIt yang telah ada di perangkat yang satunya.

  • Pastikan bahwa perangkat pengirim telah memiliki aplikasi ShareIt tersebut.
  • Buka aplikasinya dengan cara mengetuk tepat pada ikon aplikasi yang ada di layar perangkat.
  • Pada halaman awal dari aplikasi tersebut akan ada sebuah opsi untuk Invite atau Undang yang ada di kanan pojok atas tekanlah opsi tersebut.
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi lagi, pilihlah opsi yang bertuliskan Bluetooth untuk mengirim.
  • Jika fitur Bluetooth ternyata belum aktif, maka aktifkanlah seperti biasa.
  • Tunggu sampai proses scanning selesai lalu tekan perintah OK pada Bluetooth penerima.
  • Setelah itu aplikasi ShareIt pun akan dikirim ke perangkat penerima.

2. Mengirim ShareIt Lewat Bluetooth dengan Bantuan Hotspot

Selain hanya memanfaatkan Bluetooth, ShareIt juga dapat dikirimkan dengan bantuan tambahan dari fitur Hotspot. Meskipun cara ini menambahkan Hotspot dalam prosesnya, pengguna sama sekali tidak akan menggunakan kuota internet.

  • Aktifkan terlebih dahulu fitur Bluetooth dan juga Hotspot di perangkat yang akan mengirimkan ShareIt.
  • Setelah itu, aktifkan juga WiFi yang di perangkat penerima lalu sambungkanlah dengan Hotspot milik pengirim.
  • Selanjutnya bukalah aplikasi yang bernama ShareIt tersebut lalu klik perintah Invite atau undang yang letaknya ada di bagian atas, lanjutkan dengan menekan fitur Hotspot.
  • Setelah itu akan muncul sebuah alamat URL, perhatikan URL tersebut yang biasanya adalah kode angka.
  • Ketik kode URL tersebut pada browser yang sudah ada di perangkat milik penerima, maka browser tersebut secara otomatis akan segera mengunduh ShareIt.

Itulah sedikit bahasan cara Shareit bekerja dan cara mengirim ShareIt lewat Bluetooth tanpa aplikasi tambahan. Pengiriman file atau aplikasi dengan memanfaatkan Shareit memang selalu lebih praktis dan cepat dibanding menggunakan Bluetooth.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.