Teknologi

Inilah Aplikasi untuk Melihat Spesifikasi Laptop Paling Lengkap

Pada dasarnya spesifikasi laptop akan menampilkan suatu karakteristik dari perangkat mulai dari prosesor yang digunakan hingga memori yang disediakan. Untuk melihat spesifikasi laptop tersebut pengguna dapat memanfaatkan beberapa aplikasi khusus.

Meskipun sebenarnya bisa dicek hanya dari fitur yang telah disediakan di perangkat laptop namun spesifikasinya terkadang tidak lengkap. Hal terkait informasi yang kurang lengkap itulah yang menjadikan perlunya aplikasi-aplikasi tambahan di bawah ini:

1. Aplikasi CPU-Z

Melihat spesifikasi laptop dengan informasi yang lengkap bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi khusus yang bernama CPU-Z. Aplikasi yang satu ini bisa dipasang dan digunakan di perangkat PC maupun laptop.

CPU-Z tergolong aplikasi freeware yang memiliki kemampuan khusus untuk mengumpulkan informasi tentang CPU pada perangkat. Karena memang diciptakan khusus bagi operasi Windows, maka sistem yang lain belum dapat memanfaatkan aplikasi ini, berikut kemampuan CUP-Z.

  • Dapat memberikan informasi yang detail tentang seluk beluk dari CPU.
  • Memiliki banyak versi yang setiap versinya tertanam keunggulan masing-masing sesuai dengan keperluan penggunanya.
  • Merupakan jenis platform freeware yaitu bisa diakses gratis.

2. Aplikasi Speccy

Dibuat dan dikembagkan oleh sebuah perusahaan yang memang berfokus pada pengembangan tools ini bernama Speccy. Aplikasi buatan Piriform ini mempunyai tampilan antarmuka simpel dengan warna yang nyaman untuk dilihat, kemampuannya yaitu.

  • Bisa menyajikan informasi tentang perangkat keras dengan detail sama sekali tanpa harus membongkar perangkat.
  • Bisa memecahkan berbagai masalah dengan efektif, yaitu dengan melihat komponen¬† untuk dapat menemukan sumber dari masalah yang ada.
  • Menyediakan penyimpanan hasil pemindaian atau snapshot secara langsung.

Saat mengakses Speccy jendela pertamanya akan langsung memperlihatkan summary spesifikasi secara umum dari hardware yang ada. Untuk dapat mengetahui rincian detailnya, pengguna dapat memilih sub hardware lalu spesifikasi lengkapnya akan muncul.

3. Aplikasi PC Wizard

Merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus agar dapat mendeteksi setiap detail informasi lengkap pada komponen hardware pada laptop. Aplikasi bernama PC Wizard ini menu resource, konfigurasi, dan juga kemampuan benchmarking yang baik.

Sementara untuk sekarang ini PC Wizard hanya memunginkan untuk digunakan di sistem operasi bernama Windows. Aplikasi yang bisa diakses tanpa biaya ini memiliki lima buah menu utama yaitu file, tools, hingga help.

4. Aplikasi HWM Blackbox

Merupakan sebuah aplikasi yang memang dibuat untuk memberikan berbagai informasi lengkap tentang komponen di laptop. Komponen yang nantinya akan disajikan informasinya merupakan komponen utama seperti VGA, dan juga motherboard.

HWM Blackbox merupakan aplikasi portable yang penggunaannya tidak perlu diinstal lebih dulu. Sistem operasi yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah Windows, khususnya Windows 7 dan juga Vista.

5. Aplikasi HWiNFO

Meskipun aplikasi ini ukurannya tergolong besar, tetapi sama sekali tidak memberikan sebuah beban yang berat. Aplikasi bernama HWiNFI memiliki sistem monitoring yang tergolong baik pada status aktual ketika sedang digunakan.

  • Informasi dari aplikasi ini juga sangat mendetail dan lengkap.
  • HWiNFO juga menyediakan installer dengan versi portable yang sama-sama bisa digunakan pada sistem operasi versi 32-bit serta 64-bit.
  • Kedua versi dari aplikasi ini tidak mengharuskan lisensi software sehingga bisa dipakai dengan gratis.

6. Aplikasi Astra32

Informasi tentang perangkat keras yang terperinci memang umumnya tidak didokumentasikan sehingga pengguna perlu menggunakan Astra32 untuk mengetahuinya. Selain informasi mengenai perangkat keras, Astra32 juga mampu menganalisis mode kerja dari perangkat.

Itu dia daftar aplikasi untuk melihat spesifikasi laptop yang paling lengkap, semuanya bisa diakses secara cuma-cuma. Mengetahui spesifikasi perangkat yang digunakan akan membuat pengguna lebih memahami kemampuan perangkat tersebut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button