Kenapa Aplikasi Berhenti Berfungsi di Perangkat? Ini Penyebab dan Solusinya

Kenapa Aplikasi Berhenti Berfungsi di Perangkat

Perkembangan aplikasi saat ini semakin pesat dan menawarkan berbagai fungsi yang memudahkan aktivitas sehari-hari, seperti bermain, berbelanja, menonton, belajar, dan lainnya. Namun, terkadang aplikasi tidak berfungsi dengan sempurna, misalnya kesulitan membuka aplikasi atau sering kali aplikasi tiba-tiba keluar. Lantas kenapa aplikasi berhenti berfungsi di perangkat?

Perlu diketahui bahwa, ini bisa menjadi indikasi bahwa aplikasi tersebut mengalami kesalahan. Oleh karenanya, harus diketahui terkait dengan apa penyebab yang mendasarinya.

Ada berbagai alasan mengapa aplikasi bisa bermasalah, namun untungnya ada banyak cara untuk mengembalikannya agar berfungsi normal lagi. Untuk itu, dalam penjelasan kali ini akan diberikan beberapa penyebabnya:

1. Aplikasi Tidak Diperbaharui

Terkadang, Pengguna mungkin merasa enggan untuk memperbarui aplikasi, mungkin karena dianggap merepotkan atau sudah merasa nyaman dengan versi yang lama.  Akibatnya, kinerja perangkat bisa menurun, aplikasi dapat sering mengalami crash, dan bahkan menjadi tidak dapat digunakan dengan optimal.

Selain itu, versi lama aplikasi mungkin memiliki celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh peretas. Pembaruan aplikasi biasanya bertujuan untuk memperbaiki kerentanan dan bug, sehingga memberikan perlindungan lebih baik terhadap ancaman berbahaya.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk memperbarui aplikasi. Pembaruan biasanya tidak memakan waktu lama, tetapi bisa sangat bermanfaat dalam meningkatkan kinerja dan keamanan aplikasi. Langkah-langkah yang bisa Pengguna lakukan untuk memperbarui aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Buka Play Store.
  • Ketuk ikon profilmu di sebelah bilah pencarian atas.
  • Pilih “Kelola aplikasi” dan cek pembaruan yang tersedia.
  • Cari aplikasi yang bermasalah dalam daftar tersebut. Jika ada, ketuk tombol “Perbarui” di sebelahnya untuk menginstal versi terbaru.
  • Atau, Pengguna bisa mengetuk tombol “Perbarui Semua” untuk menginstal semua pembaruan yang tersedia secara bersamaan.

2. Ada Serangan Malware

Meskipun malware sering ditemukan pada PC dan laptop, smartphone juga rentan terhadap infeksi malware. Selain itu, beberapa aplikasi mungkin dirancang khusus untuk menyebarkan program berbahaya atau memantau aktivitas pada smartphone.

Beberapa jenis malware mungkin tidak menampilkan gejala langsung pada perangkatmu, sehingga penting untuk menginstal program antivirus yang terpercaya. Salah satu tanda umum malware di smartphone adalah penurunan kinerja aplikasi, seperti aplikasi yang menjadi lambat, tidak berfungsi, atau macet.

Untuk mengatasi masalah aplikasi yang bermasalah ini, sangat disarankan untuk memasang antivirus yang dapat mendeteksi dan menghapus file serta kode berbahaya sebelum mereka sempat merusak perangkat.

3. RAM Penuh

Salah satu penyebab aplikasi tidak berfungsi adalah ketika RAM mengalami kelebihan beban atau sudah penuh. RAM di smartphone berfungsi untuk menyimpan data sementara, termasuk informasi tentang aplikasi yang sedang digunakan dan aktivitas lainnya yang memerlukan akses cepat.

Namun, kapasitas RAM tidak sebesar penyimpanan jangka panjang dan dapat dengan cepat dipenuhi oleh data lama yang tidak lagi berguna. Jika ini terjadi, kinerja smartphone bisa terganggu akibat kelebihan beban.

Ketika RAM sudah penuh, aplikasi mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk di load atau bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya restart smartphone secara berkala. Dengan mematikan smartphone, RAM akan dibersihkan, sehingga dapat membantu memulihkan kinerja aplikasi seperti sedia kala.

4. Aplikasi Tidak Diperbaharui

Kadang-kadang, Pengguna mungkin merasa enggan untuk memperbarui aplikasi karena merasa itu merepotkan atau karena sudah nyaman dengan versi lama aplikasi tersebut. Namun, jika pembaruan aplikasi diabaikan terlalu lama, perangkat lunak yang digunakan bisa menjadi usang dan tidak dapat berfungsi dengan baik.

Hal ini dapat mengakibatkan kinerja yang menurun, sering terjadinya crash, dan aplikasi yang menjadi hampir tidak dapat digunakan. Selain itu, versi aplikasi yang lama mungkin memiliki celah keamanan yang dapat dimanfaatkan oleh peretas.

Melakukan pembaruan aplikasi secara rutin akan memperbaiki kerentanan dan bug, sehingga meningkatkan keamanan dan melindungi Pengguna dari potensi serangan berbahaya.

Itulah beberapa alasan kenapa aplikasi berhenti berfungsi di perangkat. Selain itu, dalam penjelasan ini juga telah diberikan uraian terkait dengan solusi untuk mengatasinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.