Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android Agar Bisa Memantau Kapanpun

Cara Menghubungkan CCTV ke Hp Android

Untuk memantau keamanan rumah dari jarak jauh, mengetahui cara menghubungkan CCTV ke HP Android menjadi hal penting. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kejahatan yang tidak diinginkan.

Seperti yang telah diketahui bahwa, pemasangan CCTV kini telah menjadi hal umum, baik di perkantoran, tempat umum, maupun di rumah sebagai bagian dari sistem keamanan. Untuk itu, tak heran jika kini sudah banyak yang melakukan pemasangan CCTV di sekitar rumahnya.

Bagi yang sering bepergian dan jarang berada di rumah, panduan tentang cara menyambungkan CCTV ke HP Android ini sangat perlu diperhatikan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa diikuti:

1. Pastikan Cloud Access P2P Aktif

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah Cloud Access P2P sudah diaktifkan dan terhubung ke internet. Cloud Access P2P ini bisa disesuaikan dengan perangkat CCTV yang digunakan. Pastikan juga bahwa koneksi internet dalam kondisi stabil saat mengaktifkan Cloud Access tersebut.

2. Login ke DVR Perangkat

Langkah selanjutnya adalah masuk ke DVR dengan menggunakan akun admin. Untuk melakukannya, pilih dan klik Menu. Ini dilakukan untuk mempermudah pengaturan Cloud Access P2P.

Setelah itu, lanjutkan dengan memilih menu Network dan klik opsi yang tersedia, yaitu Platform Access. Opsi ini kadang-kadang juga muncul dengan nama lain, seperti Cloud P2P Setting.

3. Simpan Kode

Langkah ketiga, setelah melakukan login, pengguna akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi agar dapat menambahkan DVR ke aplikasi VMS atau CMS melalui fitur Cloud P2P. Pastikan pengguna menyimpan kode verifikasi ini dan kemudian memasukkannya ke dalam aplikasi VMS/CMS yang dimaksud.

Jika DVR telah terhubung dengan internet, status Register akan berubah menjadi Online. Selanjutnya, pengguna perlu menyegarkan halaman untuk memeriksa statusnya.

4. Lakukan Setting Aplikasi dari VMS/CMS

Langkah keempat untuk menghubungkan CCTV ke HP Android adalah dengan melakukan pengaturan aplikasi VMS/CMS. Pastikan pengguna telah mengunduh aplikasi VMS/CMS sesuai dengan merek CCTV yang digunakan.

Setelah membuka aplikasi, pilih opsi Setting dan masuk ke Device Management. Selanjutnya, klik Tab Server dan pilih menu Add New Device Type. Centang perangkat CCTV yang digunakan dan klik OK. Setelah login, lanjutkan dengan memilih Add Device dan masukkan serial number DVR.

5. Input Kode Konfirmasi yang Ada

Langkah kelima, masukkan kode konfirmasi yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian, tekan tombol OK. Pastikan untuk memeriksa kembali kode tersebut agar tidak ada kesalahan atau kekeliruan.

Jika kode sudah benar, beberapa saat kemudian akan muncul daftar perangkat yang menampilkan jenis dan nomor seri DVR yang telah dimasukkan sebelumnya.

6. Sambungkan CCTV dengan Android

Langkah keenam adalah menginstal aplikasi CCTV pada ponsel Android yang digunakan. Setelah itu, tambahkan perangkat CCTV yang telah terdaftar dalam aplikasi tersebut.

Pada tahap ini, pengguna perlu memasukkan kode atau menggunakan QR code. Setelah perangkat CCTV berhasil terhubung dengan ponsel, cek tampilan yang muncul, termasuk rekaman CCTV secara real-time.

7. Atur Aplikasi CCTV di Android

Setelah langkah-langkah di atas selesai, pengguna dapat memantau CCTV melalui HP Android. Untuk pengalaman yang lebih nyaman, pastikan pengguna mengatur konfigurasi kamera terlebih dahulu. Pengguna dapat mengatur deteksi gerakan, frekuensi, dan lainnya melalui menu aplikasi yang tersedia di smartphone yang digunakan.

Itulah uraian terkait dengan cara menghubungkan CCTV ke hp android. Tentunya hal ini bisa dilakukan sendiri sesuai dengan tahapan yang telah diberikan dalam uraian ini. Pastikan mengikuti langkah sesuai dengan arahan yang ada.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.