7 Tips Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Agar Tetap100 dan Awet

Tips Menjaga Kesehatan Baterai iPhone Agar Tetap100

Baterai merupakan komponen penting bagi iPhone, menyediakan daya yang diperlukan agar perangkat bisa mendukung aktivitas harian. Namun, seiring waktu, performa baterai akan menurun, yang terlihat dari persentase kesehatan baterai yang terus berkurang. Sebenarnya ada beberapa tips menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap 100.

Seperti yang telah diketahui bahwa, kesehatan baterai pada iPhone menunjukkan persentase kapasitas maksimum baterai dibandingkan dengan saat pertama kali digunakan. Semakin tinggi persentasenya, semakin optimal performa baterai tersebut.

Apple merancang iPhone sedemikian rupa agar kesehatan baterai tetap berada pada 80% setelah 500 siklus pengisian daya. Siklus ini dihitung setiap kali baterai dikosongkan hingga 0% dan kemudian diisi penuh kembali.

Penurunan kesehatan baterai dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk usia baterai, kebiasaan pengisian daya, suhu ekstrem, dan aplikasi yang sering digunakan. Berikut beberapa tips untuk menjaga agar kesehatan baterai iPhone tetap tinggi:

1. Gunakan Charger iPhone Original

Meskipun harga charger KW atau imitasi lebih murah, sangat disarankan untuk menghindari penggunaannya. Sebaiknya, gunakan charger iPhone asli dengan garansi resmi dari iBox.

Dengan menggunakan charger asli, arus listrik yang masuk akan lebih stabil, sehingga baterai tidak mudah rusak.

2. Reset iPhone ke Setelan Pabrik

Tips menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap 100 yang selanjutnya, bisa lakukan reset iPhone ke setelan pabrik. Untuk memulihkan kondisi baterai, kamu dapat mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik.

Mengatur ulang ke pengaturan pabrik akan menghapus data yang telah terakumulasi, sehingga dapat mengurangi beban pada ponsel. Namun, sebelum melakukan reset, pastikan untuk melakukan cadangan data agar data-data penting di iPhone tidak hilang.

3. Perbarui iOS

Pastikan iPhone kamu selalu menggunakan versi iOS terbaru. Pembaruan iOS sering kali membawa peningkatan dalam optimisasi baterai. Saat melakukan pembaruan iOS, pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang andal dan tanpa batas, seperti Netciti, agar proses pembaruan dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala.

4. Isi Ulang Baterai Sebelum Lowbat

Perlu diingat bahwa membiarkan iPhone mati karena kehabisan baterai dapat menyebabkan efek negatif. Mengisi daya baterai ketika sudah mencapai 0% juga tidak disarankan karena dapat merusak komponen baterai.

Oleh karena itu, disarankan untuk membiasakan diri mengisi baterai iPhone sebelum baterai benar-benar habis. Biasanya, layar iPhone akan memberikan notifikasi ketika daya baterai tersisa 20 persen.

Namun, hindari mengisi daya ketika baterai dalam kondisi panas, karena aliran listrik yang masuk bisa menjadi tidak stabil. Akibatnya, baterai akan lebih cepat terkuras.

5. Optimalkan Pengaturan Baterai

Untuk menghemat daya baterai ketika hampir habis, aktifkan mode hemat daya, nonaktifkan fitur yang tidak diperlukan seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS, turunkan kecerahan layar, pilih wallpaper statis, aktifkan Auto-Brightness, dan manfaatkan mode gelap.

6. Hindari Pengisian Daya Berlebih

Untuk menghindari masalah, cabut iPhone dari pengisi daya setelah baterai terisi penuh dan jangan biarkan perangkat mengisi daya semalaman. Selalu gunakan pengisi daya resmi dari Apple atau yang memiliki sertifikat MFi (Made For iPhone).

7. Atur Suhu Ideal

Hindarilah paparan suhu yang ekstrem pada iPhone. Gunakan perangkat di lingkungan yang sejuk dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Selain itu, lepaskan casing saat iPhone sedang melakukan pengisian daya atau digunakan untuk aplikasi yang memerlukan kinerja tinggi.

Itulah uraian terkait dengan beberapa tips menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap 100. Sehingga dengan menerapkan beberapa tips yang telah disebutkan, maka kesehatan baterai di hp iPhone akan dapat tetap 100%.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.