Cara Menghilangkan Virus di HP Samsung dengan Factory Reset dan Pencopotan Aplikasi

cara menghilangkan virus di hp samsung

Virus pada smartphone adalah sejenis malware yang dapat mengganggu sistem perangkat. Hal ini juga dapat terjadi di smartphone merk Samsung. Namun sebenarnya, cara menghilangkan virus di Hp Samsung ini bisa dilakukan dengan beberapa metode.

Jika ditemukan virus pada ponsel, pengguna disarankan untuk membersihkannya agar kinerja ponsel kembali normal. Untuk itu, bisa lakukan sesuai dengan prosedur yang ada. Hal ini tentu harus dilakukan dengan hati hati.

Namun sebelum melakukan penghilangan virus, maka bisa dilakukan scan virus apa saja yang ada di Hp Samsung tersebut. Setelah selesai, baru bisa melanjutkan penghapusan virus yang ada dalam smartphone tersebut.

Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan virus di Hp merk Samsung? Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

Cara Scan Virus di Hp Samsung

Sebelum menghapus virus dari HP Samsung, pengguna harus memindai perangkat terlebih dahulu untuk memastikan apakah ada virus yang mengganggu atau jika penurunan kinerja ponsel disebabkan oleh masalah lain.

HP Samsung sudah dilengkapi dengan fitur pemindai virus bawaan, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi dari pihak ketiga. Berikut adalah langkah-langkah untuk memindai virus di HP Samsung melalui pengaturan ponsel, yang diambil dari laman resmi Samsung:

  • Buka pengaturan ponsel dan masuk ke menu ‘Battery and Device Care’.
  • Pilih ‘Device protection’.
  • Tekan tombol ‘Scan’ dan tunggu hingga proses pemindaian selesai.
  • Setelah pemindaian selesai, hasilnya akan ditampilkan di layar, menunjukkan apakah ada virus yang menyerang HP Samsung atau tidak.
  • Selesai.

Cara Menghilangkan Virus di Hp Samsung

Setelah selesai melakukan scan virus di Hp Samsung, maka bisa dilanjutkan dengan proses menghilangkan virus di Hp Samsung. Adapun cara yang bisa dilakukan ini bisa dengan melakukan factory reset dan mencopot aplikasi yang terserang virus. Berikut diantaranya:

1. Melakukan Factory Reset

Sebagian besar virus pada ponsel pintar dapat dihapus dengan melakukan reset pabrik. Sebelum melakukan ini, pastikan untuk mencadangkan data penting karena reset pabrik akan menghapus semua data dari ponsel.

Setelah mencadangkan data dan dokumen penting di ponsel Samsung, ikuti langkah-langkah berikut untuk mereset ponsel ke pengaturan awal. Berikut ini adalah cara menghapus virus di HP Samsung dengan factory reset:

  • Buka Pengaturan. Akses menu pengaturan ponsel dengan menekan ikon aplikasi berbentuk gear.
  • Pilih Factory Data Reset. Gulir layar ke bawah dan temukan opsi ‘Factory data reset’.
  • Klik Reset. Tekan opsi ‘Reset’ untuk memulai proses. Masukkan kata sandi layar sebagai konfirmasi.
  • Proses Reset Dimulai. Tekan ‘Delete All’ untuk menghapus semua data, termasuk virus di HP Samsung. Tunggu hingga proses reset selesai.
  • Selesai. Setelah reset pabrik selesai, ponsel akan kembali ke menu utama Samsung.

2. Mencopot Aplikasi yang Terserang Virus

Biasanya, aplikasi yang terinfeksi virus berasal dari sumber yang tidak diketahui, seperti aplikasi yang diunduh bukan dari Google Play Store. Untuk menghapus virus dari HP Samsung, pengguna dapat mencopot aplikasi tersebut dengan langkah-langkah berikut:

  • Tahan ikon aplikasi yang diduga terinfeksi virus.
  • Pilih ‘Uninstal’ atau klik ikon berlogo ‘-‘ di pojok aplikasi.
  • Tunggu hingga proses pencopotan selesai.
  • Proses selesai.

Itulah uraian terkait dengan cara menghilangkan virus di hp samsung yang bisa dilakukan dengan mudah dan juga simpel. Namun sebelum melakukannya, kita wajib melakukan scan virus yang ada di Hp SamsungĀ  terlebih dulu.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.