5 Cara Cek Suhu CPU Laptop dengan dan Tanpa Aplikasi Tambahan Untuk Hindari Overheat

Cara Cek Suhu CPU Laptop

Salah satu masalah umum yang sering dihadapi oleh perangkat elektronik, termasuk laptop, adalah overheating. Kondisi ini terjadi ketika suhu laptop meningkat secara signifikan akibat panas berlebih. Oleh karenanya harus mengetahui berbagai cara cek suhu CPU laptop yang bisa dilakukan.

Penyebab utama dari masalah ini adalah kerja berlebihan dari CPU, yang menghasilkan panas yang dapat membuat permukaan laptop terasa sangat panas saat disentuh. Jika tidak segera ditangani, overheating dapat mengakibatkan kerusakan pada berbagai komponen di dalam laptop.

Untuk mencegah overheating pada laptop, pengguna dapat menerapkan beberapa langkah, salah satunya adalah dengan memantau suhu CPU secara berkala. Dengan rutin memeriksa temperatur laptop, pengguna dapat menyesuaikan cara penggunaan perangkat, sehingga risiko overheating dapat diminimalkan dan keawetan laptop dapat terjaga.

Oleh karenanya, dalam penjelasan ini akan diberikan sebuah cara yang bisa dilakukan untuk mengecek suhu dari CPU tanpa bantuan aplikasi dan juga menggunakan aplikasi tambahan. Simak uraian berikut ini:

Cara Cek Suhu CPU Laptop Tanpa Aplikasi

Untuk memeriksa suhu laptop tanpa aplikasi tambahan, Pengguna dapat menggunakan BIOS (Basic Input Output System). BIOS merupakan sistem yang terintegrasi dalam Windows 10 dan 11, yang memberikan informasi mengenai CPU perangkat, termasuk suhu. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek temperatur CPU laptop melalui BIOS:

  • Pastikan laptop dalam keadaan mati terlebih dahulu dengan melakukan shutdown.
  • Nyalakan kembali laptop, dan saat proses booting (sebelum masuk ke Windows), tekan tombol F2.
  • Pengguna akan diarahkan ke menu BIOS.
  • Di dalam BIOS, cari bagian yang menunjukkan informasi suhu laptop.
  • Untuk keluar dari menu BIOS, klik tombol Exit dan restart laptop Pengguna.

Cara Cek Suhu CPU Laptop dengan Aplikasi Tambahan

Jika cara pertama tidak berhasil untuk dilakukan, maka masih ada opsi lain yang bisa dilakukan yakni dengan menggunakan aplikasi tambahan. Berikut cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Menggunakan HWMonitor

Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi HWMonitor untuk memantau suhu CPU dan GPU pada laptop Pengguna. Berikut adalah langkah-langkah untuk memeriksa suhu laptop menggunakan HWMonitor:

  • Unduh dan instal aplikasi HWMonitor di laptop Pengguna.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka dan jalankan aplikasi tersebut.
  • Informasi mengenai suhu laptop akan ditampilkan di jendela aplikasi HWMonitor.

2. Menggunakan CPU Thermometer

Pengguna juga dapat memanfaatkan aplikasi CPU Thermometer, yang memiliki ukuran file lebih kecil dibandingkan aplikasi serupa lainnya. Untuk memeriksa suhu laptop dengan menggunakan CPU Thermometer, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi CPU Thermometer.
  • Setelah itu, buka aplikasi dan jalankan seperti biasa di laptop Pengguna.
  • Pengguna dapat memeriksa suhu CPU pada laptop di bagian Temperatures.

3. Menggunakan Aplikasi Speedfan

Pengguna dapat memanfaatkan aplikasi Speedfan untuk memantau suhu laptop Pengguna. Selain fungsi pemantauan suhu, Speedfan juga memungkinkan Pengguna mengatur kecepatan kipas perangkat. Untuk menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi Speedfan dan instal di laptop Pengguna.
  • Buka aplikasi dan jalankan seperti biasanya.
  • Di dalam aplikasi, Pengguna akan menemukan jendela dengan berbagai menu yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, termasuk menu Temperatures dan Fan Control.

4. Menggunakan MSI Afterburner

Pengguna dapat memanfaatkan MSI Afterburner, sebuah aplikasi yang berguna untuk memantau suhu laptop saat bermain game atau menggunakan program desain grafis. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memantau performa CPU ketika digunakan dalam aktivitas gaming atau saat menjalankan software desain.

Untuk memeriksa suhu laptop menggunakan MSI Afterburner, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh dan pasang aplikasi MSI Afterburner.
  • Setelah terinstal, buka dan jalankan aplikasinya.
  • Pengguna akan melihat informasi mengenai suhu laptop Pengguna di layar.
  • Pengguna juga bisa menjalankan game sambil tetap membuka MSI Afterburner agar dapat memantau suhu laptop secara real-time.

Itulah uraian terkiat dengan beberapa cara cek suhu CPU laptop yang bisa dilakukan. Dalam penjelasan ini telah diberikan uraian cara yang bisa dilakukan baik menggunakan aplikasi ataupun tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.