6 Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali, Agar Lebih Tahan Lama

Cara Membuat Baterai Hp Awet Kembali

Mengetahui cara membuat baterai awet kembali ini sangat penting, terutama jika Pengguna bergantung pada perangkat tersebut untuk kegiatan sehari-hari. Saat ini, ponsel telah menjadi barang yang sangat diperlukan oleh hampir semua orang.

Baterai merupakan elemen krusial dalam berbagai perangkat, termasuk smartphone. Kapasitas baterai yang besar memungkinkan penggunaan perangkat dalam jangka waktu yang lebih lama.

Namun, tidak semua ponsel Android dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Oleh karena itu, diperlukan strategi tertentu untuk menjaga daya baterai agar tetap awet.

Lalu, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android agar tahan lebih lama? Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Aktifkan Dark Mode

Jika ponsel Android yang Pengguna miliki dilengkapi dengan layar AMOLED, sebaiknya pilih latar belakang yang berwarna gelap. Metode ini dapat memperpanjang masa pakai baterai, karena layar AMOLED hanya mengaktifkan piksel dengan warna tertentu.

Piksel yang berwarna hitam atau gelap menggunakan lebih sedikit energi, sehingga pendekatan ini bisa menjadi solusi untuk menjaga agar baterai tetap tahan lama selama berjam-jam.

2. Kurangi Cahaya Ponsel

Dalam kondisi gelap, Pengguna mungkin perlu meningkatkan kecerahan layar ponselmu. Sebaliknya, di lingkungan yang terang, kecerahan tinggi tidak diperlukan.

Seringkali, Pengguna mungkin lupa untuk menyesuaikan tingkat kecerahan setelah mengambil foto atau selfie, sehingga cahaya layar tetap tinggi. Hal ini dapat menyebabkan baterai ponselmu cepat habis.

Salah satu cara untuk menghemat daya baterai ponsel adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan dan pilih opsi Tampilan.

Di sana, Pengguna akan menemukan pengaturan kecerahan layar. Turunkan kecerahan sesuai kebutuhan agar baterai dapat bertahan lebih lama.

Selain itu, ada cara yang lebih cepat. Cukup tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka notifikasi. Di bagian bawah layar, Pengguna bisa menyesuaikan kecerahan sesuai keinginanmu.

3. Matikan Layar Kunci

Setelah beberapa menit tidak digunakan, umumnya layar ponsel akan mati dan menampilkan layar kunci. Di layar tersebut, biasanya akan terlihat informasi mengenai tanggal dan waktu.

Meskipun tampak sepele, layar kunci dapat berkontribusi terhadap pengurasan daya baterai. Untuk menghemat daya baterai ponsel, salah satu cara yang bisa Pengguna lakukan adalah dengan mematikan fungsi layar kunci.

4. Aktifkan Mode Pesawat

Mengaktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode dapat membantu menghemat daya baterai pada perangkat Android. Hal ini disebabkan oleh penggunaan koneksi internet yang dapat menguras baterai ponsel.

Namun, dengan mengaktifkan mode ini, ponsel akan berfungsi dalam keadaan offline. Fitur ini sangat berguna ketika pengguna tidur dalam perjalanan atau saat tidak memerlukan akses internet pada ponsel.

5. Hindari Aplikasi yang Terus Berjalan

Uninstall aplikasi yang tidak diperlukan, karena aplikasi yang aktif di latar belakang dapat mengurangi daya tahan baterai ponsel.

Secara berkala, periksalah aplikasi yang sedang berjalan. Jika ada aplikasi yang tidak digunakan, sebaiknya hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut.

6. Matikan GPS

Salah satu metode yang paling efektif untuk menghemat daya baterai ponsel adalah dengan menonaktifkan sementara fitur GPS. Hal ini dijelaskan di situs Developer Android.

Untuk melakukannya, pengguna hanya perlu mengakses Pengaturan, kemudian pilih Keamanan & lokasi, dan geser tombol Lokasi untuk mematikan opsi tersebut.

Itulah uraian terkait dengan beberapa cara membuat baterai awet kembali yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun awet atau tidaknya baterai biasanya akan tergantung dari pemakaian smartphone tersebut.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.