Kelas XII (12)PKK

Sejarah Produksi Massal Produk Perangkat Keras | PKK

Sejarah Produksi Massal Produk Perangkat Keras | PKK  Baiklah disini saya akan menjelaskan serta sharing kepada teman – teman dan melanjutkan pembahasan sebelumnya yaitu Pengertian Dan Konsep Umum Produksi Massal | PKK terkait Pembelajaran TKJ dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan atau biasa disebut dengan PKK, alangkah baiknya anda melihat – lihat terlebih dahulu pada pembahasan sebelumnya agar lebih dapat dimengerti. Pada saat ini saya akan membahas tentang sejarah produksi massal produk perangkat keras. Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.


sejarah-produksi-massal-produk-perangkat-keras


Dalam bagian ini, saya akan membahas sejarah produksi massal perangkat keras, yakni perangkat keras komputer.

Pada tahun 1953, IBM Endicott yang berlokasi di New York mengumumkan produk bernama IBM 650. IBM 650 merupakan produk perangkat keras komputer yang pertama kali di produksi secara massal. Antara 1953 – 1962, sebanyak 2000 sistem telah dihasilkan untuk meningkatkan performa IBM 650.

IBM 650 telah membawa bidang komputer ke dalam tingkatan yang lebih tinggi. Selain itu, IBM 650 memiliki ketahanan yang tidak dimiliki oleh komputer – komputer produksi sebelumnya. Pada produk IBM 650, komputer akan mengulang kembali proses jika terdapat error di dalam sistem. Fitur tersebut pada zaman dahulu dianggap sebgai fitur yang baru, karena pada produk sebelumnya pengguna harus mematikan komputer secara paksa jika terjadi error.

Pada waktu peluncuran IBM 650, pihak IBM mengatakan bahwa produk tersebut akan membuat perdagangan akan beralih ke konsep penyimpanan data.

Pada awalnya, IBM 650 diprediksi akan terjual hanya 50 unit. Tetapi pada tahun 1955, IBM 650 sudah terjual hingga 75 unit dan pihak IBM diminta untuk menambah kapasitas produksi hingga 700 buah yang mana jumlah tersebut akan habis hanya dalam jangka waktu beberapa tahun mendatang. Jika dihitung secara keseluruhan, hampir 2000 IBM 650 diproduksi pada tahun 1960-an. Sebagai catatan, pada masa itu, pabrik komputer lain tidak ada yang memproduksi sebanyak itu.



Nah, begitulah penjelasan tentang sejarah produksi massal produk perangkat keras. Menarik bukan? Jika anda suka, share ke teman atau keluarga anda sehingga kita bisa saling mempelajari ilmu – ilmu terkait pembahasan di artikel ini. Jika ada yang kurang dimengerti silahkan komentar dibawah yah 😄😄😄.

Jika anda ingin mencari atau melanjutkan pembahasan terkait dengan pembelajaran PKK silahkan cek di link berikut : Klik Disini

Demikianlah artikel pembahasan materi yang berjudul Sejarah Produksi Massal Produk Perangkat Keras | PKK. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button