5 Tips Belajar TOEFL Paling Ampuh

Tips belajar TOEFL adalah informasi yang tentunya sangat dibutuhkan oleh pihak-pihak yang sedang fokus untuk meraih sertifikat dan skornya. Dengan tips-tips yang jelas, maka bisa jadi proses belajar juga akan lebih terarah. Hal ini juga bisa menunjang kualitas belajar menjadi lebih baik.

Untuk itu, pada artikel ini akan diberikan lima poin tips utama yang diperlukan untuk belajar TOEFL. Setiap poin tips tentunya tidak bisa disepelekan dan harus diperhatikan dengan baik. Untuk lebih jelasnya, simak detail uraian yang ada di bagian bawah ini:

1. Pahami Jenis Soal TOEFL

Tips pertama yang wajib untuk diperhatikan adalah dengan memahami jenis soal di TOEFL. Pada tes ini, ada tiga bagian soal yang nantinya akan diujikan. Pertama ada listening, kemudian ada structure & written, serta yang terakhir ada reading. Semua bagian ini tentu memiliki golongan soal yang berbeda.

Bahkan, perintah soalnya juga tidak akan sama dan harus diselesaikan dengan langkah berbeda. Dengan demikian, siapa saja yang akan menjalani tes TOEFL harus mengikuti semua panduan yang ada dengan baik. Apabila tidak paham dengan jenis-jenis soalnya, maka akan sangat berisiko.

Lebih baik, setiap skill yang nantinya akan diujikan harus dikembangkan sedemikian rupa. Apabila lemah di bagian listening, maka pastikan untuk lebih banyak mendalaminya. Hal ini juga berlaku untuk bagian soal lain baik itu structure maupun reading yang akan diujikan.

2. Rajin Membuat Catatan

Kemudian, pastikan juga untuk rajin dalam membuat catatan. Meski terdengar sepele, sebenarnya membuat catatan ini akan sangat berguna dalam proses belajar TOEFL. Semakin sering membuat catatan, maka pikiran akan terbiasa mengingatnya bersamaan dengan proses mencatat.

Kalau perlu, buat catatan yang unik dan menarik minat. Dengan demikian, catatan tersebut akan sering dibuka dan tidak akan bosan untuk dipahami. Hal ini termasuk proses yang sangat efektif untuk dijalankan selama proses pembelajaran TOEFL dilakukan.

3. Sering Ikut Try Out TOEFL

Tips belajar TOEFL selanjutnya adalah dengan mengikuti try out TOEFL sebanyak-banyaknya. Semakin banyak latihan, maka tubuh dan pikiran akan semakin terbiasa memahami dan menyelesaikan soal. Apalagi jika ini dijalankan secara rutin, maka akan sangat bermanfaat.

Jadi mulai saat ini, pastikan untuk sering melakukan proses latihan yang diadakan pihak manapun. Jika sudah terbiasa, maka akan tertantang untuk menyelesaikan soal lain yang tentunya lebih sulit. Aspek ini tentunya akan sangat fungsional dan berguna dalam proses belajar yang sedang dikembangkan.

4. Perbanyak  Vocabulary

Vocabulary tentunya juga harus dikembangkan dan diperbanyak. TOEFL sangat mengedepankan kosakata yang banyak untuk dimasukkan dalam soal. Hal ini tentunya memaksa pihak yang mengikuti tes untuk memahami setiap makna dari kosakata yang dipakai.

Dengan demikian, jumlah kosakata yang dipelajari juga akan sangat berpengaruh. Semakin banyak kosakata yang dipahami, maka proses penyelesaian soalnya akan lebih baik. Hal ini juga bisa membuat penyelesaian soal TOEFL menjadi lebih cepat.

5. Luangkan Waktu Paling Tidak 2 Jam

Pasti banyak yang bertanya berapa lama belajar TOEFL yang disarankan. Sebenarnya, belajar TOEFL ini paling tidak harus dijalankan selama dua jam secara rutin untuk setiap harinya. Jika proses ini dilakukan secara terus-menerus, maka nantinya proses belajar akan lebih cepat membuahkan hasil.

Itulah lima tips belajar TOEFL yang harus dipahami dengan baik. Pastikan setiap detailnya ditelaah dan jangan sampai ada yang disepelekan. Dengan demikian, proses belajar bisa lebih baik dan tentunya bisa memberikan hasil TOEFL yang lebih mencukupi untuk berbagai kebutuhan.


Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.