7 Prospek Kerja Psikologi Islam yang Menjanjikan

Ilmu psikologi yang mengarah pada ajaran Islam dengan jurusan psikologi Islam. Selain untuk menemukan ilmu yang lebih dalam, alasan seseorang memutuskan untuk mengambil jurusan ini ketika kuliah. Salah satunya melihat prospek kerja psikologi Islam yang relatif baik dalam masyarakat.

Seperti diketahui, psikologi Islam saat ini memang banyak dibuka oleh universitas di Indonesia. Ilmu yang diarahkan lebih mengarah tentang manusia dengan referensi dari hukum Islam. Sebagai informasi, berikut beberapa prospek kerja yang bisa diraih oleh lulusan psikologi Islam:

1. Staf HRD

Lulusan psikologi Islam bisa bekerja dalam satu perusahaan dengan posisi staf HRD. Profesi ini sangat berkaitan dengan ilmu yang sudah dipelajari selama kuliah. Keunggulan staf HRD pada sebuah perusahaan yang sangat dibutuhkan untuk menjaring lamaran kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Seorang HRD berkewajiban dalam melihat potensi dan kepribadian yang dimiliki oleh pelamar kerja. Itulah posisi ini sangat penting untuk menentukan siapa saja yang diterima perusahaan. Adapun penghasilan HRD yang dapat diraih mulai dari Rp4 juta ke atas.

2. Psikolog

Sejatinya pilihan profesi yang paling utama bagi seorang lulusan psikologi yaitu menjadi psikolog handal. Profesi ini mengemban banyak tugas sebagaimana halnya bidang ilmu yang telah ditekuni. Prospek kerja psikologi juga berlaku ketika mengambil jurusan psikologi Islam saat kuliah.

Seorang psikolog bekerja dengan cara menangani berbagai masalah yang dihadapi klien. Dengan profesi ini, pendapatan yang dihasilkan relatif besar. Seorang psikolog handal dapat mengumpulkan rupiah untuk satu sesi konsultasi dengan klien, sehingga apabila prospek kerja psikologi Islam cukup memadai.

3. Terapi

Bagi anak berkebutuhan khusus, masa pertumbuhannya harus didampingi oleh orang tua dan terapis. Profesi ini sesuai dengan apa yang sudah dipelajari ketika kuliah di jurusan psikologi Islam. Bila menekuni terapis profesi, maka pendapatan yang dapat diterima mulai dari Rp3 juta.

4. Konselor

Profesi lain yang sesuai dengan lulusan psikologi Islam, yaitu konselor. Tugas dari pekerjaan ini yaitu memberikan konseling yang umumnya dibutuhkan oleh perusahaan. Konselor bertanggung jawab untuk memberikan konseling pada karyawan yang sedang membutuhkannya.

Selain perusahaan, prospek kerja psikologi Islam lainnya yaitu menjadi konselor LSM. Seorang konselor LSM dapat memberikan masukan untuk menyelesaikan berbagai masalah dari klien. Gaji dari pekerjaan ini dinilai sangat dijanjikan, sebab pendapatan konselor dapat mencapai hingga Rp10 juta.

5. Guru BK

Lulusan psikologi Islam juga mendukung untuk bekerja di sekolah sebagai seorang guru BK. Adapun tugas yang harus dilaksanakan yaitu memberikan bimbingan pada murid di sekolah tempat bekerja. Besar penghasilan seorang guru BK mulai dari Rp3 juta per bulan.

6. Guru Pendidikan Agama Islam

Selain profesi sebagai guru BK, lulusan psikologi Islam juga memiliki prospek kerja sebagai guru pendidikan agama Islam. Sebab, materi tentang ajaran agama Islam telah diajarkan selama masa kuliah. Dengan demikian, dasar-dasar ilmu agama tersebut telah diterima sebagai bekal untuk mengajar.

Menekuni pekerjaan ini cukup dijanjikan, apalagi guru merupakan profesi yang membanggakan dan berjasa. Dengan menjadi guru, maka ilmu yang diterima saat kuliah bisa diaplikasikan dengan baik. Adapun gaji guru pendidikan agama Islam mulai dari Rp3 juta per bulan.

7. Motivator

Saat ini profesi sebagai motivator memang banyak dibutuhkan masyarakat. Sebagai motivator, kewajiban yang harus dilakukan yaitu memberikan motivasi dan semangat pada orang yang memerlukan. Dari pekerjaan tersebut, motivator dapat menghasilkan pendapatan mulai Rp2 juta.

Itulah 7 prospek kerja psikologi Islam yang akan menjadi motivasi untuk mulai menekuni bidang pengetahuan ini. Masih banyak profesi yang berkaitan dengan bidang tersebut. Selain itu oleh seseorang peluang kerja yang baik, memperdalam ilmu psikologi Islam sangat tepat bagi seseorang yang ingin memperdalam wawasan tentang agama.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.