Jurusan Akuntansi Kerjanya Apa? Simak Penjelasannya!

Salah satu hal yang dipertimbangkan saat hendak memilih jurusan di perguruan tinggi adalah seberapa luas peluang karir di masa depan. Begitu pula jika ingin menekuni studi akuntansi, perlu mengetahui nantinya jurusan akuntansi kerjanya apa saja dan bagaimana tingkat kesulitan pekerjaannya.

Oleh karena itu, simaklah prospek karir jurusan akuntansi supaya lebih dapat mempersiapkan diri saat belajar dan menjelang kelulusan. Penjelasan detailnya dapat disimak dan dicermati pada uraian di bawah ini:

1. Akuntan Publik

Salah satu pekerjaan yang paling banyak ditekuni usai lulus dari jurusan akuntansi adalah menjadi akuntan publik. Jenis pekerjaan ini dapat dijalankan secara individu maupun berkelompok di suatu kantor akuntan publik. Untuk menjalankan profesi ini, dibutuhkan pemahaman akuntansi yang mendalam.

Selain itu, dibutuhkan pula pemahaman mengenai regulasi perpajakan dan penggunaan teknologi komputer. Hal ini dikarenakan, seorang akuntan publik bertugas menyiapkan dan menganalisis bermacam laporan serta dokumen keuangan, termasuk perpajakan. Jasa akuntan publik sering dibutuhkan oleh banyak perusahaan industri.

2. Account Officer

Account officer adalah pekerjaan yang tepat untuk menjawab pertanyaan jurusan akuntansi kerjanya apa. Tugas dari account officer yaitu memasarkan produk yang dihasilkan perusahaan kepada calon nasabah potensial. Lantas, melaksanakan monitoring pembiayaan supaya nasabah tersebut menjalankan kewajiban pembayaran pada perusahaan.

Bukan hanya itu, account officer juga berkewajiban untuk menjalin hubungan yang baik dengan seluruh nasabah. Sederhananya, account officer adalah pihak yang mengurus segala sesuatu terkait dengan klien. Account officer, juga harus mampu mengukur tingkat risiko agar tidak salah memilih nasabah.

3. Financial Analyst

Peluang karir selanjutnya bagi lulusan akuntansi adalah financial analyst. Beberapa tugas dari financial analyst yaitu menilai stabilitas usaha, profitabilitas usaha ataupun proyek, dan menganalisis keuangan usaha. Selanjutnya, hasil analisis disajikan dalam laporan yang berbentuk rasio kepada para pimpinan perusahaan.

Dari hasil analisis itulah pimpinan perusahaan akan menentukan apakah sebaiknya melanjutkan operasional perusahaan atau tidak. Tugas lainnya yang bisa diemban oleh financial analyst, yakni pembelian bahan baku untuk proses produksi, pembelian atau penyewaan mesin, dan negosiasi pinjaman ke bank.

4. Internal Auditor

Jika menjumpai pernyataan lulusan jurusan akuntansi kerjanya apa? Maka, salah satu jawaban tepat atas pertanyaan itu adalah bekerja sebagai internal auditor. Internal auditor merupakan jenis pekerjaan yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam bidang apapun.

Peran internal auditor sangat penting, karena bertugas memastikan hasil laporan keuangan telah sesuai realisasi penggunaannya. Bukan itu saja, internal auditor juga wajib memastikan seluruh manajemen dalam perusahaan melaksanakan kinerjanya secara efisien tanpa penyelewengan dana.

5. Assistant Controller

Karir sebagai assistant controller juga menjadi salah satu jenis pekerjaan yang tepat ketika mempertanyakan jurusan akuntansi kerjanya apa. Kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang assistant controller yaitu kemampuan analisis, teknologi, organisasi, serta komunikasi. Sebab, assistant controller berkaitan dengan banyak divisi.

Tugas dari assistant controller yaitu mendukung control perusahaan dalam berbagai urusan yang berkaitan dengan akuntansi. Entah itu akuntansi keuangan perusahaan, akuntansi manajerial, hingga akuntansi lanjutan. Maka, tidak mengherankan jika dibutuhkan pengalaman minimal 5 tahun sebelum terjun menjadi assistant controller.

6. Manajer Akuntansi

Tugas manajer akuntansi adalah mengelola serta mengawasi melakukan pengelolaan dan pengawasan terhadap departemen akuntansi dan bidang-bidang yang terkait pelaporan keuangan. Lalu, manajer akuntansi juga perlu memelihara prinsip akuntansi serta menyusun praktik terbaik dalam pengumpulan dan analisis informasi.

Seorang manajer akuntansi biasanya akan dimintai saran terkait strategi keuangan, pelaporan keuangan, serta perkiraan anggaran. Oleh karena itu, wajib untuk memahami prinsip akuntansi secara umum.

Demikian ulasan tentang jurusan akuntansi kerjanya apa saja sekaligus tugas-tugas dan kemampuan yang harus dimiliki sebelum berkarir di pekerjaan tersebut. Ada banyak peluang karir, yang mana selain harus memahami bidang akuntansi dengan baik, perlu juga mengasah kemampuan dan keterampilan lainnya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.