5 Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya di Swasta Maupun Pemerintahan

Pada dasarnya memilih suatu jurusan dalam perkuliahan memang perlu mempertimbangkan beberapa hal, satu diantaranya, adalah peluang kerja. Diketahui ada beberapa jurusan yang banyak peluang kerjanya bisa menjadi pilihan. Mulai dari jurusan akuntansi dan keuangan sampai dengan jurusan kedokteran.

Untuk itu, jangan sampai mahasiswa memilih jurusan yang kurang diminati hanya untuk bisa masuk pada perguruan tinggi yang diinginkan. Pasalnya, jurusan dengan peluang kerja bagus biasanya bakal memiliki daya saing yang tinggi. Berikut beberapa jurusan yang mempunyai peluang kerja bagus:

1. Akuntansi dan Keuangan

Satu diantara sejumlah jurusan yang banyak peluang kerjanya adalah akuntansi dan keuangan. Sebab, hal ini berhubungan dengan kebutuhan dari perusahaan itu sendiri akan tenaga seorang akuntan. Hingga tak heran, jika peluang kerja yang dimiliki oleh jurusan ini itu terbuka lebar.

Diantaranya meliputi pekerjaan di posisi sebagai akuntan publik, kemudian auditor internal. Selain itu juga ada beberapa posisi lain seperti analis keuangan, lalu ada manajer perpajakan dan lainnya. Nantinya, tinggal bagaimana mahasiswa memanfaatkan peluang tersebut sebaik mungkin.

2. Sistem Informasi

Bisa dibilang bahwa jurusan sistem informasi, tidak melulu hanya membahas mengenai aspek teknis teknologi informasi saja. Namun, jurusan ini juga berkaitan erat dengan informasi tentang manajemen maupun bisnis itu sendiri.

Dengan kata lain bahwa, lulusan dari sistem informasi tidak hanya diperlukan perusahaan swasta saja. Melainkan jurusan sistem informasi ini juga diperlukan oleh lembaga pemerintahan terkait. Untuk itulah, tak heran jika jurusan sistem informasi ini memiliki daya saing yang ketat.

3. Kedokteran

Tak bisa dipungkiri bahwa profesi sebagai dokter, memang banyak diperlukan di Indonesia. Mengingat aspek kesehatan sendiri, menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat. Untuk itulah, jurusan ini patut dipertimbangkan oleh calon mahasiswa lantaran peluangnya cukup bagus.

Di samping itu, jurusan kedokteran ini mempunyai jenjang karir tergolong menjanjikan. Selain bisa melakukan pembukaan praktik secara mandiri, dokter juga bisa memberikan layanan konsultasi dengan cara online. Mengingat saat ini beragam hal mampu dijalankan dengan cara online.

Nantinya ketika mahasiswa sudah memperoleh gelar sebagai seorang dokter, mahasiswa masih bisa meneruskan ke tingkat berikutnya melalui cara pengambilan program spesialisasi. Untuk spesialisasi ini, nantinya bisa disesuaikan dengan minat yang dimiliki seperti spesialisasi untuk mata ataupun lainnya.

4. Teknik Industri

Bisa dikatakan bahwa jurusan teknik industri ini banyak dicari serta dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Diketahui bahwa mahasiswa lulusan dari jurusan teknik industri ini pun mempunyai sejumlah keahlian. Diantaranya meliputi tahapan perencanaan, modifikasi, perancangan dan lainnya.

Di samping itu, bidang ini pun mampu melakukan integrasi ke sejumlah disiplin ilmu lainnya. Misalnya seperti bidang ilmu fisika, matematika, analisis desain teknik, dan juga ilmu komputer. Dengan demikian, lulusan dari teknik industri tak hanya mampu bekerja pada sektor industri saja.

5. Teknik Informatika

Jurusan teknik informatika, menjadi jurusan yang memiliki banyak peluang kerja berikutnya. Mahasiswa dari jurusan ini bakal dibekali sejumlah ilmu pengetahuan. Diantaranya, meliputi pengolahan data sampai dengan proses logika yang ada.

Pada masa industri 4.0 ini, diketahui tidak hanya pihak perusahaan swasta yang memerlukan lulusan teknik informatika. Akan tetapi, juga beberapa instansi pemerintah seperti BUMN juga membutuhkannya. Bisa juga, lulusan ini melakukan pendirian startup dengan menjadi konsultan dalam bidang teknik informatika.

Itu tadi sekilas informasi mengenai daftar jurusan yang banyak peluang kerjanya di perusahaan swasta maupun pemerintah. Untuk itulah beberapa jurusan seperti di atas, bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa saat memilih jurusan. Jangan heran jika daya saing jurusan tersebut cukup tinggi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.