Inilah Rincian Pelajaran SMK Jurusan Akuntansi Terlengkap

Jika ingin masuk SMK jurusan akuntansi, maka penting untuk mendalami informasi tentang mata pelajarannya sejak awal. Jika dirinci, pelajaran SMK jurusan akuntansi terbilang sangat banyak dan kompleks. Oleh karenanya, informasi ini harus dipahami sejak awal.

Akan ada tiga pembagian materi berbeda yang diberikan pada jurusan akuntansi. Semua rinciannya akan dijabarkan secara menyeluruh pada detail penjelasan di bawah ini. Untuk lebih jelasnya, simak detail uraian yang menyeluruh di bagian bawah ini:

Muatan Nasional

Golongan pelajaran pertama yang akan diberikan adalah pelajaran dengan fokus muatan nasional. Pada golongan ini, akan ada beberapa daftar pelajaran yang biasa diajarkan di sekolah SMA lainnya. Jadi pada golongan ini pelajarannya belum terlalu menjurus ke bagian yang dominan ilmu akuntansinya.

Jika dijabarkan, akan ada enam pelajaran berbeda yang masuk ke golongan ini. Enam pelajaran ini, pasti akan diajarkan di sekolah manapun yang fokus pada jurusan akuntansi. Untuk mengetahuinya, simak detail pelajaran berikut ini secara menyeluruh:

  • Pelajaran PKN.

  • Bahasa Indonesia.

  • Pendidikan agama.

  • Matematika.

  • Bahasa Inggris atau golongan bahasa asing lain.

  • Sejarah Indonesia.

Enam golongan materi ini, tentunya tidak akan dilewatkan dan pasti akan diajarkan. Hal ini, menjadikan setiap materinya menjadi krusial. Selain itu, semua pelajaran tersebut juga dianggap sebagai pelajaran dasar yang harus diajarkan sejak dasar.

Muatan Kewilayahan

Kemudian untuk golongan pelajaran SMK jurusan akuntansi kedua, akan ada golongan pelajaran muatan kewilayahan. Jika pada bagian pertama tadi pasti memiliki patokan materi yang sama, namun pada golongan ini akan disesuaikan dengan wilayah masing-masing.

Jadi jika dijabarkan jumlahnya, maka akan ada dua pelajaran yang masuk golongan ini yaitu seni budaya dan pelajaran olahraga. Bagi pihak-pihak yang akan masuk ke jurusan akuntansi, informasi mengenai pelajaran ini tentunya juga harus dipahami. 

Muatan Peminatan Kejuruan

Lalu untuk golongan terakhir, ada materi tentang muatan peminatan kejuruan. Khusus untuk golongan ini, maka akan diberikan rincian pelajaran yang fokus pada materi akuntansi. Jadi jika dirinci, jumlahnya ada banyak dan semuanya penting untuk dipelajari.

Setidaknya ada tiga pembagian berbeda dari materi muatan kejuruan ini. Setiap bagian akan dibedakan lagi ke dalam beberapa pelajaran berbeda. Untuk mengetahui rinciannya, simak detail yang ada di bagian bawah ini untuk mengetahui rincian lengkapnya:

1. Dasar Bidang Keahlian

Untuk bagian pertama, akan ada dasar bidang keahlian. Dengan mempelajari bagian ini, maka siswa bisa menyelami dasar-dasar akuntansi. Sedangkan materi yang diajarkan terdiri dari komunikasi digital, administrasi umum, ekonomi bisnis, dan IPA.

2. Dasar Program Keahlian

Lalu ada juga bagian dasar program keahlian yang lebih menjurus pada bidang akuntansi. Untuk pelajarannya sendiri terdiri dari spreadsheet, etika profesi, perbankan dasar, dan akuntansi dasar. Setiap pelajaran ini, tentunya tidak akan ditinggalkan dan pasti diajarkan.

3. Kompetensi Keahlian

Sedangkan untuk bagian ketiga atau yang terakhir ini, maka akan diajarkan pelajaran yang tentunya lebih kompleks dan menjurus. Setiap siswa pasti akan diajarkan materi-materinya dengan baik karena akan dijadikan bekal untuk menuju dunia kerja. Berikut rincian daftar pelajarannya:

  • Praktikum akuntansi lembaga.

  • Praktikum akuntansi perusahaan.

  • Komputer akuntansi.

  • Akuntansi keuangan.

  • Produk kreatif.

  • Administrasi pajak.

Itulah penjelasan lengkap mengenai daftar pelajaran SMK jurusan akuntansi yang harus dipelajari. Pastikan semua detail di atas dipahami dengan baik dan jangan sampai ada yang terlewat. Dengan demikian, saat pembelajaran berlangsung sudah siap dengan materinya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.