pendidikan

5 Syarat Masuk Sekolah Ikatan Dinas Terlengkap

Saat ingin masuk sekolah dinas, tentunya ada banyak hal yang harus dijalankan. Salah satunya adalah dengan melampirkan berkas-berkas syarat terkait. Rincian syarat masuk sekolah ikatan dinas tentu tidak akan sama dengan rincian syarat masuk sekolah pada umumnya.

Oleh sebab itu, aspek syarat ini harus dipahami dengan baik segala susunannya. Apabila ada bagian yang terlewat, maka proses pendaftarannya juga akan terpengaruh. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka simak susunan syarat ini secara menyeluruh dan mendetail:

1. Syarat Kesehatan

Golongan syarat pertama yang harus dirincikan adalah syarat kesehatan diri. Jika masuk sekolah biasa, tentunya surat kesehatan yang dibutuhkan tidak terlalu konkret. Bahkan jika memiliki kekurangan dalam kesehatannya masih diperbolehkan untuk melakukan pendaftaran.

Namun jika mendaftar di sekolah ikatan dinas, maka surat kesehatan yang diserahkan harus lengkap dan detail. Surat keterangan sehat yang nantinya akan dilampirkan harus menyertakan keterangan tidak buta warna. Baik itu buta warna parsial ataupun yang total.

Karena jika pendaftar memiliki permasalahan buta warna, maka pihak sekolah ikatan dinas yang dituju tidak akan bisa menerimanya. Oleh sebab itu, dokumen ini harus diserahkan dengan jelas dan terbukti diterbitkan oleh dokter yang memang sudah kompeten di bidangnya.

2. Syarat Kelulusan

Kemudian untuk syarat kedua, pihak pendaftar harus menyertakan bukti kelulusan. Biasanya, pihak sekolah ikatan dinas akan meminta salinan ijazah beserta dengan rapor yang bisa dipakai. Apabila ijazah belum diterbitkan oleh sekolah sebelumnya, maka bisa diganti dengan surat keterangan lulus.

Dokumen ini harus diserahkan dengan jelas dan lengkap serta tidak ada bagian yang kurang. Hal ini dikarenakan pihak sekolah ikatan dinas terkait akan memanfaatkannya sebagai bahan pertimbangan untuk masuk ke golongan tahap berikutnya. Jadi, salinan dokumennya tidak boleh buram.

3. Identitas Diri

Syarat masuk sekolah ikatan dinas yang ketiga adalah identitas diri. Pastikan dokumen identitas diri ini diserahkan selengkap mungkin untuk memudahkan pihak sekolah kedinasan dalam melakukan proses identifikasi. Rincian identitas diri ini juga tergolong sangat lengkap.

Mulai dari salinan KTP, KK, hingga kartu identitas dari sekolah sebelumnya harus diserahkan secara menyeluruh. Kemudian, serahkan juga dokumen akta lahir yang sah. Dokumen ini tentunya tidak boleh disepelekan atau dilewatkan agar pihak sekolah ikatan dinas tahu kejelasan data pribadinya.

4. Dokumen Bebas Kriminal

Pihak pendaftar juga harus menyertakan dokumen bebas dari tindak kriminal. Hal ini penting karena sekolah ikatan dinas tidak bisa menerima pelajar yang sudah pernah melakukan kejahatan atau tindak kriminal yang tentunya tidak patut dijadikan contoh.

Surat keterangan bebas narkoba juga harus diserahkan. Dokumen ini bisa dibuat oleh rumah sakit pemerintah atau lembaga terkait yang menyediakan layanan pengetesannya. Jadi dokumennya harus sah dan tidak boleh ada bagian yang sengaja diubah atau dicurangi.

5. Syarat Tambahan Lain

Selain semua berkas syarat di atas, pendaftar juga bisa melampirkan dokumen tambahan lainnya. Misalnya jika pendaftar berasal dari keluarga kurang mampu, maka bisa melampirkan dokumen terkait yang bisa dijadikan bukti kondisi tersebut.

Misalnya kartu Indonesia pintar, kartu bantuan pemerintah, dan yang lainnya. Golongan dokumen ini tentunya juga penting dan tidak boleh disepelekan begitu saja. Semakin lengkap berkasnya, maka pihak sekolah ikatan dinas bisa melakukan seleksi dengan lebih baik.

Itulah lima syarat masuk sekolah ikatan dinas yang harus dipahami. Setiap poin sudah dijelaskan secara menyeluruh dan tentunya tidak bisa dilupakan begitu saja. Pastikan semua detail dipahami agar nantinya proses pendaftaran bisa lancar sampai tahap seleksi administrasi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button