pendidikan

Ini Dia 8 Materi Les untuk anak SD Kelas 1 yang Bisa Dijadikan Referensi Mengajar

Memberikan materi les untuk anak SD kelas 1 tentulah harus dilakukan sesuai dengan kurikulum juga bab yang sesuai. Hal ini nantinya supaya anak pun juga lebih mudah dalam mempelajari materi yang diberikan.

Tentunya untuk metode pembelajarannya nantinya guru bisa memberikan cara yang berbeda untuk membuat anak-anak lebih mudah memahami. Namun, apa saja sebenarnya materi les yang tepat untuk anak kelas 1 SD? Simak ulasan berikut:

1. Melengkapi Huruf pada Suatu Kata

Materi les untuk anak SD kelas 1 pertama bisa dengan cara memperkenalkan kata pada anak. Nantinya pada materi ini guru bisa memberikan beberapa kata yang masih memiliki kekurangan huruf.

Misalkan saja kata makan yang nantinya dapat dihilangkan huruf K pada tengah kata dimana kemudian murid diarahkan untuk melengkapi kata tersebut. Tentunya pembelajaran simpel ini dapat memperkenalkan kata pada anak.

2.  Menyusun Huruf Menjadi Kata

Memberikan materi tentang pengenalan kata berikutnya juga bisa dilakukan dengan cara mengarahkan anak untuk menyusun sebuah kata. Nantinya guru bisa terlebih dahulu memberikan satu kata.

Barulah kemudian anak diarahkan untuk mencoba menyusun kata yang telah diucapkan sebelumnya. Pada dasarnya cara belajar seperti ini juga akan membuat anak lebih cepat paham karena bisa belajar dengan santai.

3. Membaca Cerita

Materi berikutnya yang juga bisa diberikan untuk anak kelas 1 SD adalah membaca cerita. Pada materi satu ini nantinya guru les bisa memperkenalkan berbagai macam buku cerita bergambar yang mudah dipahami untuk dibaca serta menarik.

Buku cerita rakyat, cerita tentang hewan dan lain sebagainya bisa menjadi solusi untuk memperkenalkan kata baru pada anak. Tentunya pembelajaran ini juga akan memberikan semangat belajar kepada anak.

4. Belajar Penjumlahan juga Mengurangi

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk memberikan materi pada anak kelas 1 SD adalah dengan mengajarkan terkait penjumlahan juga pengurangan. Nantinya pembelajaran ini dapat dimulai dengan angka yang sederhana.

Tentunya dengan belajar cara menjumlah juga mengurangi ini maka, murid akan lebih mudah dalam memahami materi matematika sejak dini. Nantinya metode pembelajaran juga bisa diterapkan menggunakan alat peraga untuk membuat anak lebih nyaman belajar.

5. Menulis Kalimat

Materi berikutnya yang bisa diajarkan adalah menulis kalimat. Nantinya guru bisa mendikte satu kalimat atau pun memberikan contoh kalimat yang kemudian bisa dicontoh oleh murid.

6. Mengenalkan Kalimat dengan Hobi

Mengenalkan murid dengan berbagai hobi juga bisa menjadi metode belajar yang menyenangkan untuk diterapkan dalam materi pembelajaran les anak kelas 1 SD. Nantinya guru bisa mengenalkan berbagai macam hobi dan kegiatan yang biasa dilakukan dalam hobi tersebut.

7. Menghitung Benda

Materi berikutnya yang bisa diajarkan pada murid SD kelas 1 adalah menghitung benda. Metode pembelajaran ini bisa menjadi metode yang dimasukkan dalam materi berhitung.

Tentunya dengan metode ini maka, murid juga bisa lebih mudah dalam belajar menghitung. Belajar dalam metode seperti ini bisa menjadi materi pembelajaran menyenangkan untuk pengenalan penjumlahan juga pengurangan pada anak.

8.  Menyusun Kata Menjadi Suatu Kalimat

Menyusun kata menjadi suatu kalimat juga bisa menjadi materi berikutnya yang bisa diterapkan dalam pembelajaran les untuk kelas 1 SD. Nantinya murid bisa diberikan susunan kata acak untuk kemudian murid diarahkan untuk menyusun menjadi suatu kalimat.

Itulah tadi sekilas tentang 8 materi les untuk anak SD kelas 1  bisa dijadikan opsi untuk memberikan pembelajaran dasar. Tentunya dengan berbagai materi ini nantinya guru bisa menggunakan berbagai metode dalam memberikan pembelajaran supaya murid lebih mudah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button