pendidikan

Ini Dia 7 Materi Kedokteran Semester 1 yang Perlu Diketahui

Bagi seseorang yang akan memutuskan mengambil kuliah pada jurusan kedokteran tentunya akan lebih baik bila memahami materi kedokteran semester 1 sebagai tahap awal. Mempelajari materi apa saja yang akan didapatkan pada semester satu bisa menjadi awal pengenalan sebelum kuliah dimulai.

Tentunya dengan mempelajari materi lebih awal maka, nantinya pada saat kuliah aktif sudah dimulai pun juga sudah memiliki gamparan terkait mata pelajaran yang diajarkan. Namun, apa saja sebenarnya materi yang biasa diajarkan pada jurusan kedokteran semester 1? Berikut ulasannya:

1. Medical Education

Pada materi pertama yang nantinya dapat dipelajari adalah materi terkait medical education. Materi satu ini biasanya menjadi materi pembuka saat mata kuliah pertama akan diajarkan.

Tentunya materi pembuka ini memang menjadi pembukaan materi yang tepat untuk mahasiswa kedokteran semester awal. Pada materi inilah nantinya mahasiswa akan dibawa untuk lebih mengenal dunia kedokteran khususnya profesi yang ada didalamnya.

2. Histologi

Histologi menjadi materi kedokteran semester 1 berikutnya yang juga akan menjadi bagian pada pembuka saat semester 1 dimulai. Materi ini sendiri nantinya akan mempelajari terkait anatomi mikroskopik.

Biasanya pada materi ini nantinya akan mempelajari terkait berbagai sel mikroskopik untuk kemudian diteliti setiap bagian-bagiannya. Tentunya supaya nantinya sel tersebut bisa dipelajari maka, haruslah menggunakan mikroskopik.

3. Biokimia

Biokimia menjadi materi kedokteran semester 1 berikutnya yang bisa dipelajari untuk tahapan persiapan masuk kuliah kedokteran. Materi ini sendiri nantinya akan mempelajari terkait berbagai macam reaksi kimia dalam tubuh.

Pada dasarnya materi ini pun nantinya juga akan membahas terkait reaksi kimia pada organisme. Tentunya dalam materi ini juga akan membahas berbagai berbagai sumber daya alam hayati.

4. Mikrobiologi

Mikrobiologi tentunya bukan materi yang asing bagi mahasiswa yang sebelumnya telah mengambil jurusan IPA pada masa SMA. Materi ini sendiri akan mempelajari terkait berbagai macam mikrobiologi yang dapat dilihat melalui mikroskop.

Fungi, alga bahkan juga mikroskopik adalah materi yang nantinya bisa dipelajari dalam materi ini. Tentunya nantinya dalam melihat berbagai mikroorganisme ini akan membutuhkan berbagai alat khusus untuk dapat melihat mikroorganisme tersebut.

5. Anatomi

Anatomi adalah materi berikutnya yang akan dipelajari pada semester 1. Pada materi ini nantinya akan lebih berfokus terkait pembahasan bagian-bagian tubuh manusia juga hewan.

Struktur tubuh manusia adalah bagian yang menjadi fokus utama dari materi pembelajaran bab anatomi. Tentunya fungsi dari setiap bagian tubuh tersebut juga menjadi materi yang akan dipelajari.

6. Fisiologi

Materi kedokteran semester 1 berikutnya adalah fisiologi. Pada meteri ini nantinya akan membahas terkait reaksi kimia serta fisika. Bila melihat dari materi yang disampaikan dalam bab ini maka, dapat dilihat bahwa materi ini merupakan cabang dari biologi.

Nantinya dalam materi ini akan mempelajari berbagai kelangsungan kehidupan dalam bidang biologi, fisika juga kimia. Hal ini tentunya menjadi bagian penting yang perlu dipahami pada saat memutuskan untuk mengambil jurusan kedokteran.

7. Parasitologi

Parasit tentu bukanlah bagian materi asing bagi sebagian orang khususnya seseorang yang mengambil jurusan IPA sebelumnya. Materi ini sendiri merupakan bagian bab yang mempelajari terkait organisme yang menempel pada inangnya.

Hal inilah kemudian yang disebut sebagai parasit atau bisa dibilang sebagai organisme yang menggunakan tubuh inangnya untuk dapat bertahan hidup. Tentunya organisme ini disebut sebagai parasit karena pada dasarnya organisme ini menjadi bagian yang merugikan.

Itulah tadi 7 materi kedokteran semester 1 yang bisa mulai dipelajari sebagai tahap awal sebelum kegiatan mata pelajaran aktif dimulai. Tentunya dengan mempelajari materi ini sejak awal maka, nantinya pada saat kuliah telah dimulai bisa lebih mudah dalam mempelajari materi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button