Tata Cara Mengerjakan Aljabar Dengan 2 Metode

Pada dasarnya ada beberapa cara mengerjakan aljabar dengan sejumlah langkah. Cara semacam ini pun kerap dipakai sebagai cara alternatif mudah saat menyelesaikan soal aljabar. Satu diantara cara tersebut adalah menyelesaikan persamaan dengan memakai satu variabel.

Cara semacam ini biasanya bakal melibatkan yang namanya penambahan, pengurangan, kemudian pembagian dan juga perkalian. Jika siswa sudah paham dan mengerti konsepnya, maka akan lebih gampang ketika mengerjakan soalnya. Berikut pembahasan cara mengerjakan materi aljabar:

Menyelesaikan Persamaan Memakai Satu Variabel Secara Umum

Nantinya ketika siswa mengerjakan sejumlah soal terkait materi aljabar. Maka menyelesaikan persamaan memakai satu variabel bisa menjadi cara mengerjakan aljabar yang pertama. Dalam hal ini siswa butuh melalui sejumlah tahapan pengerjaan seperti berikut:

  • Menuliskan Soalnya: langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menuliskan soal aljabar. Dengan begitu siswa bakal mempunyai gambaran jawabannya. Contohnya ketika siswa hendak menyelesaikan soal seperti -5x+7=15.

  • Menentukan Penyelesaian Variabel: dalam hal ini siswa bisa memilih untuk melakukan penjumlahan maupun pengurangan. Hal ini penting dilakukan untuk menjumpai suatu kebalikan dari +5, yaitu -5. Penting untuk diingat bahwa harus mengerjakan hal yang sama pada kedua belah sisi.

  • Menambah atau Mengurangi Kedua Sisi: tindakan semacam ini penting dilakukan untuk menyendirikan variabel. Contoh misalnya terdapat soal -4x+7=15 hingga hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah -4x=8.

  • Menghilangkan Koefisien Variabel: istilah koefisien sendiri merupakan angka yang terikat pada suatu variabel. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan cara pembagian atau bisa juga dengan perkalian. Misalnya seperti melakukan pembagian pada kedua sisi dari soal yang ada.

  • Mencari Nilai Variabel: untuk menjalankan langkah ini bisa dilakukan pembagian pada sisi kanan maupun kiri dari bilangan. Contohnya seperti soal -4x=8. Yakni dengan membagi -4x dengan bilangan 4, serta 8 juga dibagi dengan bilangan -4. Hasil akhirnya adalah x=-2.

Menyelesaikan Persamaan Memakai Satu Variabel Pada Tiap Sisi

Untuk cara satu ini pun siswa perlu melalui beberapa tahapan penyelesaian. Mulai dari penulisan soal sampai dengan memperoleh hasil jawaban. Tahapan yang perlu dilakukan oleh siswa tersebut seperti berikut:

  • Menulis Soal: soal yang akan dikerjakan oleh siswa perlu ditulis terlebih dulu supaya tidak bingung. Contoh soalnya seperti -2x-3=4x-15. Setelah itu baru pastikan bahwa keduanya mempunyai variabel yang sama. Yakni dengan angka -2x serta juga 4x.

  • Memindahkan Konstanta: hal ini bisa dilakukan dengan dengan memindahkannya pada sisi kanan dari persamaan. Konstanta dari soal ini adalah angka -3 sehingga siswa perlu mencari kebalikan dari angka tersebut, yakni +3. Setelah itu Jumlahkan konstanta pada kedua sisi persamaan.

  • Pindahkan Variabel: jika konstan dipindahkan menuju sisi kanan, maka untuk variabel dipindahkan menuju sisi kiri persamaan. Untuk itulah siswa perlu mencari tahu kebalikan dari angka 4x yakni ditempati angka -4x. Nantinya pada sisi kiri ada angka -2x-4x=-16x dan kanan (4x-12)-4x=-12.

  • Mencari Nilai Variabel: saat ini siswa sudah membuat penyederhanaan dari soal menjadi -6x=-12. Dalam hal ini yang perlu dijalankan oleh siswa yaitu melakukan pembagian persamaan tersebut dengan angka -6. Tujuannya untuk melakukan penyendirian variabel x hingga hasilnya adalah x=2.

Demikian sekilas informasi mengenai cara mengerjakan aljabar dengan 2 metode mudah. Cara ini bisa menjadi inspirasi bagi siswa untuk lebih gampang dalam memperoleh hasil perhitungan dari soal. Tentunya yang berhubungan dengan materi aljabar yang diajarkan oleh guru di sekolah.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.