Inilah Langkah Langkah Merakit PC Yang Bisa Dicoba


Sebenarnya untuk memiliki sebuah pc secara utuh tidak harus membelinya langsung jadi, namun bisa saja dengan merakitnya sendiri. Jangan khawatir karena ada sejumlah langkah langkah merakit pc secara mandiri yang dapat dicoba.

Dengan begitu komputer yang ada dapat dilakukan perakitan sendiri hingga menjadi sebuah komputer yang siap dipakai. Diantaranya meliputi perakitan bagian prosesor sampai dengan selesai. Langsung saja berikut beberapa langkah merakit komputer yang bisa dicoba:

1. Memasang Prosesor

Tindakan pertama sebagai langkah langkah merakit pc yaitu dengan memasang bagian prosesor nya. Untuk memasang prosesor ini nantinya juga akan memerlukan sejumlah tahapan sebagai berikut:

  • Langkah pertama yaitu melakukan penentuan posisi pada bagian pin 1 yang ada di prosesor sekaligus socket yang terdapat pada motherboard.

  • Setelah itu baru angkat bagian tuas pengunci menuju ke atas.

  • Lakukan penyesuaian antara kaki prosesor dengan lubang socket baru setelah itu tekan.

  • Terakhir tinggal mengunci kembali bagian tuas pengunci tersebut.

2. Memasang Heatsink Serta Kipas

Langkah berikutnya untuk merakit pc adalah dengan memasang heatsink sekaligus bagian kipasnya. Caranya cukup mudah tinggal mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pertama yaitu memasang bagian heatsink sekaligus kipas pendingin pada bagian atas dari prosesor. Cara pemasangannya yaitu dengan ditekan dengan arah diagonal atau bisa juga disebut menyilang.

  • Setelah itu tinggal pasang penghubung kipas pada bagian socket yang telah ada.

3. Memasang Motherboard

Langkah selanjutnya untuk melakukan perakitan pc yaitu memasang motherboard pada bagian casing. Bagi yang belum mengetahui tahapannya bisa menyimak pembahasan berikut:

  • Tindakan pertama yaitu melakukan penentuan terhadap lubang bagi tiap dudukan. Entah itu jenis dudukan logam maupun plastik. Jenis dudukan dari logam mempunyai tanda berbentuk cincin di bagian tepi lubang.

  • Lanjutkan dengan memasang dudukan entah tipe logam atau pun plastik pada bagian tray casing.

  • Setelah itu letakkan motherboard pada bagian tray casing. Dengan begitu nantinya bagian kepala dudukan akan keluar.

  • Langkah berikutnya yaitu tinggal melakukan pemasangan bingkai port.

  • Terakhir yaitu tinggal memasang bagian tray casing yang sudah di pasang motherboard.

4. Memasang RAM

Tidak jauh beberapa dari beberapa langkah sebelumnya. Untuk bisa memasang RAM agar sesuai pun perlu beberapa tahapan yang harus dilalui. Berikut daftar tahapan untuk memasang RAM:

  • Tahap awal yaitu membuka bagian tuas pengunci yang ada.

  • Setelah itu lakukan penyesuaian antara pin memori atau RAM dengan slot yang terdapat pada komputer.

  • Apabila dirasa seluruhnya sudah pas, maka tinggal tekan saja bagian memori sampai dengan pengunci tadi menutup dengan sendirinya.

5. Memasang Power Supply

Bagi yang belum mengetahui, alat bernama power supply ini adalah alat yang bertugas menyuplai tenaga listrik untuk seluruh komponen pada sistem komputer.

Umumnya saat melakukan pembelian casing bagian power supply telah terpasang. Jika pun bagian ini belum terpasang, bisa dipasang sendiri dengan beberapa tahapan berikut:

  • Tahap awalnya yaitu meletakkan bagian power supply pada posisi yang tepat. Adapun tempat untuk meletakkan bagian ini biasanya berada di belakang casing. Setelah itu kunci kembali memakai alat bernama sekrup.

  • Lanjutkan tahap kedua dengan melakukan pemasangan konektor power maupun power supply. Dimana konektor tersebut ditujukan ke bagian motherboard beserta sejumlah kabel nya. Sedangkan untuk bagian kabel konektor yang dari power supply pemasangannya dijalankan pada akhir tahapan.

Demikian sekilas informasi mengenai langkah langkah merakit pc dengan mudah. Sebenarnya ulasan di atas hanya sebagian langkahnya untuk merakit pc. Mengingat ada sejumlah langkah lain yang belum disebutkan.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.