Teknologi

Simak Jenis Jenis Kabel Data Yang Bisa Dipergunakan Dengan Mudah

USB atau kabel data memiliki berbagai type atau jenis, beragam jenis jenis kabel data ini tentu memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Oleh sebab itu ketahui beberapa kabel data yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari – hari.

Bagi yang belum mengetahui mungkin fungsi dan jenis kabel data ini semua sama, namun ternyata tidak seperti itu. Berikut uraian yang bisa diketahui untuk membedakan jeni kabel data dengan mudah.

1. USB Type A

Pertama jenis kabel data ini digunakan untuk menghubungkan antara perangkat komputer atau elektronik lainnya. Beberapa perangkat elektronik yang bisa dihubungkan dengan jenis kabel data ini yakni seperti mouse, keyboard dan masih banyak lagi.

Selanjutnya untuk penggunaannya bisa difungsikan atau dikombinasikan bersama dengan peralatan elektronik lainnya juga. Otomatis memang penggunaan kabel ini banyak digunakan oleh sebagian besar orang dalam berbagai aktivitas.

2. USB Type B

Jenis jenis kabel data yang bisa diketahui selanjutnya yakni USB type b ini. Kegunaan dari jenis kabel ini yakni memudahkan untuk menghubungkan antara perangkat printer dengan komputer.

Otomatis memang dibutuhkan dalam mengoperasikan printer.

Pengguna bisa gunakan kabel jenis ini untuk menghubungkan printer yang akan dioperasikan dengan komputer yang memuat datanya. Oleh sebab itu memang kabel ini hanya bisa digunakan untuk kegunaan ini saja.

3. USB Type C

Jenis ini biasa digunakan untuk proses pengisian daya yang cepat, biasanya digunakan untuk penghubung charger perangkat telepon. Hal ini membuat pemakaian kabel data ini memang banyak digunakan dan populer.

Fitur fast charging yang ada pada kabel data ini membuat banyak perangkat sekarang memiliki charger perangkat bertipe sama. Selain untuk charger kabel data ini juga bisa digunakan untuk melakukan transfer data dengan mudah.

Tentunya pengguna bisa menggunakannya untuk memindahkan beragam file dari ponsel ke komputer maupun sebaliknya. Jeni kabel data ini juga beragam type c KC201, type c kkc102 dan masih banyak lagi.

4. Lightning KL201

Selanjutnya jenis jenis kabel data ini digunakan untuk perangkat elektronik bertipe micro, iphone lightning, serta type c. Perangkat keluaran dari iphone ini memang masih menggunakan jenis kabel ini untuk perangkatnya.

Tentunya fungsi dari kabel data ini juga sama dengan mengisi daya baterai dengan mode cepat serta bisa digunakan untuk melakukan transfer data. Bentukan untuk kabel data ini memang mirip dengan kabel USB bertipe c.

Penjelasan ini tentu akan mempermudah dalam mengetahui dan juga memahami beragam jenis kabel data yang ada. Tentu mungkin juga bisa digunakan saat ingin mencari jenis kabel data ini untuk perangkat yang dimiliki.

5. Mini USB

Jenis ini dari namanya memang memiliki ukuran yang mini atau kecil daripada tipe A, dan juga tipe B. Penggunakan dari jenis kabel ini juga jarang ada dipasaran. Fungsi dari kabel data ini juga ada 2 yakni untuk melakukan transfer data dan juga untuk mengisi daya perangkat.

Kecepatan untuk pengisian daya juga tergolong lambat, sehingga jenis ini memang tidak banyak lagu dan diminati. Oleh sebab itu perangkat hp maupun lainnya telah jarang menggunakan bentukan type mini usb ini.

6. Micro USB

Penggunaan micro usb ini memang banyak digunakan juga oleh beberapa orang. Bentukan dari kabel data ini lebih besar dari yang bertipe mini dan pasarannya bersaing dengan kabel type C.

Demikian uraian terkait dengan jenis jenis kabel data yang bisa diketahui dan juga dimanfaatkan dengan mudah. Tentunya dengan mengetahui beragam jenis kabel data ini akan memudahkan dalam mempergunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button