internetTeknologi

Inilah Perbedaan Kabel LAN CAT 5 dan 6 serta Fungsinya

Mengetahui perbedaan kabel LAN CAT 5 dan 6 dapat membantu seseorang untuk memilih kabel mana yang cocok digunakan untuk menyambungkan Internet rumahnya dengan perangkat komputer. Penggunaan kabel ini dapat membuat stabil jaringan internet yang digunakan.

Walau memiliki fungsi yang sama, model kabel LAN CAT 5 dan 6 tentu memiliki sedikit perbedaan. Namun, sebelum membahas perbedaan tersebut, sebaiknya memahami apa itu kabel LAN terlebih dahulu. Yuk, mari simak ulasan lengkapnya!

Apa Itu Kabel LAN?

Kabel LAN merupakan alat yang digunakan untuk menyambungkan jaringan internet kepada perangkat komputer atau Laptop. Kabel ini tidak terlindungi oleh alumunium seperti kabel lainnya, sehingga disebut sebagai Unshielded Twisted Pair atau disingkat UTP.

Jenis kabel ini memiliki beberapa kategori, mulai dari CAT 5 hingga CAT 8. Kabel ini berfungsi untuk menyambungkan Internet dengan skala kecil. Pemilihan tipe kabel LAN perlu memperhatikan panjang serta kualitas agar sinyal yang ditangkap oleh perangkat baik dan lancar.

Perbedaan LAN CAT 5 dan CAT 6

Setelah mengetahui apa itu kabel LAN, selanjutnya akan dibahas perbedaan dari dua tipe kabel tersebut, yaitu CAT 5 dan CAT 6. Walau memiliki fungsi yang sama, terdapat beberapa perbedaan yang bisa berpengaruh pada kualitas jaringan Internet. Berikut uraiannya:

1. Kecepatan

Perbedaan kabel LAN CAT 5 dan CAT 6 adalah dari segi kecepatan. Untuk CAT 5, transmisi data yang bisa dilakukan hanya 100 Mbit/s. Tipe ini merupakan seri terlama dari seluruh kategori kabel LAN yang biasa digunakan.

Sedangkan CAT 6, memiliki kemampuan transmisi data dan jaringan Internet hingga 10 Gbit/s. Waktu keterlambatan transfer data ketika memakai kabel tipe ini hampir 0 atau tidak ada. Sehingga pemakaian kabel CAT 6 cocok untuk data dengan kecepatan 1.000 Mbps.

2. Harga

Dari segi harga, kedua tipe kabel LAN ini cukup signifikan. Hal tersebut dikarenakan Kabel LAN CAT 5 merupakan seri lama yang tentunya memiliki harga jauh lebih murah dibandingkan dengan CAT 6.

Dengan panjang yang sama yaitu sekitar 305 meter, LAN CAT 5 dijual dengan harga sekitar Rp1.500.000,-. Harga ini lebih murah sekitar 30% dibandingkan dengan kabel CAT 6 yang dijual dengan harga mulai dari Rp2.000.000,-.

3. Kualitas

Untuk kualitas, tentu CAT 6 memiliki kualitas yang lebih bagus dibandingkan dengan CAT 5 karena terlihat dari segi kecepatan dan bahan pembuatan yang premium. Seperti yang sudah dibahas, kabel jenis ini mampu mendukung kecepatan Internet hingga 1.000 Mbps.

Sebenarnya, dari segi komposisi bahan, tipe CAT 5 tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya saja kemampuan transmisi data yang hanya 100 Mbit/s yang membuat kualitasnya di bawah CAT 6 dan digunakan pada Internet dengan skala kecil.

Fungsi Penggunaan Kabel LAN

Selain untuk menyambungkan jaringan internet dengan perangkat komputer, kabel LAN ternyata memiliki fungsi lain yang perlu diketahui. Kabel ini melakukan beberapa fungsi yang mendukung keperluan perangkat komputer. Penasaran apa saja itu? Berikut diantaranya:

  • Menyambungkan komputer satu dengan lainnya. Fungsi ini dapat membantu antar komputer melakukan pembagian file dengan mudah. Ketika bekerja, jika terjadi masalah, pihak IT akan lebih mudah untuk mengatasi masalah karena dapat me-remote tanpa perlu ke komputer yang bermasalah.
  • Membantu menghubungkan perangkat komputer ke perangkat lain. Ketika bekerja di perusahaan, selain menyambungkan ke Internet, perangkat yang digunakan juga kan disambungkan kepada telepon. Hal ini menjadi salah satu fungsi kabel LAN untuk menyambungkannya.

Itulah pengertian, fungsi, serta perbedaan kabel LAN CAT 5 dan 6 yang perlu diketahui. Perbedaan yang paling signifikan antara kedua kabel ini adalah kecepatan dalam melakukan transfer data walau memiliki fungsi utama yang sama. 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button