Mari Mengenal Cara Instal Mikrotik Serta Fungsi Dari Pemasangannya Di Komputer


Mikrotik, bagi para pengguna yang tahu pasti akan menilai perangkat ini sebagai alat pembantu yang berharga. Memang benar adanya, mikrotik memiliki manfaat yang cukup besar untuk jaringan internet. Cara instal mikrotik harus dipahami juga agar bisa menggunakan perangkat ini dalam panduan yang benar.

Mengenal Mikrotik

Namun sebelum membahas lebih jauh, apa sebenarnya mikrotik itu sendiri? Perlu diketahui bahwa sebenarnya mikrotik merupakan sebuah sistem operasi yang ada di dalam komputer. Sistem ini berbasis sebagai perangkat lunak.

Fungsi utama dari pemasangan mikrotik adalah mengatur jaringan akses dalam komputer. Dengan adanya mikrotik, pengguna jadi bisa leluasa memanajemen pemakaian jaringan secara baik. Biasanya, mikrotik didukung oleh komputer yang bersistem Linux.

Alasannya adalah karena komputer Linux merupakan sistem yang mendukung router. Oleh karena mikrotik berhubungan dengan router, maka jelas sistem ini akan bekerja dengan baik dalam Linux.

Fungsi dari Pemasangan Mikrotik

Beberapa kali dikatakan bahwa memasang mikrotik itu memiliki manfaat yang cukup terasa oleh pengguna komputer. Kegunaan utamanya adalah mengatur tentang internet dan jaringannya di dalam komputer. Selain itu, fungsi atau manfaat dari pemasangan mikrotik adalah:

  • Menjadi akses point wifi, salah satu fungsi yang terkenal dari pemasangan mikrotik adalah menjadi access point wifi. Manfaatnya mikrotik dalam menjadi access point wifi adalah untuk mengatur kecepatan internet mengenai batasan dan juga kecepatannya ketika digunakan oleh orang-orang.
  • Gerbang akses internet lokal, fungsi ini hampir tidak berbeda dari manfaat pertama tadi. Ketika memasang sebuah mikrotik dalam satu perangkat, maka mikrotik tersebut bisa mengatur akses internet. Masih berhubungan dengan kecepatan dan juga batasan penggunaan dalam sekali berselancar.
  • Mengelola jaringan komputer sendiri, tanpa mikrotik jaringan komputer akan dikelola oleh provider jaringan masing-masing. Namun, dengan memiliki mikrotik maka pengguna bisa mengatur jaringan komputer sendiri. Berapa kecepatan dan juga batas penggunaan itu bisa di reset ulang dan ditentukan sesuai keinginan.
  • Memanajemen firewall, dengan ini maka tidak ada lagi pengguna wifi yang memakai tanpa seizin pemiliknya. Pemilik mikrotik jadi bisa memantau pengguna wifi nya, bahkan memutuskan atau mengurangi penggunaannya jika perlu.

Cara Instal Mikrotik dengan Netinstall

Salah satu cara instal mikrotik adalah dengan mengandalkan aplikasi Netinstall. Cara ini merupakan satu cara yang paling diandalkan dari beberapa cara tersedia lainnya. Memang sedikit rumit dan membutuhkan kesabaran yang cukup. Untuk langkah pengerjaan lengkapnya, silakan lihat panduan berikut:

  • Pertama, akses control panel di komputer dengan menekan menu Windows.
  • Pilih menu Network and Sharing. Klik menunya kemudian lakukan klik lagi di menu Change Adapter Setting.
  • Pergi ke pilihan Ethernet. Klik kanan sampai keluar beberapa opsi, lalu pilih Properties.
  • Tekan menu centang di kolom Internet Protocol Version 4. Setelah dicentang, pilih opsi Properties di bawahnya.
  • Pada kotak dialog yang tertera, istilah IP address dengan angka IP statik yang sudah dimiliki.
  • Sekarang, silakan unduh aplikasi Netinstall lalu akses aplikasinya setelah berhasil diunduh.
  • Lakukan tab pada menu Netinstall, lalu pilih versi Stable.
  • Bukalah file Netinstall yang sudah berhasil diunduh lalu klik kanan dan pilih ekstrak all. Kemudian, buat folder baru dan tempatkan file extract tadi. File-nya nanti akan berformat exe.
  • Sekarang, buka filenya lagi kemudian izinkan akses.
  • Setting Net Booting dan masukkan alamat IP.
  • Hubungkan mikrotik. Reset terlebih dulu routerboard. Tunggu sebentar sampai program Netinstall muncul.
  • Terakhir, pilih OS yang ingin diunduh. Kemudian, lakukan instalasi dengan memilih tombol install pada program file
  • Tunggu sampai pemasangan selesai dan bisa digunakan.

Sedikit banyak, begitulah cara instal mikrotik yang bisa diikuti untuk digunakan. Menginstal dengan aplikasi live install ini merupakan pilihan yang paling mudah meskipun memiliki langkah yang panjang. 

Selain menggunakan cara ini, pengguna setidaknya harus melakukan reset sana-sini pada router dan juga mengotak-atik IP address yang malah terlihat lebih rumit caranya.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.