Jenis Kabel LAN Untuk Internet, Bisa Memperlancar Jaringan Internet

Kabel yang difungsikan untuk menghubungkan jaringan komputer lokal adalah kabel LAN. Banyak yang menggunakan kabel ini untuk memperbaiki kualitas internet komputer. Agar bisa memilih kabel yang benar maka perlu mengenal jenis kabel LAN untuk internet.

Tidak hanya memperbaiki kualitas jaringan internet saja, kabel jenis ini juga sering dipakai untuk menyambungkan suatu perangkat komputer dengan berbagai jenis perangkat lainnya. Berikut ini adalah fungsi dan jenis kabel LAN untuk internet antara lain:

Jenis Kabel LAN Yang Bisa Buat Internet Kencang

Banyaknya fungsi yang dimiliki kabel LAN membuat jenis kabel ini pun dibedakan menjadi beberapa jenis disesuaikan dengan fungsinya. Tujuannya  agar fungsi kabel bisa lebih maksimal. Berikut adalah jenis kabel LAN untuk internet antara lain:

1. Kabel LAN Jenis UTP

Jika ditanya kabel LAN jenis apa yang harganya paling terjangkau maka jawabannya adalah kabel LAN jenis UTP. Selain itu, cara pemasangan kabel UTP ini pun terbilang cukup mudah.

Kabel LAN jenis UTP ini memiliki bentuk tidak tertutup dengan material yang digunakan untuk membuat kabel ini adalah tembaga mentega. Penggunaan kabel LAN jenis UTP banyak dipasang di dalam ruangan.

2. Kabel LAN Coaxial

Jika kabel LAN jenis UTP memiliki bentuk dan material yang sangat sederhana, maka berbeda halnya dengan kabel LAN jenis Coaxial. Kabel jenis Coaxial memiliki dua bagian yakni bagian luaran dan ini.

Harga dari kabel LAN jenis Coaxial agak lebih mahal dibandingkan dengan kabel LAN jenis lainnya. Akan tetapi, kabel ini punya keunggulan dapat membuat kecepatan jaringan hingga 10 Mbps.

3. Kabel LAN Jenis STP

Untuk kabel yang satu ini harganya tidak semahal kabel LAN Coaxial. Prinsip kabel LAN STP mirip dengan kabel LAN UTP. Namun, yang membedakan adalah kabel ini memiliki fitur proteksi.

Kabel jenis STP merupakan jenis kabel LAN yang kualitasnya sedikit lebih dari UTP. Namun, harganya tidak semahal kabel LAN jenis Coaxial.

Fungsi Dari Kabel LAN

Keberadaan kabel LAN sangat membuat pengguna komputer terbantu karena bisa menyambungkan komputernya ke perangkat lain ataupun memperbaiki kecepatan jaringan pada komputer dengan mudah. Berikut ini adalah fungsi dari kabel LAN antara lain:

1. Digunakan Sebagai Remote Untuk Komputer

Kabel LAN bisa dijadikan remote untuk mengakses dan mengendalikan perangkat komputer lain. Keunggulan dari penggunaan kabel LAN sebagai remote komputer ini adalah fungsinya bisa dirasakan meskipun perangkat komputer yang digunakan sedang dalam keadaan offline.

2. Menyambungkan Komputer Dengan Perangkat Lain

Menyambungkan Komputer dengan berbagai jenis perangkat lain bisa dilakukan dengan adanya penggunaan kabel LAN. Perangkat yang bisa tersambung dengan kabel LAN ini pun tidak hanya dua perangkat namun juga bisa banyak perangkat sekaligus.

3. Menghubungkan Perangkat Komputer Dengan Router

Istilah router pasti sudah sangat akrab dengan telinga para pemilik Wifi. Penggunaan kabel LAN dalam penggunaan Wifi akan membuat jaringan Wifi yang sampai ke perangkat pemilik menjadi lebih stabil, lebih kencang, dan lebih aman. .

4. Menyambungkan Komputer Dengan Perangkat Komputer Lainnya

Jika perangkat dengan jenis yang berbeda saja bisa dihubungkan dengan menggunakan kabel LAN ini, maka pastinya kabel ini juga bisa menghubungkan jenis perangkat yang sama. Oleh karena itu, kabel LAN juga tentu bisa menghubungkan antar komputer. 

Demikian ulasan tentang jenis kabel LAN untuk internet. Penggunaan kabel LAN ini ketika menyambungkan internet jaringan pada perangkat bisa didapatkan dengan lebih kuat. Kabel LAN juga memiliki banyak fungsi yang memudahkan proses menyambungkan internet.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.