internetTeknologi

Ketahui Apa Fungsi Fiber Optik Dan Jenis-Jenisnya

Dalam penggunaan internet, sering kali penggunaan Fiber Optik ditambahkan karena adanya beberapa alasan. Sebelum menggunakan Fiber Optik, alangkah baiknya jika mengetahui apa fungsi Fiber Optik sampai banyak yang menggunakannya ketika ingin jaringan internet yang maksimal.

Fiber Optik hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia kan kecepatan jaringan yang maksimal karena semakin modern manusia membutuhkan jaringan yang lebih kencang. Berikut ini adalah fungsi dan juga jenis Fiber Optik antara lain:

Mengenal Fiber Optik

Sebelum mengetahui dan mengenal fungsi serta jenis dari Fiber Optik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Fiber Optik. Pemahaman yang sangat baik tentang Fiber Optik akan membuat penggunanya dapat menggunakannya dengan mudah.

Fiber Optik merupakan suatu kabel yang hadir sebagai suatu teknologi baru dimana fungsi kerjanya adalah mengubah sinyal berbentuk listrik menjadi bentuk cahaya. Dengan teknologi tersebut, didapatkan kualitas kecepatan jaringan internet yang lebih baik.

Bahan dari kabel Fiber Optik juga tidak berasal dari tembaga melainkan dari suatu serat plastic atau serat kaca. Prinsip kerja Fiber Optik adalah membiaskan cahaya sehingga cahaya mampu mengalir dari titik tertentu menuju ke titik yang lainnya.

Fungsi Yang Dimiliki Fiber Optik

Mengetahui apa fungsi Fiber Optik yang sebenarnya dapat menghindari terjadinya salah pemahaman terhadap penggunaan Fiber Optik. Berikut ini adalah fungsi yang dimiliki oleh Fiber Optik terhadap kebutuhan internet antara lain:

  • Fungsi utama Fiber Optik yakni menghubungkan antar perangkat komputer ataupun pengguna sehingga dapat terhubung dan memiliki koneksi.
  • Fiber Optik juga memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan kekuatan jaringan internet manusia yang membutuhkan jaringan internet lebih cepat dari sebelum menggunakan Fiber Optik.
  • Selain kecepatan jaringan internet, Fiber Optik juga memiliki fungsi untuk mentransfer data lebih cepat.
  • Fiber Optik membuat internet lebih stabil karena tidak akan terpengaruh adanya gangguan elektromagnetik sebab Fiber Optik tidak membawa listrik.   
  • Fiber Optik membuat jaringan lebih stabil dan lebih cepat dibandingkan dengan internet yang tidak menggunakan Fiber Optik.

Macam-Macam Jenis Fiber Optik

Kabel Optik tidak hanya memiliki satu jenis saja sehingga dalam penggunaannya tentu bisa terjadi perbedaan antara Kabel Optik yang digunakan untuk perangkat satu dengan perangkat lain. Berikut adalah jenis Fiber Optik antara lain:

1. Jenis Single Mode

Dalam Kabel Optik single mode ini terdapat inti dengan ukuran 9 micrometer. Bagian inti kabel optik single mode ini dapat mengatasi adanya transmisi cahaya. Jangkauan jaringannya juga luas sehingga bisa dihubungkan dalam jarak yang jauh.

Transmisi cahaya yang bisa diatasi dengan kabel optik jenis single mode ini bahkan bisa mencapai 100 km. Akan tetapi, kecepatan Fiber Optik jenis single mode ini terkadang masih belum mencapai standar maksimal kecepatan beberapa orang.

2. Fiber Optik Jenis Multi Mode

Dalam Fiber optic jenis multimode ini, diameter bagian intinya memiliki ukuran 50-62,5 micrometer. Dengan ukuran inti yang lebih besar dari ukuran inti pada jenis single mode maka jenis ini memiliki kecepatan yang lebih kencang.

Meskipun memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel jenis single mode,  tetapi kabel dengan jenis ini juga punya kekurangan. Adapun kekurangan dari kabel Fiber Optik ini yakni memiliki jangkauan yang lebih sedikit.

Setelah mengenal apa fungsi Fiber Optik dan juga jenis dari Fiber Optik tentu akan lebih mudah menentukan Fiber Optik jenis apa yang paling pas dengan kebutuhan. Dengan demikian, fungsi kerja Fiber Optik pun dapat dirasakan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button