Ketahui Penyebab Kenapa Speaker Hp Suaranya Kecil Yang Bisa Terjadi Dengan Mudah

Mungkin pengguna ponsel pernah atau sedang mengalami speaker ponsel menjadi kecil, bingung pastinya kenapa speaker hp suaranya kecil. Jangan bingung beberapa penyebab bisa membuat speaker menjadi bersuara kecil.

Beberapa penyebab ini sering tidak disadari oleh pengguna, namun memang perlu untuk diketahui kemungkinan penyebabnya. Simak penjelasannya berikut ini dengan seksama untuk pembahasan kali ini.

1. Banyak Cache Pada Ponsel

Cache bisa berasal dari aplikasi dalam ponsel yang menumpuk, beberapa aplikasi yang terinstal dan digunakan akan menghasilkan cache. Pengguna yang tidak sadar akan hal tersebut mungkin akan mendapatkan banyak sampah aplikasi atau cache.

Kegiatan seperti chatting, sosial media tentu bisa menjadi sumber penghasil cache dalam ponsel. Perangkat dengan versi lama mungkin harus dilakukan pembersihan secara berkala untuk cache yang timbul ini.

Namun biasanya untuk perangkat versi baru atau keluaran baru maka akan secara otomatis untuk membersihkan cache ini. Pengguna yang mungkin malas membersihkan dengan manual bisa memakai aplikasi gratis pihak ketiga.

2. Kotoran Dalam Speaker

Selanjutnya penyebab kenapa speaker hp suaranya kecil bisa juga berasal dari kotoran yang tertimbun dalam wilayah speaker. Debu yang bertumpuk akan menimbulkan kerusakan pada perangkat seperti halnya speaker ini.

Semakin debu bertumpuk pada speaker maka akan menghalangi suara yang keluar, hal itu akan menyebabkan suara yang dihasilkan kecil. Pengguna yang mungkin takut untuk membersihkan secara mandiri maka bisa langsung datang ke jasa service terdekat.

3. Bagian Equalizer Ponsel Bermasalah

Bagian equalizer ini berperan penting pada mode setting suara pada perangkat telepon. Pengaturan besar dan juga kecil suatu perangkat berasal dari bagian equalizer ini. Tentu apabila suara yang dihasilkan kecil kemungkinan ada masalah yang ditimbulkan dari bagian ini.

Cara yang bisa dilakukan yakni dengan melakukan pergantian pada preset equalizer dan bisa juga dengan menonaktifkan aplikasi equalizer. Dengan melakukan hal di atas biasanya speaker akan menjadi jernih seperti perangkat baru.

Tentu pengguna bisa cek terlebih dahulu equalizer pada perangkat telepon apakah menjadi penyebabnya. Tentu cara ini juga bisa dilakukan dengan mudah.

4. Gangguan Pada Ponsel

Kemungkinan alasan kenapa speaker hp suaranya kecil bisa karena gangguan yang terjadi pada ponsel. Intensitas gangguan besar dan kecil pada ponsel tentu akan berpengaruh pada speaker ini. Cara yang bisa dilakukan jika belum menemukan solusi yang tepat bisa lakukan restart pada ponsel.

Cara restart ini memang biasanya akan membantu menyelesaikan secara sederhana kemungkinan bug atau masalah pada telepon. Tentunya bila tidak juga bisa mengatasi masalah bisa reset ulang pada setelan awal pabrik saja.

5. Rusak Pada Bagian Speaker

Beberapa langkah diatas bisa dilakukan oleh pengguna apabila mendapati speaker berbunyi dengan kecil. Namun apabila masih belum ada perubahan maka bisa dipastikan jika speaker yang dimiliki memang telah mengalami kerusakan.

Kerusakan yang terjadi ini tentu hanya bisa diatasi dengan membawanya pada tukan service ponsel terdekat. Hal tersebut karena ditakutkan kerusakan akan merambah pada perangkat lainnya selain speaker.

Otomatis apabila tidak ingin berisiko lebih panjang lagi bisa langsung bawa ponsel untuk dilakukan perbaikan. Bagi pengguna yang mungkin tidak bisa dan sanggup dalam memperbaiki bisa serahkan pada ahlinya agar cepat terselesaikan masalahnya.

Demikian uraian terkait dengan kenapa speaker hp suaranya kecil yang bisa dipaparkan dengan jelas. Tentunya beberapa kemungkinan penyebab ini bisa dipastikan dan dilakukan pengecekan secara mandiri sebelum membawanya pada tukang service.

 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.