Tutorial Cara Cek No Induk Siswa Nasional Secara Online Menggunakan Nama dan Sekolah

Data NISN adalah rangkaian angka yang menunjukkan status kependidikan siswa di dalam sebuah satuan pendidikan. Untuk itu, semua siswa perlu mengetahui cara cek no induk siswa nasional agar keperluan seperti pendaftaran universitas dapat mudah diselesaikan.

NISN faktanya bermanfaat bagi pembedaan individu siswa dengan siswa lainnya di sekolah dalam negeri dan negara lain. Jadi, pahami manfaat, tujuan, dan cara mengecek NISN melalui uraian berikut ini:

Beberapa Manfaat dan Tujuan Dibuatnya NISN

Menurut informasi dari Kemendikbud, penerapan NISN secara otomatis telah dimulai sejak periode pelajaran tahun 2016/2017. Hal ini berlaku bagi siswa baru di tingkat SD kelas 1 dan peserta didik di jenjang PAUD Dikmas.

Untuk melakukan penomoran NISN, ketentuan utamanya yaitu operator sekolah perlu memberikan data siswa ke dalam Dapodik sebelum batas waktu tertentu. Selanjutnya, PDSPK Kemendikbud akan bertanggung jawab dalam sistem pengelolaan NISN secara nasional.

Nomor induk siswa nasional dibuat agar siswa tidak usah mengubah nomor identitas mereka selama studi agar dapat melanjutkan pendidikan tinggi. Berikut ini adalah manfaat dan tujuan lainnya dari pembuatan nomor induk siswa nasional:

  • Memberi identitas setiap siswa secara individual dari semua sekolah di Indonesia dengan konsisten, standar, dan berkelanjutan.
  • Menyediakan sistem layanan pengelolaan nomor induk siswa via daring yang resmi, terpadu, dan akuntabel bagi Dinas Pendidikan tingkat Daerah dan Kemendikbud, sampai satuan pendidikan dengan menggunakan sistem Teknologi Informasi terupdate.
  • Menjadi sistem penunjang pendataan bagi program Dapodik dalam pelaksanaan program-program pemerintah, seperti perencanaan statistik pendidikan, dan program sekolah lainnya di berbagai tingkat sekolah, seperti dana BOS, Ujian Sekolah maupun Ujian Nasional, KIP, dan SNBP.
  • Sebagai identitas unik siswa yang berlaku seumur hidup dan biasanya dipergunakan sebagai persyaratan untuk masuk sekolah di jenjang selanjutnya.

Langkah-langkah Mengecek NISN Secara Online

Mengecek NISN dapat dilakukan dengan mudah melalui situs resmi Kemendikbud yang bisa diakses lewat pencarian web. Terdapat dua cara untuk cara cek no induk siswa nasional secara online, yaitu menggunakan nama siswa atau data sekolah.

1. Cara Cek NISN Menggunakan Data Nama Siswa

Untuk mencari NISN siswa berdasarkan namanya, dapat dilakukan dengan mudah melalui pencarian online di laman Kemdikbud. Setelah memastikan penulisan nama sudah benar sesuai akta dan dokumen penting lainnya, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pengecekannya:

  • Buka laman nisn.data.kemdikbud lewat browser atau Google.
  • Pilihlah menu pencarian NISN di bagian “Pencarian Berdasarkan Nama”
  • Setelah itu, isi kolom yang tersedia dengan data nama, tanggal dan tempat lahir, dan nama ibu kandung.
  • Tekan tombol enter atau cari.
  • Akhirnya, NISN dari peserta didik yang ingin dicari akan ditampilkan di layar.

2. Cara Cek NISN Berdasarkan Sekolah

Pengecekan NISN peserta didik dapat dilakukan dengan mencarinya berdasarkan data sekolah di laman Dapodik NISN secara online. Setelah mempersiapkan perangkat untuk mengakses, ikuti beberapa langkah berikut untuk melakukan pengecekan NISN:

  • Kunjungi situs nisn.data.kemdikbud.go.id, kemudian tekan opsi pencarian berdasarkan NISN setelah halaman pencarian NISN sekolah tertampil.
  • Selanjutnya, masukkan nomor NISN peserta didik yang ingin diketahui dan nama ibu kandung dengan benar dan sesuai.
  • Tekan opsi cari.
  • Akhirnya, hasil pengecekan NISN berdasarkan sekolah akan diperlihatkan sesuai dengan keyword yang telah dimasukkan.

Demikianlah informasi mengenai cara cek nomor induk siswa nasional yaitu NISN via online menggunakan data nama maupun sekolah. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kerahasiaan dan keamanan data pribadi siswa dalam melakukan pengecekan NISN.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.