Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di Youtube Ternyata Mudah dan Praktis

Youtube merupakan salah satu platform yang sangat populer saat ini. Video yang diupload di Youtube, dapat dimonetisasi dan dijadikan penghasilan bagi kreatornya. Apabila terkena hak cipta, maka seringkali video yang diupload menjadi turun kualitasnya. Oleh karenanya, penting bagi kreator untuk mengetahui cara mengatasi klaim hak cipta di youtube.

Hal ini dapat membuat para penonton channel youtube menjadi kurang puas. Maka dari itu, penting untuk memahami klaim hak cipta serta cara mengatasinya. 

Alasan Mendapat Klaim Hak Cipta

Hak cipta adalah bagian dari kekayaan intelektual dan dilindungi secara luas. Beberapa hal yang dilindungi hak cipta adalah ilmu pengetahuan, sastra dan seni, serta juga program komputer. Terdapat sanksi yang diberikan apabila individu melanggar hak cipta. 

Salah satu cara mendapatkan klaim hak cipta di youtube adalah dengan menggunakan lagu berbayar. Contoh lagu yang digunakan bisa saja lagu dari penyanyi terkenal. Hal ini melanggar hak cipta, karena lagu tersebut tidak boleh digunakan untuk monetisasi. 

Kreator juga bisa mendapat klaim hak cipta, jika menyanyikan lagu seorang penyanyi terkenal. Apabila menyanyikan suatu lagu yang tidak diciptakan sendiri, maka perlu untuk menuliskan bahwa lagu tersebut adalah sebuah cover. Hal ini tidak melanggar hak cipta. 

Cara Mengatasi Klaim Hak Cipta di Youtube

Setelah memahami hak cipta dan juga cara menghindarinya, terdapat cara untuk mengatasi klaim tersebut. Hal ini bisa dilakukan jika sudah terlanjur mendapatkan klaim dari Youtube. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Login dan masuk ke akun Youtube.

  • Pilih Channel saya. 

  • Kemudian klik pengelola video atau manage videos.

  • Klik icon copyright yang bertuliskan c di samping video.

  • Pahami penjelasan pelanggaran hak cipta. 

  • Pilih opsi audio pada video. 

  • Cari audio yang tidak dilindungi hak cipta dan gratis untuk digunakan.

  • Klik simpan. 

  • Video akan dapat dimonetisasi. 

Pada kasus lain, terdapat potongan video yang terkena klaim hak cipta. Apabila hal itu terjadi, maka video harus dihapus terlebih dahulu. Jika tidak, maka video tidak akan bisa dimonetisasi dan kreator tidak mendapatkan uang dari video tersebut. 

Cara Menghindari Klaim Hak Cipta

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat menghindari klaim hak cipta. Jika ingin menggunakan lagu di video, silakan gunakan lagu yang gratis. Musik yang gratis berarti tidak dilindungi hak cipta. Lagu yang gratis seringkali bersifat instrumental. 

Selain itu, terdapat juga koleksi audio di Youtube yang cukup lengkap. Pada koleksi audio ini, terdapat berbagai musik yang bisa digunakan secara gratis. Musik yang gratis atau tidak dilindungi hak cipta dapat digunakan untuk video youtube yang dimonetisasi. 

Cara lain yang bisa dilakukan kreator adalah dengan tidak langsung membuat video sebagai publik. Jika merasa ragu mengenai hak cipta pada video, silahkan upload video secara privat. Setelah itu, lihat terlebih dahulu apakah mendapatkan klaim hak cipta dari youtube atau tidak. 

Hal lain yang harus diperhatikan oleh kreator adalah dalam mengambil video dengan latar musik tertentu. Jika musik tersebut dilindungi hak cipta, maka akan terkena klaim dari Youtube. Musik latar tersebut bisa diganti dengan musik lain atau dibisukan dalam video.

Demikianlah penjelasan mengenai hak cipta serta cara mengatasi klaim hak cipta di youtube. Pada dasarnya, hak cipta melindungi karya pribadi tertentu sehingga perlu untuk dituruti peraturannya. Maka dari itu, kreator youtube harus bijaksana dalam membuat video. 

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.