Alasan Kenapa Spotify tidak Bisa Dibuka dan Cara Mengatasinya



Spotify merupakan salah satu aplikasi musik yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang. Namun, ada beberapa kendala yang mengakibatkan kenapa Spotify tidak bisa dibuka seperti biasanya.

Mungkin kendala ini bisa pengguna alami saat mau membuka aplikasi Spotify. Aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa diakses, musik yang tidak bisa diputar, atau bahkan saat mendownload aplikasinya sudah tidak bisa. 

Beberapa kendala di atas sudah dipastikan ada penyebabnya masing-masing. Dengan begitu, pengguna bisa mengetahui alasan dan cara mengatasinya sebagai berikut!

Sebab atau Alasan Spotify Tidak Bisa Diakses

Saat pengguna ingin mendengarkan musik di Spotify, tiba-tiba tidak bisa dibuka padahal masih ada kuota atau tersambung ke Wifi. Itu tandanya terjadi masalah pada Spotify. Di bawah ini beberapa penyebab kenapa Spotify tidak bisa dibuka:

1. Spotify belum Update ke Versi terbaru

Setiap aplikasi pasti mengalami pembaruan setiap waktu. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi beberapa bug dan pembaruan sistem aplikasinya sendiri. Spotify juga demikian.

Pengguna disarankan untuk selalu meng-update Spotify setiap kali ada pembaruan. Jika tidak diperbarui, hal tersebut bisa menjadi pemicu kenapa Spotify tidak bisa dibuka.

2. Server Spotify Mengalami Down

Tidak hanya Facebook, Instagram, dan WhatsApp saja, ada kalanya Spotify juga mengalami server down. Terlalu banyaknya pengguna yang mengakses atau server sedang terjadi perbaikan hal itu yang membuat server down.

Jika terjadi hal seperti itu pengguna tidak perlu khawatir. Biasanya hal semacam itu hanya terjadi sementara waktu dan akan kembali normal dengan sendirinya. Pengguna hanya perlu menunggunya.

3. Aplikasi Spotify diblokir oleh Provider Wifi

Jika pengguna tidak menggunakan kuota sendiri dan tersambung dengan jaringan Wifi orang lain itu bisa menjadi salah satu penyebabnya. Karena pengguna tidak tahu aplikasi apa saja yang diblokir oleh pemilik jaringan Wifi tersebut.

Saat pengguna tidak bisa menggunakan Spotify saat menggunakan jaringan Wifi tersebut, ada kemungkinan Spotify telah diblokir dari pemilik jaringan itu sendiri. Hal demikian bisa terjadi dengan aplikasi yang lainnya.

Cara Mengatasi Spotify yang Tidak Bisa Dibuka

Pengguna harus tahu bahwa ada beberapa cara agar Spotify bisa diakses normal seperti semula. Cara ini sangat mudah dilakukan apabila melakukannya sesuai dengan langkah-langkah yang benar. Berikut caranya yang bisa dilakukan:

1. Mulai Ulang HP dan Hapus Cache

Pengguna bisa melakukan hal tersebut untuk mengatasi Spotify yang tidak bisa dibuka. Caranya tekan lama tombol power, lalu pilih ‘mulai ulang’, dan tunggu sampai HP mati. Selanjutnya nyalakan kembali HP dengan menekan lama tombol power.

Jikalau cara tersebut belum berhasil, bisa menggunakan cara yang kedua. Pengguna bisa menghapus cache dengan cara masuk ke ‘Pengaturan’, lalu cari aplikasi musik Spotify. Setelah itu pilih hapus di bagian menu sampah file.

2. Update Spotify ke Versi terbaru

Cara kedua pengguna bisa masuk ke ‘Play Store’. Lalu search ‘Spotify’, kemudian klik ‘Update’, dan tunggu sampai selesai. Setelah itu pengguna bisa menggunakan secara normal.

Itu tadi beberapa alasan kenapa Spotify tidak bisa dibuka dan cara mengatasinya.Tidak perlu khawatir jika Spotify mengalami error, karena ada banyak cara untuk mengatasinya. 

Untuk hasil yang maksimal, pengguna harus benar-benar melakukannya dengan tepat. Karena hanya satu kesalahan saja bisa menyebabkan kesalahan yang lain. Silakan ikuti cara diatas dengan sesuai untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.